Skip to main content

8 Tips Menciptakan Mebel Dengan Komputer Memakai Material Plywood

8 Tips Membuat Mebel Dengan Komputer Menggunakan Material Plywood

Sepertinya setiap laki-laki - bukan hanya Yesus dan Gappetto - ditakdirkan mempunyai gen seorang tukang kayu. setiap kali melihat bilah kayu yang belum terbentuk atau perabot kayu yang rusak, tangan terasa gatal untuk menggenggam gergaji dan palu.

namun sangat disesali, gairah yang meluap-luap itu sering berakhir menyakitkan alasannya ialah alasan gagal menciptakan atau memperbaiki furnitur yang dimaksud atau yang diinginkan.

 Tips Membuat Mebel Dengan Komputer Menggunakan Material Plywood 8 Tips Membuat Mebel Dengan Komputer Menggunakan Material Plywood

namun keterbatasan yang ibarat itu sepertinya sanggup teratasi dengan perkembangan di dunia digital, sejumlah peranti lunak - baik yang berbayar maupun yang geratis dari google siap membantu kita mengatasi problem itu.

paling tidak, komputer sanggup membantu kita mendesain dan memecah pola desain dalam sejumlah elemen yang mudah dibuat dan dirangkai. alasannya ialah banyak arsitek dan desain interior yang merasa bahwa banyak laba yang sanggup diperoleh dengan menciptakan mebel sendiri ini.

dengan menciptakan mebel sendiri di rumah, anda sanggup menentukan desain yang disukai, atau anda sanggup menciptakan model-model furniture dengan menggandakan produk-produk furniture terkenal, kemudian di modifikasi oleh sendiri.

laba lain dikala anda menciptakan mebel sendiri adalah, dimensi atau ukurannya pun sanggup diubahsuaikan dengan area khusus, ibarat dibawah tangga. satu lagi manfaatnya yaitu ihwal ongkos pembuatan yang lebih murah.

memang, hasil karya tukang kayu amatir tidak akan sebagus yang dibuat para profesional. oleh alasannya ialah itu, untuk mengatasi keterbatasan teknik itu, disarankan untuk menggunakan jenis Plywood ibarat Tripleks, Teak Block, dan Multiple Block.

kenapa harus menggunakan Plywood? alasannya ialah selain banyak ditemukan di pasar atau di toko materi bangunan, harga dari Plywood ini relatif murah, dan bahan-bahan itu sangat mudah dipotong dan dibentuk.

hal paling penting ialah soal Finishing, ada dua jenis senutuhan selesai yang sanggup dipilih. pertama, menggunakan cat pelapis, yang dikenal dengan nama pelitur, jikalau anda menentukan materi yang bermotif, efeknya motif akan lebih keluar.

sentuhan selesai yang kedua adalah, anda juga sanggup menentukan pelapis atau lapisan pelindung untuk permukaan furniture. lapisan pelindung yang sanggup dipakai ialah jenis hpl dan mde.

8 Tips Membuat Mebel Dengan Komputer Menggunakan Material Plywood

1. pilih desain furniture, anda sanggup mencontoh model furniture dari majalah, internet, atau butik mebel. dan pilih model yang sederhana tanpa goresan dan detail.

2. ukur ruangan yang akan ditempati mebel tersebut

3. gambar model dan masukan data ukuran ke dalam aktivitas komputer pembuat mebel. maka disana akan keluar elemen-elemen yang anda perlukan

4. pilihlah materi yang mudah dipotong dan mudah dibentuk, ibarat materi plywood (tripleks, teak block, dan multiple block).

5. siapkan peralatan : obeng, lem perekat, gergaji, palu, paku cacing, bor, baut, ampelas, dan kuas.

6. ukur bahannya menurut pola dari aktivitas komputer, potong kemudian rapikan di setiap sisi-sisinya.

7. rangkai, ada beberapa cara menyatukan kayu : dengan paku, sekrup, atau baut, dan menggunakan paku biasanya lebih praktis, tetapi jikalau kayunya (menggunakan plywood) maka akan mudah pecah jikalau menggunakan paku. dan gunakan skrup jadi alternatif lebih aman.

tetapi jikalau mebelnya ingin sanggup dibongkar pasang, maka gunakan mur-baut. dan terlebih dahulu kayu di bor alasannya ialah baut tidak setajam paku dan skrup untuk sanggup menembus kayu.

8. finishing, gunakan cat pelapis, setelah permukaan mebel selesai dirangkai dan dibuat, maka gosok permukaan kayunya dengan menggunakan ampelas. jikalau menggunakan lapisan pelindung, maka berilah lem perekat disemua sisi bab dalam supaya tidak mudah terkuak.

3 Program Komputer Yang Menyediakan Contoh-Contoh Desain Furniture

banyak aktivitas komputer yang menyediakan contoh-contoh desain furnitur berikut bayangan bentuk ruangan daerah furnitur bila sudah diisi dengan mebel yang dimaksud. sebagian aktivitas harus dibeli, tapi sebagian lagi ada yang sanggup di unduh dengan gratis dari internet. dan berikut ini beberapa aktivitas desain furniture yang sanggup digunakan.

1. SketchList3D

ini ialah sebuah aktivitas khusus untuk merancang furniture dan lemari dengan menggunakan bentuk tiga dimensi. asyiknya, setelah kita menggambar desain, aktivitas ini sanggup mempreteli elemen-elemennya sampai kita tahu berapa kayu yang dibutuhkan, bagaiman bentuknya setelah dipotong-potong dan lain-lain. SketchList3D

2. Google Sketchup

ini sebetulnya aktivitas komputer untuk merancang bab interior dan eksterior, namun anda juga sanggup menggunakannya untuk mendesain model furniture dalam bentuk tiga dimensi. cara kerjanya sama dengan aktivitas desain virtual yang lain. namun, yang menarik dari aktivitas ini, anda sanggup mengunduhnya secara gratis dari internet google sketchup

3. Auto-Furniture Dan Mini-Furniture

untuk pemula, aktivitas ini paling bersahabat. dalam Auto-Furniture, anda tinggal menentukan model yang sudah jadi, kemudian menentukan dimensinya, dan aktivitas ini akan membelah-belah elemennya biar kita mudah membuatnya. untuk yang menginginkan bentuk custom, sanggup menggunakan mini-furniture auto-furniture dan mini-furniture
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar