Skip to main content

8 Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan waktu yang banyak memilih diterima atau tidaknya seorang pencari kerja , walaupun anda lolos ketika tes tertulis dengan nilai yang boleh dikatakan tepat tetapi pada ketika proses wawancara perilaku dan balasan anda tidak memuaskan sang pewawancara sanggup jadi anda akan gagal diterima.

Saya juga pernah mengalami hal tersebut ,saya sudah lolos tahap tes tertulis yang tahapannya luar biasa banyak mulai dari tes berhitung ,tes gambar, dan serangkaian tes tertulis lainnya tetapi pada ketika wawancara saya gagal alasannya saya kurang sesuai dalam menjawab pertanyaan yang di lontarkan pewawancara serta ditambah perilaku saya yang tampak menyerupai orang yang kelelahan ( memang kelelahan sebetulnya alasannya sesudah melaksanakan perjalanan naik kereta api sehari semalam nonstop ) dan lebih salahnya lagi saya lupa menjelaskan ketika ditanya kok kau lemes gitu ?

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja umum yang baik.

Nah mencar ilmu dari pengalaman gagal dalam interview kerja tersebut saya kesannya sanggup juga diterima bekerja di sebuah perusahaan yang sesuai dengan impian saya , melalui goresan pena sederhana ini saya ingin mengembangkan pengalaman dalam menghadapi proses wawancara kerja biar sanggup membantu pembaca .Berikut tips dari saya :

Tips menghadapi wawancara kerja

1. Usahakan sebisa mungkin anda tidak gugup ketika proses interview dimulai alasannya hanya akan merugikan diri anda sendiri ,santai saja umpamakan anda sedang berbicara dengan sobat anda ,tetapi jangan terlalu santai.

2. Saat bertemu dengan pewawancara awali dengan senyuman ramah dan jangan lupa berjabat tangan hal ini sanggup menjadikan kesan awal yang baik bagi anda.

3. Saat anda berbicara dengan pewawancara tatapan anda harus fokus pada pewawancara ( sesekali tataplah matanya secara masuk akal ) jangan berbicara sambil menunduk atau melihat ke sekeliling terlalu usang alasannya anda sanggup dinilai sebagai orang yang tidak percaya diri.

4. Berpakaianlah yang rapi ketika menghadapi proses interview alasannya penampilan yang rapi dan sopan sanggup memperlihatkan evaluasi tersendiri .( biasanya saya menggunakan kemeja dan celana panjang berwarna hitam bukan dari materi jeans dan harus menggunakan sepatu ya )

5. Potong rambut anda yang rapi walaupun anda tidak menyukai penggalan rambut rapi anda harus melakukannya.

6. Jawablah pertanyaan yang diberikan secara terang ringkas dan jujur jangan bertele-tele apalagi keluar kata ee ee atau anu dan tataplah matanya secara wajar.

7. Bila anda diberikan kesempatan bertanya pada ketika wawancara akan berakhir bertanyalah , misalkan wacana kemungkinan anda diteima bekerja di perusahaan tersebut atau bagaimana dan kapan tahapan tes selanjutnya kalau anda lulus tes wawancara.

8. Saat proses interview selesai akhiri dengan jabat tangan dan senyuman ramah serta jangan lupa kata terima kasih.

Demikian sedikit tips dari saya biar sanggup bermanfaat bagi pembaca semua , tips diatas sudah saya lakukan ketika melaksanakan proses interview diperusahaan daerah saya bekerja kini . Bila anda masih juga gagal jangan cepat mengalah anda sanggup mempelajari apa kira-kira kekurangan anda.

Sumber https://www.kopi-ireng.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar