Skip to main content

Pengertian Driver

Pengertian Driver, disaat kita ingin menambah hardware pada perangkat komputer kita mirip modem, bluetooth, camera, vga, sound card, dan yang lainnya yang di pasangkan pada cpu.

 disaat kita ingin menambah hardware pada perangkat komputer kita mirip modem Pengertian Driver


Driver yakni software yang menjembatani antara hardware dengan komputer. Misalnya kita ingin meng-connect modem kita dengan laptop. Harus ada driver khusus untuk menghubungkan modem semoga modem tersebut dapat dibaca oleh laptop.

Kita analogikan Driver ini yakni seorang sopir. Dan hardware-nya yakni mobil. Pastinya untuk mengendarai mobil, perlu sopir khusus untuk kendaraan beroda empat itu. Tidak sembarang sopir dapat menyetir semua mobil. Jadi, perlu sopir khusus untuk dapat mengendarai kendaraan beroda empat tertentu. Nah, jikalau sopir-nya cocok dengan mobil, niscaya kendaraan beroda empat itu dapat jalan dengan lancar. Kira-kira begitulah logika dari sebuah Driver :)

Hampir mirip dengan Kernel. Tapi, Driver ini lebih spesifik pada hardware tertentu. Kalau Flashdisk di colokin ke USB, niscaya kebaca oleh komputer alasannya yakni di komputer sudah ada driver-nya. Kalaupun gak ada driver-nya, Flashdisk tersebut masih dapat dibaca oleh Kernel dari Sistem Operasi.

Nah, masih galau juga ? Driver itu menyerupai SIM. Agar kita dapat dikenali oleh Polisi, kita harus menawarkan SIM kita kepada polisi itu. Nah, jikalau polisi itu kenal kita, maka polisi itu mengizinkan kita untuk jalan pas ada razia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar