Skip to main content

Perdagangan Internasional - Pengertian, Penyebab, Faktor Penghambat Dan Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional - Pengertian, Penyebab, Faktor Penghambat Dan Manfaat Perdagangan Internasional

Pengertian Perdagangan Internasional

Apa yang dimaksud dengan perdagangan internasional? setiap negara di dunia, baik negara maju ataupun negara berkembang perlu melaksanakan kerja sama. hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak sanggup dipenuhi oleh negara itu sendiri.

untuk memenuhi kebutuhan manusia, pedagang mempunyai peranan yang sangat penting. barang hasil produksi sanggup tersalurkan ke konsumen melalui para pedagang tersebut. mereka membeli barang untuk dijual kembali tanpa mengubah jenis atau bentuknya dengan tujuan memperoleh keuntungan disebut perdagangan.

 Faktor Penghambat Dan Manfaat Perdagangan Internasional Perdagangan Internasional - Pengertian, Penyebab, Faktor Penghambat Dan Manfaat Perdagangan Internasional


sekarang, acara perdagangan sangat luas. perdagangan sudah merambah wilayah antarnegara (internasional). proses tukar-menukar barang atau jasa yang terjadi antara satu negara dengan negara lain, dan inilah yang disebut perdagangan internasional. dalam perdagangan antarnegara tersebut melibatkan eksportir dan importir.

Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional

ada beberapa tokoh yang mengemukakan terori wacana terjadinya perdagangan internasional, tokoh tersebut diantaranya yakni Adam Smith dan David Ricardo.

Adam Smith mengemukakan teori yang disebut Theory of Absolute Advantage (teori keunggulan mutlak). berdasarkan teori ini, suatu negara disebut mempunyai keunggulan mutlak dibandingkan negara lain.

sedangkan David Ricardo mengajukan teori wacana perdagangan internasional yang disebut Theory of Comparative Advantage ( teori keunggulan komparatif). berdasarkan David Ricardo keunggulan komparatif suatu negara apabila negara tersebut sanggup memproduksi suatu barang atau jasa dengan efisien dan lebih murah dibandingkan negara lain. .

a . Perbedaan Hasil Produksi

setiap negara mempunyai kekayaan alam, modal, teknologi dan kebudayaan yang berbeda. oleh alasannya yakni itu, setiap negara mempunyai hasil produksi yang berbeda-beda. ada negara yang sanggup memproduksi suatu barang atau jasa yang melimpah, sementara ada negara yang kekurangan hasil produksi barang tersebut tetapi tidak mempunyai barang atau jasalainnya.

b. Perbedaan Harga Barang

harga suatu barang di setiap negara berbeda. perbedaan harga inilah yang mendorong adanya perdagangan internasional, dan mereka melaksanakan perdagangan alasannya yakni memperoleh keuntungan sebagai akhir dari adanya perbedaan harga jual dan harga beli.

c. Adanya Keinginan Untuk Meningkatkan Produktivitas

setiap negara bisa mempunyai kebutuhan akan barang yang beraneka ragam. namun secara ekonomi, setiap negara lebih baik memproduksi beberapa macam barang saja, kemudian melaksanakan perdagangan internasional, dengan spesialisasi ini produktivitas tiap negara menjadi lebih tinggi.

Faktor-Faktor Penghambat Perdagangan

seringkali terdapat banyak kendala dalam melaksanakan perdagangan internasional. kendala itu ada yang berasak dari dalam ataupun dari luar negeri. adapun hambatan-hambatan dalam perdagangan yakni sebagai berikut :

1. Tidak Amannya Suatu Negara

jikalau suatu negara tidak aman, para pedagang beralih ke negara lain yang lebih aman. semakin aman, keadaan, semakin mendorong para pedagang untuk melaksanakan perdagangan internasional.

2. Kebijakan Ekonomi Internasional yang Dilakukan Oleh Pemerintah

ada kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh suatu negara yang merupakan kendala bagi kelancaran perdagangan internasional. misalnya, pembatasan jumlah impor, pungutan biaya impor atau ekspor yang tinggi, perizinan yang sulit.

3. Tidak Stabilnya Kurs Mata Uang Asing

kurs mata uang absurd yang tidak stabil menciptakan para eksportir maupun importir mengalami kesulitan dalam memilih harga valuta asing. kesulitan tersebut berdampak pula terhadap harga penawaran maupun seruan dalam perdagangan. hal ini menciptakan para pedagang internasional enggan melaksanakan acara ekspor dan impor.

Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri Dan Perdagangan Internasional

terdapat beberapa perbedaan tersebut antara lain sebagai berikut :

a. Jangkauan Wilayah

perdagangan dalam negeri meliputi suatu wilayah negara, sedangkan perdagangan antarnegara menjangkau beberapa negara.

b. Cara Pembayaran

cara pembayaran pada perdagangan dalam negeri memakai satu mata uang, sedangkan perdagangan internasional memakai macam-macam mata uang (valuta asing).

c. Sistem Distribusi

perdagangan dalam negri lebih banyak dilakukan dengan memakai sistem distribusi langsung, sedangkan perdagangan luar negri memakai sistem distribusi tidak langsung.

d. Peraturan Yang Berlaku

peraturan yang harus diikuti dalam perdagangan antarnegara atau perdagangan internasional lebih rumit dibandingkan dengan perdagangan dalam negeri. dalam perdagangan internasional melibatkan minimal dua anegara. oleh alasannya yakni itu, peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh pedagang internasional sekurang-kurangnya berlaku pada dua negara tersebut.

e. Tingkat Persaingan

alasannya yakni penjual dan pembeli suatu barang berasal dari aneka macam negara, maka tingkat persaingan perdagangan antarnegara lebih ketat dibandingkan dengan perdagangan dalam negeri.

f. Satuan Ukuran Dalam negeri 

satuan ukuran dalam negeri biasanya dipakai ukuran berat, panjang, dan volume yang berlaku di dalam negeri. namun untuk perdagangan internasional, ukuran-ukuran tersebut harus memakai ukuran yang berlaku secara internasional.

g. Biaya Transfortasi

dalam perdagangan internasional dibutuhkan biaya angkutan yang lebih tinggi daripada perdagangan dalam negeri. ini terjadi alasannya yakni perbedaan jarak dan sistem administraso perdagangan.

h. Tatap Muka Langsung Penjual Dan Pembeli

dalam perdagangan dalam negri, antara penjual dan pembeli sanggup bertatap secara langsung. akan tetapi, dalam perdagangan internasional bagi penjual ataupun pembeli untuk bertatap muka secara pribadi tidak mudah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar