Skip to main content

10 Cara Menghemat Pemakaian Baterai Di Android

tips menghemat pemakaian baterai di android 10 Cara Menghemat Pemakaian Baterai di Android
Tips Menghemat Baterai di Android

Tips Menghemat Pemakaian Baterai di Android


Baterai ponsel cerdas Android memang tidak sanggup bertahan lama. alasannya Android memperlihatkan begitu banyak fitur media kepada pengguna. menyerupai p3mut4r4n video, internet, game dan lainnya. di tambah lagi aplikasi yang berjalan di latar belakang, sehingga ini terperinci sangat menguras baterai Anda, tetapi ada banyak hal yang sanggup dilakukan untuk membuat Android Anda bertahan lebih lama. berikut ini 10 cara gampang dan sederhana untuk memastikan bahwa baterai Android Anda tahan lama sepanjang hari.

Baca Juga: Tips Mengisi Daya Baterai Android Anda Lebih Cepat

Redupkan Layar

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk menghemat daya tahan baterai yaitu dengan menurunkan kecerahan layar. kurangi lebih dari 70 persen kecerahan layar bila Anda benar-benar ingin melihat perbedaan.

Gunakan Mode Hemat Daya

Di beberapa tipe perangkat Android telah menyertakan fitur mode power saving. fitur ini termasuk membatasi kinerja maksimum CPU, getaran, layanan lokasi dan mengurangi jumlah daya yang masuk ke layar. Anda sanggup mengaktifkan fitur ini untuk menghemat pemakaian baterai.

Matikan Mode Getar

Matikan mode bergetar untuk panggilan masuk. ini benar-benar membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk menggetarkan telepon. tentu saja ini sanggup menguras daya baterai telepon Anda.

Matikan Koneksi Internet dan GPS

Gunakanlah koneksi internet bila dibutuhkan saja. kalau ponsel anda tidak melaksanakan acara menyerupai browsing, chatting dan lainnya maka matikanlah koneksi data internet Anda. serta nonaktifkan GPS anda alasannya ini juga sanggup menyerap pemakaian energi baterai.

Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis pada akun Google Anda juga menguras pemakaian baterai. alasannya setiap beberapa menit akun Google akan selalu diperbaharui secara terus-menerus. beberapa aplikasi menyerupai email biarkan Anda menyegarkannya secara manual dikala Anda menjalankannya. jadi, alangkah baiknya Anda menonaktifkan sinkronisasi otomatis ini.

Hapus Beberapa Widget dan Aplikasi

Mengisi beranda atau tampilan layar ponsel dengan banyak widget mempunyai efek jelek pada masa pemakaian baterai. terutama bila widget itu menyediakan pembaruan konstan dan otomatis (seperti widget Twitter atau Facebook).

Seperti halnya widget, ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang, meskipun Anda tidak membukanya (seperti app antivirus dan pembersih file sampah). bila Anda benar-benar merasa perlu untuk menyimpan aplikasi tersebut, maka Anda harus mempertimbangkannya alasannya aplikasi yang berjalan di latar belakang sanggup menguras daya tahan baterai.

Minimalkan Skala Animasi dan Proses Latar Belakang

Skala animasi juga sanggup menguras baterai. Anda sanggup meminimalkannya dengan menurunkan tingkat skala animasi jendela, skala animasi transisi dan skala durasi animator.

Masuk Pengaturan >> Opsi Pengembang >> gulir kebawah hingga menemukan Skala Animasi (Anda sanggup mengatur ke tiga skala animasi itu menjadi x1). menurunkan tingkat skala animasi tidak hanya meningkatkan masa pakai baterai, tetapi juga meningkatkan kinerja perangkat Android Anda.

Proses latar belakang sejatinya sudah di atur secara default oleh pabrikan. dengan menurunkan proses latar belakang sanggup sedikit meningkatkan masa pemakaian baterai Anda.

Untuk meminimalkannya Anda sanggup pergi ke Pengaturan >> Opsi Pengembang >> geser ke bawah hingga menemukan Batasi Proses Latar Belakang (Anda sanggup merubahnya dari Standar menjadi 2 atau 3 proses).

Kurangi Waktu Kunci Otomatis

Batasi waktu kunci otomatis sesingkat mungkin. alasannya memakai waktu kunci otomatis yang usang akan menciptakan layar tetap menyala mengikuti durasi kunci otomatis. hal ini sanggup mempercepat pengurangan sumber daya baterai Anda.

Hindari Pemasangan Wallpaper Animasi

Wallpaper yang bergerak tentu saja sangat indah untuk dipandang. tetapi tahukah Anda memakai wallpaper animasi ini mengambil kekuatan pemrosesan untuk menghidupkan. jadi tentu saja sanggup menyerap energi baterai Anda.

Batasi Data Latar Belakang

Batasi aplikasi yang memakai data di latar belakang. menyerupai Google Play Store dan Gmail, aplikasi ini terus mengumpulkan dan mengirim data di latar belakang. sehingga ini sedikit menguras pemakaian baterai Anda.

Masuk Pengaturan >> Penggunaan Data >> Gulir ke bawah dan pilih Aplikasi yang ingin Anda batasi >> Centang pada pecahan Batasi Data Latar Belakang.

Catatan
Berhati-hatilah dalam mengatur opsi ini, alasannya sanggup mensugesti kinerja aplikasi dan menyebabkannya tidak berfungsi

Baca Juga: 5 Cara Mematikan Safe Mode di Android

Kata Akhir

Android benar-benar dirancang untuk memenuhi kebutuhan tingkat tinggi bagi penggunanya. sayangnya daya tahan baterai menjadi duduk kasus klasik pada smartphone ini. untungnya ada hal-hal kecil yang sanggup kita lakukan untuk mengatasinya, walaupun peningkatannya tidak terlalu signifikan tapi kita tetap sanggup mengambil manfaat dari kiat-kiat itu.

Jadi, itulah 10 cara gampang dan sederhana menghemat pemakaian baterai di semua tipe Android . bila Anda mempunyai Cara-cara lain silakan mengembangkan dengan kami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar