Skip to main content

8 Cara Jadi Penulis Di Wattpad Semoga Terpopular

GHENOKS || Cara Makara Penulis di Wattpad - Sekarang ini, banyak bermacam-macam media yang sanggup menyalurkan talenta para Penulis. Salah satunya yaitu wattpad. Pasti  kamu  yang  suka  baca  cerita  atau  suka  nulis  cerita  mengenal  aplikasi  ini.

Wattpad merupakan  aplikasi  online yang  berfungsi  hampir  sama  dengan  blog, disitu  kamu  bisa  menulis  cerita, tips, puisi dan  tulisan  lainnya. Atau kau hanya sekedar membaca kisah di wattpad. Melalui wattpad, kau juga bisa menjadi seorang Penulis yang popular.

Nah, beberapa poin penting yang perlu kau gunakan biar bisa mewujudkannya dengan baik. Sebelumnya, pastikan kau sudah mendaftar di wattpad dengan akun emailmu. Kemudian, coba terapkan beberapa cara berikut sebelum kau memposting goresan pena di wattpad.

1. Pilih  Genre  Kesukaan
Bagi  kamu  yang  baru  ingin  menulis  di  wattpad, ada  baiknya  menentukan genre  yang  kamu  suka  dan  kuasai. Hal  tersebut  akan  memudahkan  menuntaskan karyamu  dan  juga  sebagai  identitasmu di  wattpad.

Pembaca  akan  mengenalmu  sebagai  penulis  genre  yang  kamu  pilih. Banyak genre yang sanggup kau pilih menyerupai horor, romance, action, sosial, motivasi, dan lainnya.

2. Pilih Ide Cerita yang Unik dan Banyak Diminati
Karya yang bagus, tentu mempunyai jalan kisah yang menarik bagi pembaca. Sukses tidaknya suatu karya, diukur dari tingkat minat para pembaca.

Nah, biar kau menjadi Penulis yang popular maka kau perlu melaksanakan observasi ringat dalam menentukan ide kisah apa yang banyak diminati oleh kebanyakan readers.

Kata lainnya, biar kau mempunyai segmen pasar yang banyak. Selain itu, biar karya kau semakin mempunyai ciri khas dan menarik pastikan goresan pena kau mempunyai sisi keunikan tersendiri.

3. Tentukan Amanat
Nah, sebuah karya sastra berupa novel tentu tidak hanya menekankan pada gaya bahasa saja. Namun, amanat juga menjadi suatu poin sangat urgen.

Jika karya kamu, mempunyai amanat yang nyata dan menggiring banyak orang untuk menjadi lebih baik. Pasti, karya kau bisa memotivasi dan menginspirasi para pembaca. Kamu pun akan disegani. So, keinginan kau popular sebagai Penulis wattpad sanggup terwujud.

4. Pilih  Judul  yang  Memikat
Judul memang menjadi aspek penting dalam suatu karya tulis. Semakin  menarik  dan  tidak  biasa,  judulmu  maka  semakin membuat  ingin tau pembaca  untuk  membaca  isi  tulisanmu. Pastikan juga judulmu sanggup mewakili keseluruhan isi. Buatlah list judul sebanyak-banyaknya  dan pilih  yang  menurutmu unik dan menarik.

5. Buat Alur dan Sudut Pandang yang Mengejutkan
Secara teoritis alur terdapat maju, mundur, dan maju mundur. Untuk mengaplikatifkannya, buatlah alur kisah novel kau dengan bumbu-bumbu trik yang sanggup mengejutkan para pembaca, setiap pergantian isi pada alurnya. Agar para readers semakin ingin tau untuk melanjutkan membaca tiap bab-nya. Selanjutnya, sudut pandangnya juga perlu terang dan mengejutkan, baik sudut pandang Penulis maupun para tokoh dalam cerita.

6. Desain  Sampul  dan  Font 
Dalam wattpad, kau juga bisa menyertakan sampul untuk tulisanmu. Desainlah sampulmu dengan menarik dan khas. Tidak  perlu  berlebihan,  kadang  yang  simple  tapi  elegan  malah  banyak  diminati.

Terpenting, sampul kau sanggup menciptakan orang ingin tau ingin membaca jalan ceritanya. Ingat juga, pastikan sampulmu selaras dengan tema yang kau angkat.

Selain itu,  font  yang  menarik  sanggup menambah satu  poin  dan  juga  bisa  menutupi  sampulmu  yang  mungkin  masih  biasa. Bagaimana  kemahiranmu mengkombinasikan karakter  huruf  dan  warna secara  serasi  sehingga  menarik  minat  pembaca.

7. Kuatkan Sinopsis  dan  Prolog 
Selain judul,  sinopsis  atau  deskripsi  ceritamu juga  dapat  memancing  rasa  penasaran  pembaca. Ringkasan permasalahan  dari  cerita  yang  kamu  tulis, klimaks  yang tajam dan mengejutkan, dapat  memainkan  pikiran  pembaca  dan membuat  mereka  ingin menghabiskan  bacaannya.

8. Buat Ending Cerita yang Bikin Orang Terkagetkan
Menurut Edi Akhiles atau Edi Mulyono, Direktur dan Owner penerbit buku mayor Diva Press pernah menyampaikan dalam seminar kampus fiksi nya.

Ending kisah yang paling jelek kalau menuntaskan duduk masalah misalnya menikah, mati, dan lain sebagainya. Sedangkan, ending yang elok yakni yang sanggup menciptakan pembaca terkagetkan dan tidak bisa menebak.

Nah, demikianlah beberapa Cara Makara Penulis di Wattpad Agar Terpopular guys. Jangan lupa gunakan akun media sosialmu untuk mempromosiakan karya wattpadmu. Perlu  waktu  agar  tulisanmu  diketahui  banyak  orang, kualitas  dan  konsisten  adalah  cara  agar  karya  wattpadmu  tidak  dianggap  pudar. So, pembaca pun akan konsisten membaca ceritamu.


Sumber https://www.ghenoks.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar