Skip to main content

Bukan Cuma Buat Hiburan Saja, Ini Manfaat Lain Menonton Film

Manfaat menonton film - Apakah kau hobi banget nonton film? Pastinya sudah banyak dong film-film yang sudah kau tonton, baik itu nonton di bioskop, televisi, ataupun streaming di internet. Genrenya pun bermacam-macam, ada yang romance, trhiller, komedi, action, sci-fi, bahkan horor.

Menonton film banyak keuntungannya loh via fluentin Bukan Cuma Buat Hiburan Saja, Ini Manfaat Lain Menonton Film
Menonton film banyak keuntungannya loh via fluentin3months.com

Pastinya lebih banyak didominasi orang menonton film yakni buat sekedar hiburan belaka dan mengisi waktu kosong. Kamu pun niscaya beropini sama. Tapi jangan salah loh, menonton film juga ternyata banyak manfaat positifnya. Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya.


1. Menambah ilmu pengetahuan

Disadari atau enggak, pastinya pengetahuan kau bertambah ketika menonton sebuah film, entah itu pengetahuan umum, ataupun lainnya. Pastinya ini hal yang sangat menarik, bukan? Karena, ilmu bisa didapat dari mana saja, termasuk dari sebuah film. Asalkan, ambil ilmunya dari sisi positif dari filmnya ya, jangan yang negatifnya.


2. Kesadaran sosial

Selain bisa buat menambah ilmu pengetahuan, menonton film juga bisa bikin kau menjadi sadar sosial. Banyak film yang menyebabkan isu-isu sosial sebagai ide ceritanya. Ada yang mengemasnya dengan dongeng yang ringan, ada juga yang mengemasnya dengan lebih berat dan serius. Contohnya kayak film yang mengangkat tema perihal usaha hidup, atau film yang menceritakan perihal perubahan iklim.

Dengan menonton film-film bertema informasi sosial tersebut, kau bisa menjadi lebih peka dan menyadari isu-isu sosial di sekitar kamu. Ini yakni salah satu tujuan film tersebut buat membantu memberikan pesan penting kepada masyarakat. Dan pastinya dengan cara yang menyenangkan dan menghibur.


3. Menghilangkan stres

Masalah pekerjaan, sekolah, kuliah, kiprah numpuk, apapun itu yang bikin kau merasa tertekan dan stres, pastinya akan hilang dan lega jikalau kau menonton film. Apalagi, film itu sangat menarik buat kamu. Bahkan, terasa sangat asyik jikalau filmnya ditonton bareng-bareng. Stres bakal hilang deh.


4. Kesehatan otak

Buat kau yang doyan menonton film horor, ternyata genre film satu ini bisa bikin kesehatan otak kamu. Kenapa? Karena, menonton film horor bisa memungkinkan otak buat melepas senyawa kimia kayak dopamin, serotonin, dan glutamat.

Menonton film horor juga bisa memicu pelepasan adrenalin yang punya pengaruh seolah-olah anestesi dari obat. Hal ini baik buat kesehatan mental, sebab bisa menurunkan tingkat kecemasan dan stres.


5. Terapi

Ternyata menonton film bisa buat terapi juga buat penderita depresi, gangguan mood, dan sebagainya, loh. Kok bisa? Menurut Gary Solomon, seorang psikolog dari College of Southern Nevada, menonton film punya manfaat terapi atau cinematherapy buat penontonnya. Karena, ketika menonton film sendiri di rumah, seseorang bisa berteriak, menangis, sampai merenung tanpa mengkhawatirkan pendangan orang lain.

Film juga memungkinkan penontonnya untuk karam dalam ceritanya, menyatu dengan salah satu tokoh yang ada di film, sampai mendapat pesan yang terselip dalam cerita. Ini bisa membantu proses terapi dan mendapat wangsit positif buat perkembangan diri.
Sumber https://www.arimpi.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar