Skip to main content

Penyebab Planet Neptunus Berwarna Biru Dan Siapa Penemu Planet Pluto

Planet Neptunus Dan Planet Pluto

Neptunus dan Pluto ialah planet terakhir yang ditemukan. jaraknya miliaran kilometer dari bumi, di tepi tata surya. Neptunus ialah bola gas raksasa, sangat menyerupai dengan Uranus. Pluto ialah bola es kecil, lebih kecil dari bulan.


 Neptunus dan Pluto ialah planet terakhir yang ditemukan Penyebab Planet Neptunus Berwarna Biru Dan Siapa Penemu Planet Pluto


Terbentuknya Planet Neptunus

Neptunus terbentuk dari material yang sama dengan Uranus,  kembarannya. planet ini mempunyai atmosfer yang sebagian besar terbentuk dari hidrogen dan sedikit helium. di bawah atmosfer terdapat lautan air panas dan gas cair termasuk metana yang luas dan dalam. dan dipusatnya terdapat inti kerikil bumi seukuran dengan bumi.

Mengapa Neptunus Berwarna Biru

Neptunus mempunyai warna biru indah, sedikit menyerupai dengan bumi. warna biru pada planet Neptunus disebabkan oleh atmosfernya yang mengandung gas metana. metana menyerap warna merah sinar matahari dan memantulkan warna biru dari atmosfer Neptunus. bintik gelap yang terkadang muncul di atmosfer Neptunus ialah angin puting-beliung besar.

Apakah Neptunus Mempunyai Bulan?

melalui teleskop, kita sanggup melihat ada dua bulan yang mengelilingi Neptunus, yaitu bulan Triton dan bulan Nereid ketika Voyager 2 mendatangi Neptunus, penyelidikan ini menemukan enam bulan lagi. salah satunya ialah bulan Proteus yang agak lebih besar dari Nereid, sedangkan yang lainnya berukuran kecil.

Triton ialah bulan terbesar dengan diameter sekitar 2.700 kilometer. tidak menyerupai pada umumnya, bulan ini mengelilingi Neptunus dengan arah yang berlawanan dari kebanyakan bulan.

Kapan Voyager 2 Mengunjungi Neptunus?

Neptunus ialah planet terakhir yang didatangi Voyager 2 selama 12 tahun perjalanannya. Voyager 2 diluncurkan pada tahun 1977 dan pada tanggal 24 Agustus 1989 melintas sekitar 5.000 kilometer diatas puncak awan Neptunus, lebih bersahabat daripada planet lain.

ketika itu, jarak dari bumi lebih dari 4 juta kilometer dan sinyal radionya memerlukan waktu empat jam untuk kembali ke bumi.

Data Planet Neptunus

  • Diameter di khatulistiwa : 49.500 km
  • Jarak rata-rata dari matahari : 4,5 miliar km
  • Jarak terdekat dari bumi : 4,3 miliar km
  • Rotasi : 17 jam 6 menit
  • Revolusi : 165 hari bumi
  • Temperatur di puncak awan : -210⁰C
  • Satelit : 8

Penemu Planet Pluto

Penemu Planet Pluto ialah Clyde Tombough, Percival Lowell spesialis astronomi Amerika, pada awalnya Percival Lowell membangun observatoriumnya sendiri dan melaksanakan pencarian planet yang ke sembilan. Clyde Tombaugh, hebat astronomi yang bekerja disana kesudahannya menemukan planet Pluto.

Rupa Atau Bentuk Charon Dilihat Dari Pluto

lantaran tampak terpaku di langit Pluto, maka Charon hanya sanggup terlihat dari satu sisi planet. dari sisi itu, charon akan tampak lebih besar, jauh lebih besar daripada bulannya bumi. ini disebabkan lantaran jarak Charon ketika mengelilingi Pluto sangat dekat, hanya sekitar 20.000 kilometer jauhnya. bulan kita berputar dalam jarak 20 kali lebih jauh.

Data Planet Pluto

  • Diameter di khatulistiwa : 2.250 km
  • Jarak rata-rata dari matahari : 5,9 miliar km
  • Jarak terdekat dari bumi : 4,3 miliar km
  • Rotasi : 6 hari 9 jam
  • Revolusi : 248 hari bumi
  • Temperatur permukaan : -230⁰C
  • Satelit : 1

Keistimewaan Dari Charon

Charon sebagai satu-satunya bulan di planet Pluto, ialah keunikan di tata surya lantaran diameternya setengah diameter Pluto. tidak ada bulan lain yang perbandingannya sebesar itu. selain itu, kecepata Charon mengelilingi Pluto hampir sama dengan lamanya rotasi Pluto. inilah sebabnya Charon tampak menyerupai terpaku di langit Pluto.

Terbentuknya Planet Pluto

kita tidak tahu banyak perihal Pluto lantaran letaknya yang sangat jauh. pada titik terjauh, Pluto bergerak labih dari 7 miliar kilometer dari matahari. dengan teleskop yang sangat besar lengan berkuasa sekalipun, pluto hanya terlihat menyerupai bintang redup.

kita hanya sanggup mengetahui bahwa Planet Pluto ialah bola kerikil dan es yang sangat padat. mungkin, Pluto mempunyai tudung "salju" yang terbentuk dari gas metana yang membeku.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar