Skip to main content

Pengertian Jaringan Komputer Dan Manfaatnya

Pengertian Jaringan Komputer - Jaringan komputer memang sangat fital kiprahnya dalam mensinergikan beberapa perangkat komputer dalam suatu organisasi. Banyak pula manfaat yang sanggup diperolah apabila suatu perusahaan mengusung jaringan komputer. Tidak lain sebenarnya jaringan komputer ini dipakai oleh banyak sekali perusahaan untuk keperluan mengembangkan informasi. Adalah sesama anggota perusahaan, dimana atasan dan bawahan sanggup mempunyai kiprah yang berbeda.

 Jaringan komputer memang sangat fital kiprahnya dalam mensinergikan beberapa perangkat kom Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Pengertian dari jaringan komputer itu sendiri yaitu sebuah jaringan dimana di dalamnya terdapat beberapa perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain. Selain itu, di dalam sebuah jaringan komputer juga terdapat perangkat komputer server dan juga client. Tentu saja kedua perangkat komputer itu berbeda fungsinya. Namun intinya jaringan komputer yang terdiri atas kedua perangkat tadi mempunyai fungsi yakni sebagai kawasan untuk pertukaran data, melaksanakan komunikasi, ataupun memanfaatkan computing power dari server.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer yaitu sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang didesain sedemikian rupa sebagaimana tujuan utamanya yakni untuk sanggup mengembangkan sumber daya (CPU, printer), berkomunikasi (pesan instan, surel), dan sanggup mengakses isu (situs web). Sementara berdasarkan pembagiannya, jaringan komputer sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yakni jaringan terdistribusi dan jaringan tersentralisasi.

Jaringan terdistribusi yaitu jaringan komputer yang cara kerjanya dilakukan oleh semua perangkat komputer di dalamnya. Ini berarti tidak ada perbedaan antara server dengan client. Sedangkan jaringan tersentralisasi yaitu jaringan komputer yang cara kerjanya berbeda baik itu server maupun client. Pemusatan jaringan komputer tersentralisasi yaitu pada komputer server.

Manfaat Jaringan Komputer

  • Menjadikan sistem komputer menjadi lebih gampang dioperasikan dan fleksibel
  • Banyak aplikasi pendukung yang sanggup dijalankan di banyak sekali macam jenis komputer
  • Tidak mengakibatkan ketergantungan terhadap satu jenis komputer (sehingga jenis komputer lain sanggup dikoordinasikan secara bersamaan)
  • Reabilitas tinggi dan sanggup membagi sumber daya
  • Memperluas pendayagunaan sistem operasi
  • Memperluas fasilitas berkomunikasi
  • Memudahkan kecepatan mengakses informasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar