Skip to main content

Cara Ampuh Mengatasi Bunyi Headset Kecil Sebelah Tanpa Root Atau Dengan Root


Cara Ampuh Mengatasi Suara Headset Kecil sebelah tanpa Root atau dengan Root Cara Ampuh Mengatasi Suara Headset Kecil sebelah tanpa Root atau dengan Root

Apakah kau mengeluh lantaran bunyi headset yang ditancapkan di smartphone android kau bunyinya kecil sebelah? Kenapa bunyi headset kecil di HP? Hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu faktot Hardware atau Software.

Jika yang bermasalah pada sisi hardware, umumnya yang terjadi yakni ada kabel yang terputus atau hampir terputus. Jika hal ini terjadi lebih baik beli headset yang gres saja.

Namun ada kalanya headset itu tetap berbunyi kecil sebelah meskipun kabel terlihat masih anggun dan kualitas headset android atau earphone juga bagus. Hal ini kemungkinan disebabkan lantaran ada problem dibagian sistem android atau softwarenya. Bisa saja sistem smartphone android kau ada pengaturan headset mati sebelah kanan atau kiri.

Tidak perlu panik, lantaran AyGek akan memperlihatkan tutorial cara mengatasi headset android atau earphone yang suaranya kecil sebelah. Simak tutorial ini baik baik supaya tidak terjadi kesalahan fatal.


Cara Mengatasi bunyi headset kecil sebelah dengan Root atau tanpa Root


1. Memakai Aplikasi Equalizer

Cara Ampuh Mengatasi Suara Headset Kecil sebelah tanpa Root atau dengan Root Cara Ampuh Mengatasi Suara Headset Kecil sebelah tanpa Root atau dengan Root

Cara yang pertama yakni tanpa root, kau bisa mencoba memperbaiki bunyi headset android kau dengan aplikasi Equalizer. Aplikasi ini bisa kau download di Google PlayStore.

Aplikasi ini bisa mengatur volume bunyi pada HP termasuk setting bass dan sejenisnya. Aplikasi ini akan membantu meningkatkan volume HP kalau bunyi yang dihasilkan headset atau earphone kecil.

Selain itu aplikasi ini mempunyai fitur setting Audio Balance yang berfungsi untuk mengatur intensitas atau menyeimbangkan bunyi pada headset kiri dan kanan.

2. Memanfaatkan sajian Sound Balance pada android


Cara ini bisa dilakukan dalam keadaan root atau root tergantung dari ada atau tidaknya sajian Sound Balance pada smartphone android kamu. Kamu bisa mengecek apakah dalam smartphone android terdapat sajian Sound Balance sebagai berikut
    1. Buka settings atau setelan
    2. masuk ke aksesibilitas
    3. Klik pada Sound Balance untuk mengatur keseimbangan earphone atau headset

Jika sajian Sound Balance ini tidak tersedia di smartphone android kamu, jalan satu satunya yakni memaksakannya muncul dengan cara root android.
    1. Pastikan smartphone android kau harus sudah di Root
    2. Install Xposed Installer
    3. Buka Xposed kemudian cari Audio Balance
    4. Install Audio Balance versi terbaru
    5. Kembali ke sajian awal, kemudian klik Modules
    6. Centang Audio Balance kemudian restart smartphone android kamu
    7. Buka kembali Xposed Installer dan buka Audio Balance lagi
    8. Lalu akan muncul left gain dan right gain, isi sesuaikan dengan seleramu atau isi 50:50.

Nah gimana kini hasilnya? Udah berhasilkah atau masih error? Jika masih error berarti headset kau sudah rusak dan itu harus di ganti. Daripada memperbaiki ke orang mending pribadi ganti yang gres lantaran harganya tidak jauh berbeda. Semoga artikel ini bisa mengatasi problem pada headset atau earphone kamu, sekian dan terima kasih.

Sumber https://aymanisgeek.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar