Skip to main content

Tips Mengatasi Hp Yang Terkena Air

Tips Mengatasi HP yang Terendam Air

Tips Mengatasi HP yang Terkena Air


Jika HP Anda gres saja terkena air, baik terkena air hujan, tidak sengaja jatuh ke air kolam, atau terkena cairan lainnya. Anda jangan khawatir, jangan panik dulu, santai saja sembari berharap HP Anda masih sanggup diselamatkan. Walaupun Anda memakai Smartphone terbaru yang tahan air atau kedap air, tetap saja menjadi masalah. sebab itu hanya berlaku di bawah keadaan khusus. Ketahanan telepon terhadap air sering tergantung pada kejernihan air, kedalaman perendaman dan lamanya waktu terendam.

Apabila HP Anda jatuh di kolam atau tidak sengaja terbawa ketika berenang, Ambil dan keluarkan secepat mungkin HP Anda yang terkena air itu, semakin usang dalam air maka semakin besar kemungkinan kerusakannya. sebab semakin banyak air yang akan merembes ke dalam komponen-komponen telepon Anda. Setelah HP Anda tidak lagi terendam air, ada hal-hal tertentu yang perlu Anda lakukan untuk menghindari dan mencegah kerusakan yang lebih parah. Berikut cara mengatasi hp kena air hujan atau cara mengatasi hp terendam air itu.

Baca Juga: Cara Blokir Nomor HP di Android

9 Langkah Mengatasi HP terkena Air atau Terendam Air

  1. Kalau HP Anda masih menyala segera matikan dengan melepas baterai (matikan secepat mungkin untuk mencegah kemungkinan korsleting). Usahakan HP Anda dalam posisi tegak jangan direbahkan.
  2. Lepaskan semua casing pelindung (perhatikan bahwa tidak semua model ponsel sanggup memungkinkan untuk dilakukan, jadi lepaskan yang sanggup saja). lepaskan kartu SIM dan kartu microSD Anda dari slotnya.
  3. Gunakan kain, kertas atau handuk untuk menyeka HP Anda sampai kering. Hindari berbagi air ke sekitarnya atau ke dalam komponen ponsel Anda.
  4. Anda sanggup memakai Vakum Clenner (jika ada). untuk menyedot air yang terjebak dalam komponen telepon yang lebih sulit di jangkau.
  5. Rendam telepon Anda dalam kantong plastik penuh beras mentah. (Beras sangat manis untuk menyerap air dan ini tolong-menolong metode umum untuk mengeringkan smartphone dan tablet).
  6. Biarkan HP Anda selama satu atau dua hari untuk membiarkannya benar-benar kering. (jangan di utak atik).
  7. Setelah beberapa hari dalam kantong beras, Anda sanggup mengeluarkannya dan memasukkan baterai ke dalam telepon kemudian menghidupkannya.
  8. Jika HP Anda tidak menyala, coba isi daya baterai, Jika daya baterai tidak mau mengisi kemungkinan baterai Anda rusak. Coba ganti dengan baterai yang lain.
  9. Jika HP Anda masih sanggup dihidupkan dan sedang berjalan sebagaimana mestinya, Anda harus tetap memperhatikan selama beberapa hari ke depan, untuk melihat apakah ada perubahan terhadap telepon Anda. menyerupai menyelidiki speaker dan layar sentuh masih merespons atau tidak.

Tips Menghindari Tindakan Setelah HP Anda terkena Air atau Terendam Air

Jangan melaksanakan tindakan menyerupai ini kalau HP Anda terkena air atau kemasukan air. apa saja itu:

  • Jangan menyalakan atau menghidupkan telepon Anda.
  • Jangan menekan tombol apapun (seperti: tombol power, home, dan volume).
  • Jangan goyangkan dan mengetuk-ngetuk telepon Anda.
  • Jangan meniupnya, Hal ini sanggup mengirim air ke kepingan internal telepon yang belum terkena air.
  • Jangan memanaskannya (termasuk memakai hair dryer atau microwave. memanaskan bersahabat kompor, televisi, atau dibawah sinar matahari).

Meskipun semua itu yaitu tindakan yang bermaksud baik, coba tebak? itu yaitu pendekatan yang salah. jadi, Anda harus benar-benar menghindarinya.

Baca Juga: Cara Melacak Ponsel yang Hilang dengan Android Device Manager

Kata Akhir

Semoga langkah-langkah ini membantu mengatasi HP Anda yang terkena air, kemasukan air atau terendam air dan menyelamatkan dari kerusakan yang lebih parah. Jika Anda ingin melindungi telepon Anda dari air di masa depan, Anda sanggup memakai casing ponsel tahan air.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar