Skip to main content

Pengertian Penginderaan Jauh Dan Sistem Penginderaan Jauh

Penginderaan Jauh Dan Sistem Penginderaan Jauh

Untuk mendapatkan informasi secara eksklusif dengan mendatangi objek atau informasi yang sudah ada berupa data statistik maupun kuantitatif. maka, dengan mempelajari materi kita akan mengetahui dan memahami bahwa untuk mendapatkan informasi bisa memakai cara pengamatan dari jarak jauh tanpa kontak eksklusif dengan objeknya.

karena, semenjak insan mulai punya waktu untuk mengamati ruang muka bumi yang merupakan tampatnya tinggal dan melaksanakan segala acara kehidupannya, semenjak itu pula informasi perihal ruang muka bumi itu menjadi penting dalam kehidupan manusia.

teknik pertama serig disebut sebagai pengukuran atau pengamatan terestris, sedangkan cara yang kedua disebut sebagai teknik penginderaan jarak jauh atau disingkat sebagai inderaja.


 Penginderaan Jauh Dan Sistem Penginderaan Jauh Pengertian Penginderaan Jauh Dan Sistem Penginderaan Jauh


Pengertian Penginderaan Jauh

mempelajari Geografi tidak cukup hanya memakai buku atau peta. data geografi dari buku atau peta sering kadaluarsa. oleh lantaran itu, diharapkan media gres di dalam mempelajari geografi. media tersebut yaitu foto, yaitu foto wilayah yang sedang diamati.

melalui pengamatan foto-foto tersebut akan diperoleh data geografi yang gres dari wilayah yang ada di dalam foto. anda sanggup memperoleh foto terbaru yang dibentuk oleh satelit setiap hari. foto-foto tersebut diperoleh melalui penginderaan jarak jauh(remote sensing)

penginderaan jarak jauh yaitu ilmu dan seni untuk memperoleh informasi perihal suatu objek, daerah, atau fenomena melalui analisis data yang diperoleh dengan suatu alat tanpa kontak eksklusif dengan objek, daerah, atau fenomena yang dikaji.

pada dikala anda membaca artikel ini, anda sedang menerapkan penginderaan jauh. mata anda bertindak sebagai alat pengindera (sensor) yang mendapatkan cahaya yang dipantulkan dari halaman ini. data yang diterima oleh mata anda kau berupa energi sesuai dengan jumlah cahaya yang dipantulkan dari belahan gelap dan terang pada halaman tersebut.

data tersebut dianalisis atau ditafsir di dalam komputer mental anda semoga sanggup mengambarkan belahan yang gelap pada halaman ini, yang merupakan sekumpulan huruf-huruf yang menyususn kata-kata.lebih dari itu anda sanggup mengenali kata-kata, menyusun kalimat-kalimat dan anda bisa menafsir arti informasi yang terdapat pada kalimat-kalimat itu.

jadi, penginderaan jauh sanggup diartikan sebagai suatu proses membaca. dengan memakai banyak sekali sensor, kau mengumpulkan data dari jarak jauh, yang sanggup dianalisis untuk mendapatkan informasi perihal objek, tempat atau fenomena yang diteliti.

sifat lain penginderaan jauh yaitu interdisipliner, artinya diharapkan kolaborasi yang terpadu diantara beberapa ilmupengetahuan(seperti andal geografi, andal geologi, andal pertanian, andal kehutanan, dan sebagainnya), untuk menganalisis tanda-tanda permukaan bumi dengan teknik penginderaan jauh.

terjemahan penginderaan jauh dalam bahasa Inggris yaitu remote sensing, sedangkan di Prancis lebih dikenal dengan istilah teledetection, di Jerman disebut farnerkundung, di Rusia disebut distantsionaya, dan di Spanyol dinamai perception remote.

meskipun masih tergolong pengetahuan yang baru, pemakaian penginderaan jauh cukup pesat. pemakaian penginderaan jauh itu antara lain untuk memperleh informasi yang sempurna dari seluruh Indonesia yang luas. informasi itu di pakai untuk banyak sekali keperluan, ibarat mendeteksi sumber daya alam, tempat banjir. kebakaran hutan, dan sebaran ikan di laut.

1. Citra

dalam penginderaan jauh didapat masukkan data atau hasil observasi yang disebut citra. gambaran sanggup diartikan sebagai gambaran yang tampak dari suatu objek yang sedang diamati, sebagai hasil liputan atau rekaman suatu alat pemantau.

berdasarkan Hornby (1974), gambaran yaitu gambaran yang terekam oleh kamera atau alat sensor lain. sedangkan berdasarkan Simonett, dkk (1983), gambaran yaitu gambar rekaman suatu objek (biasanya berupa gambaran pada foto) yang didapat secara optik, elektrooptik, optik-mekanik, atau elektronik.

di dalam bahasa Inggris terdapat dua istilah yang berarti gambaran dalam bahasa Indonesia, yaitu "imagery" dan "image", akan tetapi imagery dirasa lebih sempurna menggunakannya (Sutanto, 1986). semoga sanggup dimanfaatkan maka gambaran tersebut harus diinterprestasikan atau diterjemahkan atau ditafsirkan terlebih dahulu.

2. Wahana

kendaraan yang membawa alat pemantau dinamakan wahana. berdasarkan ketinggian peredaran wahana, tempat pemantaun atau pemotretan dari angkasa ini sanggup diklasifikasi menjadi 3 kelompok sebagai berikut :

a. pesawat terbang rendah hingga medium (low to medium altitude aircraft), dengan ketinggian antara 1.000 meter hingga 9.000 meter dari permukaan bumi. gambaran yang dihasilkan yaitu gambaran foto (foto udara).

b. pesawat terbang tinggi (high atitude aircraft) dengan ketinggian sekitar 18.000 meter dari permukaan bumi. gambaran yang dihasilkan yaitu foto udara dan multispectral scanner data.

c. satelit, dengan ketinggian antara 400 km hingga 900 km dari permukaan bumi. gambaran yang dihasilkan yaitu gambaran satelit.

Sistem Penginderaan Jauh

untuk memudahkan anda memahami perihal pengertian umum sistem penginderaan jauh, maka sistem penginderaan jauh beserta komponen-komponennya disajikan secara skematik. komponen beserta interaksi antarkomponennya dalam sistem penginderaan jauh sanggup diuraikan secara ringkas sebagai berikut :

1. Tenaga Untuk Penginderaan Jauh

pengumpulan data dalam penginderaan jauh dilakukan dari jarak jauh dengan memakai sensor buatan. untuk itu diharapkan tenaga pnghubung yang membawa data perihal objek ke sensor. data tersebut dikumpulkan dan direkam dengan 3 variasi cara sebagai berikut :
a. ditribusi daya (force)
b. distribusi gelombang bunyi
c. distribusi gelombang elektromagnetik.

sumber tenaga dalam penginderaan jauh yaitu matahari yang merupakan sumber utama tenaga elektromagnetik alami yang dipakai pada teknik pengambilan data objek dalam penginderaan jauh. penginderaan jauh dengan memanfaatkan tenaga alamiah disebut penginderaan jauh sistem pasif, yaitu yang merekam pantulan atau pancaran radiasi elektromagnetik dari suatu objek yang biasanya bersumber dari sumber matahari.

yang termasuk dalam sistem ini  yaitu sistem fotografi analog dan sistem scanner digital. sedangkan sumber tenaga buatan yang dipakai dalam penginderaan jauh sistem aktif, yaitu perekaman dengan memakai sumber tenaga dari diri sendiri, ibarat sistem Radar dan Lidar (laser).

sistem scanner ini sanggup dibedakan menjadi dua yaitu scanner opto-mekanik dan scanner penyapu (push broom). pola scanner opto-mekanik yaitu Landsat Thematic Mapper (TM).

tenaga ini mengenai objek dipermukaan bumi yang kemudian dipantulkan ke sensor. ia juga sanggup berupa tenaga dari objek yang dipancarkan ke sensor. jumlah tenaga matahari yang mencapai bumi (radiasi) dipengaruhi oleh waktu (jam dan musim), lokasi, dan kondisi cuaca.

jumlah tenaga yang diterima pada siang hari lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah tenaga yang diterima pada pagi atau sore hari. kedudukan matahari terhadap tempat di bumi berubah sesuai dengan perubahan musim.

2. Atmosfer

atmosfer bersifat selektif terhadap panjang gelombang, sehingga hanya sebagian kecil saja tenaga elektromagnetik yang sanggup mencapai permukan bumi dan dimanfaatkan untuk penginderaan jauh. belahan spektrum elektomagnetik yang bisa melalui atmosfer dan sanggup mencapai permukaan bumi disebut "jendela atmosfer".

jendela atmosfer yang paling dulu dikenal orang dan paling banyak dipakai dalam penginderaan jauh hingga kini yaitu spektrum tampak yang dibatasi oleh gelombang 0,4𝞵m hingga 0,7 𝞵m.

tenaga elektromagnetik dalam jendela atmosfer tidak sanggup mancapai permukaan bumi secara utuh, lantaran sebagian dari padanya mengalami kendala oleh atmosfer. kendala ini terutama disebabkan oleh butir-butir yang ada diatmosfer ibarat debu, uap air, dan gas. proses penghambatan terjadi dalam bentuk serapan, pantulan dan hamburan.

3. Sensor Atau Alat Pengindra

sensor yaitu alat yang dipakai untuk melacak, mendeteksi dan merekam suatu objek dalam tempat jangkauan tertentu. tiap sensor mempunyai kepekaan tersendiri terhadap belahan spektrum elektromagnetik.

kemampuan sensir untuk merekam gambar terkecil disebut resolusi spesial. semakin kecil objek yang sanggup direkam oleh sensor semakin baik kualitas sensor itu dan semakin baik resolusi spasial dari citra.

Jenis-Jenis Sensor

a. Sensor Fotografi
proses perekam ini berlangsung secara kimiawi, tenaga elektromagnetik diterima dan direkam pada emulsi film yang bila diproses akan menghasilkan foto. kalau pemotretan dilakukan dari pesawat udara atau wahana lain. foto hasil pemotretan dilakukan disebut foto udara. tapi bila pemotretan dilakukan dari pesawat uadara atau wahana lain. foto hasil pemotretan disebut foto udara. tetapi bila pemotretan dilakukan dari antariksa, foto hasil pemotretan disebut foto orbital atau foto satelit

b. Sensor Elektrik
sensor elektrik ini memakai tenaga elektrik dalam bentuk sinyal elektrik. alat peserta dan perekam sensor ini berupa pita magnetik atau detektor lain. sinyak elektrik yang direkam pada pita magnetik ini kemudian diprose menjadi data visual maupun menjadi dua digital yang siap dikomputerkan. pemrosesan data digital menjadi gambaran sanggup dilakukan dengan dua cara sebagai berikut :

1) memotret data yang direkam dengan pita magnetik yang diwujudkan secara visual pada layar monitor
2) memakai film perekam khusus, balasannya berupa foto dengan film sebagai alat perekamnya, tapi film disini hanya berfungsi sebagai lata perekam saja. maka balasannya disebut gambaran penginderaan jauh.

4. Perolehan Data

perolehan data sanggup dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan interpretasi secara visual, dan sanggup pula dengan cara numerik atau dengan cara digital yaitu dengan memakai komputer, foto udara pada umumnya diintrepretasi secara manua, sedangkan data hasil penginderaan jauh secara elektronik sanggup di interpretasi secara manual maupun secara numerik.

5. Penggunaan Data

penggunaan data (orang, badan, atau pemerintah) merupakan komponen paling penting dalam penginderaan jauh lantaran para penggunalah yang sanggup memilih diterima atau tidaknya hasil penginderaan jauh.

data yang dihasilkan meliputi wilayah sumber daya alam suatu negara, yang merupakan data sangat penting untuk kepentingan orang banyak, sehingga data ini penting untuk menjaga penggunaannya. terdapat dua macam dalam penginderaan jauh, yaitu gambaran foto dan gambaran nonfoto. perbedaan antara kedua gambaran tersebut terletak pada sensor, detektor yang digunakan, proses perkeman, prosedur perekaman dan spektrum elektromagnetik yang dipakai untuk lebih jelas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar