Skip to main content

Tips Meningkatkan Kinerja Android Tipe Lama

tips meningkatkan kinerja android tipe usang Tips Meningkatkan Kinerja Android Tipe Lama
Tips Meningkatkan Kinerja Android Tipe Lama

Tips Meningkatkan Kinerja Android Tipe Lama


Jika Anda mempunyai perangkat Android tipe lama, kemungkinan kinerjanya sudah sangat lelet dan lamban, hal itu memang menyebalkan. tapi jangan khawatir, berikut ini cara meningkatkan kinerja android semoga lebih ringan dan cepat semoga tidak lemot.

Bersihkan Semua File Sampah

Menghapus cache atau file sampah ialah cara nomor satu dan paling gampang untuk mempercepat perangkat Android. Anda sanggup memakai aplikasi pihak ke 3, menyerupai Clean Master dan Cache Cleaner Du Speed Booster untuk membersihkannya.

Baca Juga: Tips Mengisi Daya Baterai Android Anda Lebih Cepat

Menghapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Terlalu banyak file media dan aplikasi sanggup mengakibatkan kelesuan dan berkinerja jelek saat Memori Internal hampir sepenuhnya diisi. cari dan temukan aplikasi pihak ke 3 yang tidak mempunyai kegunaan atau jarang dimainkan kemudian hapuslah. untuk menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak terpakai Anda tidak akan sanggup menghapusnya kecuali perangkat Android Anda sudah dalam status Rooting.

Memaksimalkan Kinerja Perangkat Android Anda

Beberapa kiat pengoptimalan ini membutuhkan beberapa tindakan sederhana untuk memulai. apa saja yang harus dilakukan, mari kita simak:

  • Pangkas dan Optimalkan Drive Penyimpanan Anda. pastikan Anda mempunyai setidaknya 25 persen ruang kosong di ponsel atau tablet Anda. masukkan telepon ke mode pesawat dan tancapkan ke sumber listrik. biarkan pengisian baterai hingga terisi penuh tanpa gangguan.
  • Pindahkan Data dan Cache Aplikasi di memori internal ke slot kartu microSD. tetapi, sebagian besar besar aplikasi tidak sanggup dipindahkan ke microSD. jadi, pindahkan yang sanggup saja.
  • Aktifkan Opsi Pengembang. untuk Android 4.4 keatas Anda sanggup melakukan-nya menyerupai ini:
    buka pengaturan >> pilih wacana telepon >> cari nomor Build dan ketuk sebanyak tujuh kali (Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa opsi pengembang telah aktif).
  • NonAktifkan Animasi. masih dalam pengaturan opsi pengembang di bab ini, ada beberapa fitur yang sanggup Anda sesuaikan untuk meningkatkan peforma Android Anda. untuk mematikan animasi, gulir ke bawah daftar item dan cari entri untuk Menggambar. Di bawah ini, Anda akan melihat tiga jenis animasi: skala animasi jendela, skala animasi transisi dan skala durasi animator. Anda sanggup menonaktifkan semuanya.

Catatan
Semua cara di atas untuk meningkatkan performa android sanggup dilakukan tanpa root

Root Perangkat Anda

Jika Anda mempunyai perangkat Android yang lebih renta atau yang sudah lama, mungkin Anda tidak sanggup memperbarui ke OS yang lebih baru. tetapi dengan melaksanakan rooting, Anda akan mendapatkan manfaat yang sama menyerupai halnya Anda mengupgrade OS terbaru. dengan root Anda sanggup menginstall Custom ROM, memasang tweak, menghapus aplikasi bawaan dan banyak lagi.

Hapus Bloatware

Bloatware atau yang lebih dikenal sebagai aplikasi bawaan. ini aplikasi yang sudah di sediakan oleh pabrikan. jikalau Anda ingin membebaskan atau menghemat ruang penyimpanan pada memori internal, Anda sanggup menghapus aplikasi bawaan ini yang dirasa tidak berguna. tetapi bloatware mustahil sanggup di hapus tanpa rooting perangkat Anda.

Catatan
Berhati-hatilah saat menghapus bloatware ini, jangan hingga aplikasi penting ikut terhapus seperti: kontak, pesan, jam dan aplikasi penting lainnya

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

Kesimpulan

Tidak semua aplikasi berdampak jelek bagi kinerja perangkat Android Anda. Namun, menemukan beberapa aplikasi yang terpasang dan tidak pernah atau jarang digunakan. dalam hal ini, hapus instalan aplikasi tersebut.

Desain Android memungkinkan aplikasi berjalan di latar belakang tanpa menghabiskan daya pemrosesan. secara teori, aplikasi yang dirancang dengan baik hanya memakai sumber daya untuk periode waktu yang singkat. sayangnya, aplikasi yang dirancang dengan jelek memanggil layanan sistem operasi yang sanggup menguras baterai dan memperlambat kinerja perangkat Android Anda.

Itulah beberapa cara meningkatkan kinerja Android tipe lama Anda yang sudah mulai menua semoga lebih ringan dan cepat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar