Skip to main content

Sekilas Wacana Open-Source Software

Open-Source yaitu instruksi sumber terbuka. Kode sumber disini merujuk kepada instruksi sumber yang ada pada suatu software. Jadi, orang-orang sanggup melihat dan memakai instruksi sumber tersebut sesuai dengan lisensi yang ada pada software tersebut.

 Kode sumber disini merujuk kepada instruksi sumber yang ada pada suatu software Sekilas Tentang Open-Source Software


Contohnya GNU/Linux. GNU/Linux bersifat open-source. Anda sanggup mengutak-atik instruksi sumber yang ada pada sistem operasi tersebut. Tetapi, anda terikat oleh Lisensi yang ada pada GNU/Linux tersebut. Lisensi yang dipakai yaitu GPL (General Public License) dengan aneka macam versi.


Dipikir-pikir, buat apa membuat suatu software kalau software tersebut sanggup dicontek dan dijiplak oleh orang lain? Apa enggak percuma?



Nah, gotong royong software open-source ini tidak mengajari anda untuk berbuat percuma. Disini, software open-source dibentuk untuk dimanfaatkan oleh semua orang sebagai sumber daya insan (SDM) yang bernilai dan untuk saling tolong-menolong kepada sesama. Dipikir lebih dalam, bagaimana caranya biar sesuatu yang gratis sanggup dimanfaatkan untuk memperoleh laba yang berlimpah (tujuan komersil) ?


Ternyata banyak laba yang sanggup kita peroleh dengan software open-source ini. Kita ambil sistem operasi GNU/Linux sebagai contohnya.

Tentu kita tahu, bahwa sistem operasi GNU/Linux itu rata-rata gratis. Tetapi, ada juga yang berbayar dengan fitur-fitur suplemen yang lebih baik dari fitur GNU/Linux yang gratis. Nah, ini yaitu salah satu pola bisnis memakai software open-source. Kita menyerupai diberi sampel camilan bagus gratis dengan rasa yang enak. Tapi, kalau kita beli camilan bagus yang berbayar (namanya juga beli^^), penjual camilan bagus tersebut niscaya memberi suplemen rasa yang lebih yummy pada camilan bagus tersebut. Jadi, bukankah kita menerima laba dengan software open-source tersebut?

Bisa dibilang, bahwa kita memakai SDM yang bernilai tinggi harganya. Jadi, bukankah memakai software open-source ini mengajarkan kita untuk berbuat lebih baik lagi dan lebih kreatif dalam menghadapi sebuah bisnis? Banyak kan, laba dari software open-source?

Lisensi yang tidak terlalu mengikat dan juga terbebas dari pembajakan dan pelanggaran HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) juga merupakan hal yang amat mulia dari terciptanya sebuah software open-source.

Kesimpulannyua, software open-source tidak mengajarkan anda menajdi orang yang bersifat buruk. Tetapi, anda diajarkan untuk menjadi orang yang lebih kreatif dalam memakai software open-source sebagai SDM yang benar-benar tak ternilai harganya. Jadi, masihkah anda berpikir bahwa software open-source mengajarkan anda berbuat buruk? ^^
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar