Skip to main content

Tata Cara Sholat Hajat, Bacaan Doa Dan Niat Serta Keutamaan Sholat Hajat

Sholat Hajat - Setiap insan niscaya mempunyai impian masing-masing, entah itu impian kecil ataupun impian yang jikalau di fikir memakai kecerdikan insan akan sulit tercapai.

Demi bisa mendapat apa yang di inginkan, tentu saja yang harus di lakukan ialah berusaha sekeras mungkin dan di iringi dengan doa kepada Tuhan. Ya, selain berkewajiban untuk berusaha semaksimal mungkin, insan juga hendaknya memohon doa kepada Tuhan, alasannya hanya dengan kehendak-Nya semua yang di inginkan insan bisa tercapai.

Bahkan, kekuatan doa orang yang benar-benar tulus memohon kepada Allah sang Tuhan manusia, akan bisa mengalahkan segala ketidak mungkinan yang selama ini insan impikan.

Selain dengan memanjatkan doa, seorang hamba juga akan lebih baik jikalau memohon sesuatu dengan cara menjalankan sholat hajat. Sholat yang di tujukan untuk memohon sesuatu ini merupakan sholat yang sifatnya sunah.

Berbeda dengan sholat sunah lainnya ibarat sholat sunah tahajud, sholat hajat ini lebih spesifik.Yaitu sholat hajat di tujukan atau di maksudkan untuk satu impian atau hajat seorang hamba kepada Allah maupun kepada sesama/dalam urusan duniawi.
 Setiap insan niscaya mempunyai impian masing Tata Cara Sholat Hajat, Bacaan Doa dan Niat Serta Keutamaan Sholat Hajat
Ilustrasi; Tata cara sholat hajat
Sholat hajat juga merupakan sholat sunah yang paling tepat di lakukan oleh seorang hamba yang sedang mempunyai duduk kasus dan menginginkan petunjuk untuk jalan keluarnya.

Waktu Untuk Mengerjakan Sholat Hajat


Untuk mereka yang menyampaikan sunnah sholat ini tidak terikat pada waktu-waktu khusus, yang di maksud waktu khusu disini ialah sanggup di lakukan kapan saja baik itu waktu siang hari ataupun malam hari kecuali pada waktu yang di larang untuk mendirikan sholat contohnya sehabis sholat shubuh dan sholat ashar, pada waktu terbit dan terbenamnya matahari serta pada waktu istiwa (matahari benar-benar di posisi tengah hari)di karenakan pada waktu-waktu tersebut di atas terdapat perselisihan para ulama. Wallahu A’lam

Cara Mengerjakan Shalat Hajat Terlengkap


Lalu bagaimana tata cara sholat hajat? Sebenarnya rukun sholat hajat sama saja dengan rukun sholat sunah maupun sholat wajib lainnya, yang membedakan tentu hanyalah bacaan niatnya saja.

Bacaan Niat Sholat Hajat Bahasa Arab, Latin Lengkap dengan Artinya


Berikut ini bacaan niat sholat hajat dan tata cara menjalankan sholat hajat :

 Setiap insan niscaya mempunyai impian masing Tata Cara Sholat Hajat, Bacaan Doa dan Niat Serta Keutamaan Sholat Hajat

Bacaan niat : Ushallii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aala.
Artinya: 
“Aku berniat shalat hajat sunah hajat dua rakaat alasannya Allah Ta’ala.”

Tata Cara Shalat Hajat


  • Membaca niat sholat hajat di dalam hati sembari takbiratul ikhram.
  • Membaca doa iftitah.
  • Membaca suratan wajib, yaitu surat Al-Fatihah.
  • Membaca suratan pendek. Untuk raka’at pertama di sarankan surat Al-Ikhlas, dan untuk raka’at kedua di sarankan untuk membaca ayat bangku (surat Al-Baqarah : 225).
  • Rukuk dan membaca tasbih sebanyak 3 kali.
  • I’tidal dan membaca bacaannya.
  • Sujud  dan membaca tasbih sebanyak 3 kali.
  • Duduk di antara 2 sujud dengan membaca bacaannya.
  • Sujud kedua dan membaca tasbih sebanyak 3 kali.
  • Berdiri lagi dan lakukan cara yang sama pada raka’at kedua.
  • Setelah sujud kedua pada raka’at kedua, kemudian di lanjutkan dengan duduk tasyahud simpulan dan membaca bacaannya.
  • Salam 2 kali.


Bagaimana gampang bukan tata cara menjalankan sholat hajat? Ya, meskipun mempunyai keistimewaan tersendiri di hadapan Rasulullah, namun sholat hajat tetap gampang di lakukan layaknya sholat sunah lainnya.

Selain itu, sholat hajat juga sangat gampang di lakukan alasannya sanggup di jalankan kapan saja, atau tidak berbataskan waktu layaknya sholat sunah lainnya. Misalnya sholat tahajud yang hanya sanggup di lakukan pada malam hari setelah tidur, sholat dhuha yang hanya sanggup di lakukan pada waktu dhuha. Sholat hajat ini sanggup di lakukan kapan saja asalkan bukan pada waktu terlarang untuk sholat.
Lalu untuk jumlah raka’at yang boleh di lakukan dikala sholat hajat yaitu minimal 2 raka’at dan maksimal 12 raka’at.Setiap 2 raka’at sekali melaksanakan salam, kemudian gres di lanjutkan dengan raka’at berikutnya dengan cara memulai sholat dari awal (membaca niat kembali).

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Bahasa Arab, Latin dan Artinya Terlengkap


Setelah anda selesai menjalankan sholat hajat, amalan lain yang sanggup anda panjatkan kepada Allah semoga sholat sunah anda lebih afdhol yaitu dengan :

1. Membaca istigfar sebanyak 100 kali atau lebih


اَسْتَغْفِرُاللهَ الّذِيْ لاَ اِلَهَ اِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّوّمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi

Artinya :  Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada yang kuasa selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan saya bertaubat kepadanya.


2. Membaca sholawat nabi Muhammad SAW 100 kali atau lebih


 Setiap insan niscaya mempunyai impian masing Tata Cara Sholat Hajat, Bacaan Doa dan Niat Serta Keutamaan Sholat Hajat

Allaahumma shalli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii Sayyidinaa Muhammadin

Artinya: 
“Ya Allah, berilah karunia kesejahteraan kepada jungjungan kami Muhammad, kesejahteraan yang di ridhai serta di ridhailah daripada sahabat-sahabat sekalian.”

3. Membaca doa sholat hajat, yang berbunyi


لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لاَ تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ


Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya:
 “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.Kepada-Mu-lah saya memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh laba pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”

Setelah membaca amalan dan doa sholat hajat tersebut, selanjutnya berdoakan kepada Allah dan sampaikan apa yang anda inginkan atau duduk kasus apa yang sedang anda alami. Percayakan segala sesuatunya hanya kepada Allah.

Jika anda melakukannya dengan nrimo dan penuh harap, isyaAllah Allah akan mengabulkan apa yang menjadi hajat anda.

Keyakinan akan terkabulkan segala hajat anda setelah menjalankan sholat hajat ini bisa anda pupuk dari hadis-hadis yang menjelaskan betapa Rasulullah sangat menganjurkan hambanya melaksanakan sholat hajat ketika mempunyai impian atau masalah.

Berikut hadist yang mengambarkan wacana sholat hajat :


 Hadits Rasulullah SAW terkait shalat hajat antara lain : “Siapa yang berwudhu dan tepat wudhunya, kemudian shalat dua rakaat (Shalat Hajat) dan tepat rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat” ( HR.Ahmad )

 “Barangsiapa yang mempunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang insan dari anak-cucu Adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian shalat dua rakaat (shalat Hajat), kemudian memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi ? Setelah itu, mengucapkan “Laaillahillallohulhaliimulkariimu, subhaana…. (HRTirmidzi dan Ibnu Majah)

 Diriwayatkan dari Abu Sirah an-Nakh’iy, ia berkata, “Seorang pria menempuh perjalanan dari Yaman. Di tengah perjalan keledainya mati, kemudian ia mengambil wudhu kemudian shalat dua rakaat, setelah itu berdoa. Dia mengucapkan, “Ya Allah, sesungguhnya saya tiba dari negeri yang sangat jauh guna berjuang di jalan-Mu dan mencari ridha-Mu. Saya bersaksi bergotong-royong Engkau menghidupkan makhluk yang mati dan membangkitkan insan dari kuburnya, janganlah Engkau jadikan saya berhutang budi terhadap seseorang pada hari ini. Pada hari ini saya memohon kepada Engkau supaya membangkitkan keledaiku yang telah mati ini.” Maka, keledai itu bangun seketika, kemudian mengibaskan kedua telinganya.” (HRBaihaqi; ia mengatakan, sanad dongeng ini shahih)

Baca juga : 
Doa Mandi Wajib, Tata Cara Mandi Wajib, Niat Mandi Wajib dan Cara Mandi Wajib Lengkap
Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi dan Kisah Penuh Hikmah di dalamnya
Niat Puasa Ramadhan, Hukum, Keutamaan Serta Hikmahnya
Manfaat Sholat Tahajud Beserta Ayat, Hadis dan Bukti Pendukung Lain

 Ada seorang yang buta matanya menemui Nabi saw, kemudian ia mengatakan, “Sesungguhnya saya mendapat tragedi alam pada mata saya, maka berdoalah kepada Allah (untuk) kesembuhanku.” Maka Nabi saw bersabda, “Pergilah, kemudian berwudhu, kemudian shalatlah dua rakaat (shalat hajat). Setelah itu, berdoalah….” Dalam waktu yang singkat, pria itu terlihat kembali ibarat ia tidak pernah buta matanya.” Kemudian Rasulullah saw bersabda, “Jika kau mempunyai kebutuhan (hajat), maka lakukanlah ibarat itu (shalat hajat).” (HRTirmidzi)

Semoga sedikit goresan pena mengenai Cara Melakukan Sholat Hajat, Bacaan Doa dan Niat Serta Keutamaan Sholat Hajat ini sanggup bermanfaat bagi kita semua. Jika kau menyukai artikel ini jangan lupa untuk mengembangkan ke teman-temanmu dengan menekan tombol share untuk membantu menyebarkannya melalui facebook dan juga google plus.


Sumber https://www.kopi-ireng.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar