Skip to main content

Cara Melaksanakan Backup Data Untuk Mengamankan File Berharga Anda

Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda
Cara Backup & Restore Data di Android

Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda


Backup data ponsel sangat diperlukan. baik itu backup kontak, album foto, video atau file penting lain-nya untuk menghindari hal yang jelek di kemudian hari. tidak ada yang lebih jelek dari pada kehilangan segalanya di perangkat telepon Anda. Anda tidak pernah tahu kapan atau mungkin secara tidak sengaja menghapus sesuatu yang berharga. kehilangan data yang penting sanggup terjadi tidak hanya ketika kehilangan ponsel Anda, melaksanakan pembaruan perangkat pun terkadang sanggup menimbulkan kehilangan data. untuk menghindari itu semua membackup data sangat diperlukan. dan ada banyak cara untuk melakukannya, berikut cara backup data android ke pc atau cara backup data aplikasi android dengan mudah.

Baca Juga: Tips Memulihkan Pesan SMS dan Kontak yang Terhapus di Android

Google Backup

Seperti yang kita semua ketahui, Google membantu menjaga semua aplikasi dan data tetap aman. Anda sanggup memanfaaatkan layanan Google Backup untuk melakukannya.

Buka pengaturan >> klik Backup & Reset (Anda sanggup mengaktifkan backup otomatis data aplikasi, kata sandi Wi-Fi, dan pengaturan lainnya ke server Google) >> masuk dengan akun google Anda >> Pilih opsi pemulihan otomatis.

Aktifkan penyelarasan: pilih Pengaturan >> Akun dan sinkronkan (tentukan data yang ingin Anda sinkronkan) >> klik entri untuk akun Gmail Anda dan Anda akan melihat opsi komplemen untuk menyinkronkan Kontak, Album Poto dan data lainnya.

Asisten MobiKin for Android

Cara lainnya untuk membackup data Anda dengan memakai Asisten MobiKin for Android, yang sanggup mengekspor semuanya termasuk kontak, pesan SMS, aplikasi, foto, musik, video, dan lainnya dalam format dan kualitas aslinya.

Sistem MobiKin memungkinkan Anda mengekspor semua gosip kontak dan pesan SMS yang disimpan dalam format HTML atau VCF dan gampang untuk diakses. MobiKin kompatibel dengan hampir semua perangkat Android menyerupai Samsung, HTC, Sony, LG dan banyak lagi. penggunaannya pun cukup gampang dan Anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk menjalankannya.

  • Download Asisten MobiKin for Android lebih dulu.
  • Hubungkan perangkat Android Anda dengan PC dan jalankan programnya.

    Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda
    Asisten Mobikin for Android

  • Pratinjau dan siapkan untuk Backup-an: klik "Kontak, SMS atau data lainya" untuk pratinjau atau persiapan untuk menciptakan backup-an. kemudian klik backup dan tunggu sampai proses selesai.

Membuat menyimpan file untuk Backup dan Restore ini sangat sederhana, lugas, dan melaksanakan semuanya dengan cepat.

Titanium Backup

Jika perangkat Anda sudah diroot maka Anda sanggup memakai aplikasi Titanium Backup untuk mencadangkan seluruh data di telepon Anda. Titanium Backup sanggup dijalankan tanpa menutup aplikasi lainnya yang sedang digunakan.

  • Download dan buka Titanium Backup (Anda akan diminta memperlihatkan izin jalan masuk root). "sebelumnya Aktifkan dulu USB Debug di Pengaturan telepon Anda".
  • Pilih Backup dan Restore: disana akan terlihat daftar isi telepon Anda. bila Anda ingin membackup data atau aplikasi sistem, klik dokumen kecil dengan tanda centang di bab atas, dan Anda akan di arahkan ke batch actions.

    Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda
    Batch Actions

  • Pilih backup all system data >> kemudian tekan tombol "RUN".

    Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda
    Backup Data

  • Klik icon centang pada bab pojok kanan atas.

    Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda Cara Melakukan Backup Data untuk Mengamankan File Berharga Anda
    Backup Data All System Data

  • kemudian akan melalui proses pembuatan backup-an (ini mungkin membutuhkan waktu beberapa saat).

    Proses Backup Data

  • Setelah selesai, hasil backup-an akan tersimpan otomatis di memori telepon. Anda sanggup memindahkannya ke memori kartu untuk membebaskan ruang penyimpanan telepon Anda.

Setelah menciptakan backup data, Anda sanggup memulihkan atau restore kapan saja. untuk mengembalikan cadangan data Anda sanggup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Jalankan Titanium Backup >> ketuk pada tab backup/restore di bab atas.
  • Pastikan Anda meletakan hasil backup-an yang dibentuk tadi berada di memori telepon.
  • Ketuk ikon Kertas/tanda di bab kanan atas layar.
  • Gulir ke bawah ke Restore section (tentukan memulihkan apps with data, system data, atau keduanya).
  • Ketuk tombol Run di samping opsi yang Anda pilih (Anda sanggup mencentang semuanya bila ingin memulihkan semuanya).
  • Klik Tanda Centang Hijau di kanan atas layar dan tunggu sampai proses pemulihan selesai.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Kehabisan Ruang Penyimpanan di Android

Kata Akhir

Itulah cara yang sanggup Anda lakukan dalam memBackup dan Restore data di perangkat Android Anda. untuk mencegah dan menghindari kehilangan data penting Anda yang berharga di kemudian hari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar