Skip to main content

Benua Dan Samudra, Proses Terbentuknya Benua Dan Samudera, Posisi Benua Dan Samudra

Benua Dan Samudra, Proses Terbentuknya Benua Dan Samudera, Posisi Benua Dan Samudra

Benua Dan Samudera - Bentuk muka bumi terdiri atas daratan dan lautan. benua merupakan penampakan bumi yang berupa daratan, sedangkan samudera mencakup lautan yang cukup luas. Benua-benua yang ada di dunia terdiri atas 6 benua, dan samudera didunia terdiri dari 4 Samudera.

 Bentuk muka bumi terdiri atas daratan dan lautan Benua Dan Samudra, Proses Terbentuknya Benua Dan Samudera, Posisi Benua Dan Samudra

 6 Benua Yang Ada Di Dunia

  1. Benua Asia
  2. Benua Afrika
  3. Benua Amerika
  4. Benua Eropa
  5. Benua Australia
  6. Benua Antartika

4 Samudera Yang Ada Di Dunia

  1. Samudera Hindia
  2. Samudera Pasifik
  3. Samudera Atlamtik
  4. Samudera Artik

Pengertian Benua Dan Samudera

Pengertian Samudera

Samudera yaitu hamparan air asin yang mengelilingi daratan atau benua. hamparan air asin yang relatif sempit disebut laut.

Pengertian Benua

Benua yaitu hamparan daratan yang sangat luas yang pada serpihan tengahnya bersifat kering lantaran tidaj menerima imbas dari angin bahari yang berair dan lembab. benua dibatasi atau dikelilingi oleh samudera. sedangkan pulau yaitu daratan yang relativ sempit dan dikelilingi oleh laut.

Proses Terbentuknya Samudera Dan Benua

Benua dan samudera terbentuk melalui proses yang sangat panjang. dahulu bentuk benua dan samudera tidak menyerupai kini ini. sehabis melalui proses yang panjang, maka terbentuklah benya menyerupai pada ketika ini.

Bagaimana Benua Dan Samudera Terbentuk? ada seorang ilmuan asal Jerman yang berjulukan Alfred Wagener yang mengemukakan teori wacana pembentukan benua. berdasarkan Alfred Wagener, sebelum zaman Carbon (+- 300 juta tahun lalu), semua benua yang ada kini ini tergabung menjadi satu yang disebut Benua Pangea.

Benua Pangea kemudian terpecah menjadi dua benua, yaitu Benua Laurasia (dibagian uatara) dan Benua Gondwana (dibagian selatan). proses pecahnya benua Pangea ini terjadi sekitar 135 juta tahun lalu.

selanjutnya Benua Laurasia serpihan barat bergerak ke Utara. sedangkan Benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa benua, yaitu sebagai berikut :
1. serpihan barat bergerak terus ke arah barat menjadi Benua Amerika Selatan
2. serpihan timur bergerak ke timur menjadi Benua Afrika
3. serpihan yang lebih kecil di serpihan timur terus bergerak ke arah timur bahari dan menjadi India.
4. satu serpihan lagi terpecah menjadi dua, yaitu serpihan timur terus bergerak ke arah timur laut, dan pecahan serpihan barat terus bergerak ke arah selatan.

perkembangan selanjutnya, Amerika Utara bergabung menjadi satu dengan Amerika Selatan, Eurasia menjadi Benua Eropa dan Benua Asia. serpihan paling selatan yang bergerak ke selatan menjadi Benua Antartika dan serpihan dari serpihan selatan yang bergerak ke timur bahari menjadi Benua Australia.

Teori Wagener atau Teori Pergeseran Benua. teori ini didasarkan pada fakta-fakta sebagai berikut :

a. lekukan atau bentuk pantai di Afrika Timur, Amerika Utara, dan Amerika Selatan dengan pantai barat Eropa dan Afrika hampir sama.

b. Daratan tanah hijau (greenland) menjauh dari Eropa sejauh kurang lebih 36 centimeter setiap tahun

c. tanah di Amerika Selatan, Afrika, India, Australia dan Antartika menandakan persamaan sifat.

d. Pulau Madagaskar dalam gerakannya ke arah barat terhambat oleh Afrika.

Posisi Benua Dan Samudera

dengan cara membaca peta dunia atau globe, kita sanggup menjelajahi dunia. pada peta dunia kita sanggup melihat simbol warna menyerupai hijau, coklat, kuning, putih dan biru. benua-benua yang ada di dunia terdiri atas 6 benua dengan 1 benua tidak dihuni secara permanen. benua-benua tersebut mempunyai luas yang berbeda

Nama-Nama Benua Dan Luas Benua

  1. Benua Asia mempunyai luas 44.180.000
  2. Benua Amerika mempunyai luas 42.88.568
  3. Benua Afrika mempunyai luas 30.295.000
  4. Benua Eropa mempunyai luas 27.273.272
  5. Benua Australia mempunyai luas 7.683.300
  6. Benua Antartika mempunyai luas 13.200.000

Benua yang tidak di huni yaitu Benua Antartika lantaran wilayahnya terlalu hirau taacuh dan selalu bersalju. benua ini hanya dipakai oleh para peneliti. Benua-benua ini dipisahkan oleh massa air yang luas, tetapi ada beberapa benua yang pemisahnya yaitu sebagai berikut :

a. Benua Asia dan Benua Eropa bersatu, sehingga batas benua tersebut yaitu pegunungan Ural, Laut Kapsia, dan Laut Hitam.

b. Benua Asia Dan Afrika bersatu sehingga batas benua tersebu yaitu susukan Suez dan bahari merah. susukan Suez yaitu susukan yang digali untuk memperpendek jarak dan menghubungkan Laut Mediterranean dan Laut Merah.

Apa Itu Samudera

lapisan air ini sanggup mengisi cekungan didaratan maupun dilekukan yang besar di permukaan bumi. lapisan air yang menyelimuti lekukan-lekukan permukaan bumi tersebut membentuk massa air luas yang dikenal dengan samudera atau lautan dan massa air yang sempit disebut dengan laut.

rasa air asin di bahari disebabkan oleh air hujan yang mengalir di daratan membawa unsur kimia terutama NaCl (Natrium Klorida) ke laut. di bahari terjadi arus dan gelombang, sehingga NaCl diajuk oleh arus bahari dan gelombang dan terjadi reaksi, sehingga rasa air bahari menjadi asin. jadi perbedaan antara perairan bahari dan perairan daratan yaitu rasa asin.

jumlah air bahari jauh lebih banyak daripada air di daratan. luas Samudera mencapai 71% dari seluruh air di permukaan bumu, sedangkan luas daratan hanya 29%.

massa air yang menutupi permukaan bumi tersebar dalam bentuk samudera, laut, selat dan teluk. bentuk massa air ini disebut dengan perairan laut. perairan bahari yang besar yang dikenal dengan samudera tersebar pada 4 samudera antar lain :
Samudera Hindia
Samudera Pasifik
Samudera Atlantik
Samudera Artik

Nama Samudera Dan Luas Samudera

Samudera Pasifik termasuk bahari disekitarnya mempunyai luas 179.700.000
Samudera Alantik termasuk bahari disekitarnya mempunyai luas 93.400.000
Samudera Hindia termasuk bahari disekitarnya mempunyai luas 74.900.000
Samudera Artik termasuk bahari disekitarnya mempunyai luas 13.000.000

Samudera Hindia

samudera Hindia mempunyai luas 77.118.000 km². mempunyai kedalaman rata-rata 3.811 meter. sedangkan titik terdalamnya 7.449 meter. kadar garam rata-rata yaitu kurang lebih 34,72%.

Batas-batas Samudera Hindia

  • Benua Asia disebelah Utara;
  • Kutub Selatan di sebelah selatan;
  • Benua Afrika di sebelah barat; 
  • Benua Australia di sebelah timur.
  • disebelah utara, Samudera Hindia berbatasan dengan Laut Andaman, Laut Arab, dan Laut Merah.

Fungsi atau Manfaat Samudera Hindia dalam pelayaran yaitu menghubungkan negara-negara di Asia, Afrika dan Australia.

Ciri-Ciri Khusus Samudera Hindia 

  1. seluruh wilayah Samudera Hindia berada di wilayah Garis Bujur Timur
  2. di Samudera Hindia jarang terjadi angin ribut besar, sehingga pelayaran lebih aman
  3. di Samudera Hindia terdapat sentra tubrukan antara lempeng Asia dan lempeng dasar Samudera sehingga sering terjadi gempa bumi yang dirasakan di Indonesia, Iran, India dan Afganistan.

Samudera Pasifik

samudera Pasifik yaitu samudera terluas di dunia, Samudera Pasifik mempunyai luas 165.760.000 km². seluruh daratan yang ada di bui luasnya 134.136.100 km². jadi Luas Samudera Pasifik yaitu 1,24 kali luas daratan di bumi.

Batas-Batas Samudera Pasifik

  • Laut Bering dan Okhots disebelah utara
  • Antartika dan bahari Tasmania disebelah selatan
  • Laut Cina Timur, Laut Pilipina, Laut Sulawesi disebelah barat
  • Benua Amerika disebalah timur.

Samudera Pasifik mempunyai kedalaman rata-rata 4.282. serpihan yang terdalam dari samudera berupa ceruk berbentuk aksara V memanjang disebut palung. hampir semua palung terdapat di Samudera Pasifik.

mulai dari palung Izu, yang mempunyai kedalaman 11.232 m, palung Jepang yang mempunyai kedalaman 8.8887 meter. palung lainnya yaitu palung Mariana, Tonga, Kermadec, Kurdil, Pilipina, Yapan, New Britain, dan Bonin.

formasi kepulauan Polynesia, Mikronesia dan Melanesia (kawasan ini disebut Oceania). Oceania terdiri dari ribuan pulau-pulau kecil. negara-negara yang terdapat dikawasan Oceania yaitu Vanuatu, Fiji, Kiribati, Samoa, Solomon, Nauru, dan Tonga.

Fungsi atau Manfaat Samudera Pasifik

manfaat dari Samudera Pasifik dalam pelayaran yaitu menghubungkan negara-negara di Asia-Pasifik dan Amerika.

Ciri-Ciri Khusus Samudera Pasifik

  • merupakan samudera terluas
  • mempunyai palung terdalam, yaitu palung Mariana (11.022 m)
  • tempat pertemuan arus panas (Kurosyiwo) dan arus hirau taacuh (Oyasywo). pertemuan arus panas dan arus dingn baik untuk perkembangan ikan. dan tempat pertemuannya yaitu si bahari Bering
  • dasar samudera Pasifik sering menjadi sentra gempa, yaitu di Jepang, Pilipina, pantai Barat Benua Amerika dan Amerika Latin.

Samudera Atlantik

Samudera Atlantik membentang dari pantai barat Benua Eropa dan Benua Afrika, sampai pantai timur Amerika Utara dan Amerika Latin. luas dari Samudera Atlantik yaitu 82.439.700 km². kedalaman rata-rata yaitu 3.350 meter. dengan titik terdalam 8.385 meter. 
melalui samudar Atlantiklah bangsa-bangsa Eropa melaksanakan ekspedisi pada periode 15 menemukan Benua Amerika.

Batas-Batas Samudera Atlantik

  1. Laut Utara, Laut Norwegia di Eslandia dan Laut Labrador erat pulau Greenland) disebelah utara;
  2. Antartika disebelah selatan;
  3. Laut Karibia di tempat Karibia disebelah barat
  4. Bebua Eropa dan Afrika disebelah timur

Fungsi atau Manfaat Sanudera Atlantik

fungsi atau manfaat Samudera Atlantik dalam pelayaran yaitu menghubungkan Benua Eropa dengan Benua Amerika, Afrika Barat dan Asia (lewat Tanjung impian atau Terusan Suez).

Ciri-Ciri Khusus Samudera Atlantik

  1. merupakan samudera yang menghubungkan Eropa dan Amerika
  2. terdapat segitiga bermuda (pantai timur Amerika Serikat dan Kepulauan Bermuda) tempat dimana kapal dan pesawat terbang hilang secara misterius.
  3. sebagian besar wilayah Samudera Atlantik berada di Garis Bujur Barat.

Samudera Artik atau Samudera Artika

samudera Artik atau Artika terletak di Benua Amerika serpihan utara, Benua Asia dan Benua Eropa. merupakan samudera tersempit dengan luas 14.089.600 km². kdalaman samudera artik rata-rata yaitu 5.411 meter. samudera Artik mengelilingi Kutub Utara secara penuh.

Suhu permukaan Samudera Artik lebih rendah dibanding samudera-samudera lainnya. bahkan dibagian utara terdapat bongkahan-bongkahan es.

 Ciri-ciri Khusus samudera Artik

  1. merupakan samudera paling sempit
  2. mempunyai suhu permukaan paling hirau taacuh dibandingkan dengan samudera-samudera lainnya lantaran letaknya paling jauh dari katulistiwa.
  3. tidak dilewati garis katulistiwa
  4. seluruhnya terdapat gari lintang utara.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar