Skip to main content

Pengertian Kabel Usb Otg, Fungsi Kabel Otg, Kelebihan Serta Kekurangan Kabel Usb Otg

komputerdia.com - Pengertian Kabel USB OTG (Universal Serial Bus On The Go) yaitu salah satu hardware yang mempunyai fungsi utama untuk menghubungkan perangkat teknologi satu dengan perangkat teknologi yang lainnya. 

Namun seiring perkembangan, kabel usb otg juga sanggup dipakai untuk melaksanakan transfer data dari Flashdisk ke handphone ataupun sebaliknya.

Pada awalnya Flashdisk memang diperuntukkan pada perangkat komputer menyerupai PC ataupun laptop, namun seiring kemajuan teknologi banyak pengguna smartphone yang juga merasa ingin menghubungkan Flashdisk ke perangkat smartphone-nya. Dari realitas menyerupai itu maka hasilnya muncul penemuan terbaru dalam bentuk aksesoris handphone yang berjulukan kabel USB OTG.

Dari beberapa keterangan diatas sanggup disimpulkan bahwa pengertian Kabel USB OTG (Universal Serial Bus On The Go) adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang difungsikan untuk melaksanakan pembacaan data serta melaksanakan kegiatan mengembangkan data maupun file antara flashdisk dengan perangkat smartphone

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
  1. Pengertian Floppy Drive, Fungsi Floppy Drive dan Cara Kerja Floppy Drive
  2. Pengertian Modem GSM, Fungsi Modem GSM dan Cara Kerja Modem GSM
  3. Pengertian Modem Analog, Fungsi Modem Analog dan Cara Kerja Modem Analog

yang mempunyai fungsi utama untuk menghubungkan perangkat teknologi satu dengan perangkat t Pengertian Kabel USB OTG, Fungsi Kabel OTG, Kelebihan Serta Kekurangan Kabel USB OTG

Jenis Hardware USB OTG

Perlu kalian ketahui, bahwa dikala ini terdapat empat jenis USB OTG yang sanggup kalian gunakan untuk melaksanakan kegiatan mengembangkan file, diantaranya yaitu sebagai berikut :
  • Flashdisk OTG, untuk klarifikasi lebih lanjut perihal hardware yang pertama ini, kalian sanggup membaca pada artikel Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG
  • USB OTG Adapter, Meski masuk sebagai jenis kabel USB OTG, tapi USB OTG Adapter ini tidak mempunyai kabel. Melainkan hanya port usb dengan usb type micro b. Ukuranya kecil sehingga rawan hilang. Harganya paling murah dibanding jenis kabel USB OTG lainya.
  • USB OTG Cable, untuk jenis USB OTG ini, merupakan USB OTG yang sudah didukung dengan kabel. Cirinya memakai port USB Type A atau Type Micro B atau Type C, lengkap dengan kabel. Kekurangannya biasanya kalau kabel rusak, USB OTG ini otomatis tidak sanggup digunakan. Untuk harga, sedikit lebih mahal dibanding jenis pertama.
  • Multi USB OTG, Inilah kabel USB OTG yang multifungsi, biasanya memakai 2 sampai 3 port USB Type Aatau Type Micro B atau bahkan Type C. Kabel USB OTG ini sanggup kalian gunakan untuk menghubungkan aneka macam perangkat termasuk Mouse, Keyboard, ataupun Flashdisk sekaligus. Hanya saja, harga kabel USB OTG ini lebih mahal dibanding yang lain.

Fungsi Kabel USB OTG

  • Menambah Memori Smartphone. Kita sanggup memakai Kabel USB OTG untuk menambah kapasitas penyimpanan android. Caranya tinggal pasang kabel USB OTG ke android dan hubungkan dengan flashdisk. Flashdisk inilah yang akan berperan sebagai memori internal.
  • Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless. Melalui fitur host mode, kalian juga sanggup memakai Kabel USB OTG untuk menghubungkan android ke mouse atau keyboard. Makara kalian sanggup ngetik di hp pakai keyboard.
  • Menyalakan Kipas Angin. Yang lebih menarik, ternyata kalian juga sanggup memakai android untuk menyalahan kipas angin. Tentu saja, kipas yang kalian gunakan haruslah kipas mini.
  • Menyalakan Lampu Darurat. Bahkan kalian juga sanggup menyalakan lampu LED ke USB OTG yang terhubung ke android. jadi android makin multifungsi ya.
  • Membaca Data Menggunakan Card Reader. Dahulu cardreader dipakai untuk membaca memori hp ke komputer, tapi kini kalian sanggup baca memori hp tanpa perlu memasangnya di slot memori. Bahkan kalian juga sanggup baca memori kamera DSLR.
  • Mengubah Smartphone Makara Power Bank,. Mengubah hp jadi powerbank? Nyatanya mungkin-mungkin saja. kalian sanggup memakai kabel USB OTG untuk menghubungkan satu hp dengan hp lainya. kalian bahkan sanggup mengisi daya Action Cam sampai MP3 Player.
  • Membaca Data di Harddisk Eksternal. Jelas untuk yang ini harus dilakukan oleh hp android dengan spesifikasi tinggi. maklum saja, namanya harddisk, tentu isi datanya niscaya banyak.
  • Menghubungkan Portabel CD Player. Punya portabel CD Player? kalian juga sanggup membacanya memakai android lho. lagi-lagi medianya yaitu memakai konektor USB OTG.
  • Menghubungkan Eksternal Webcam. Webcam juga sanggup dihubungkan dengan android. semua berkah kabel USB OTG.
  • Menghubungkan LAN ke Smartphone. Yang tak kalah menarik, kabel USB OTG juga sanggup menciptakan hp android kalian terhubung ke LAN.
  • Terhubung dengan Joystick. Siapa bilang main game dengan Joystick dengan hp android tak sanggup dilakukan. Berkah kabel USB OTG, semua mungkin-mungkin saja dilakukan.

Kelebihan Kabel USB OTG

Untuk kelebihan dari kabel USB OTG tentu sudah terlihat terang sesudah membaca definisi atau pengertian serta fungsi – fungsinya diatas. Kegiatan copy atau transfer data (file) antara smartphone dan Flashdisk sanggup dilakukan dengan mudah, mengingat kedua alat ini paling sering dibawa sebab ukurannya yang kecil dan simpel untuk digunakan. 

Dalam hal ini, kalian tidak memerlukan pemberian perangkat komputer ataupun laptop jikalau sudah membawa kabel USB OTG. Urusan pekerjaan juga akan lebih efisien serta lebih gampang jikalau memakai kabel USB OTG.


Kekurangan Kabel USB OTG

Salah satu kekurangan kabel USB OTG ini yaitu ketidak cocokan pada beberapa perangkat smartphone sehingga penggunaan kabel USB OTG ini dinilai masih kurang fleksibel. Bagi smartphone yang sudah sanggup memakai fitur ini, namun mempunyai RAM yang kecil, juga akan menawarkan sedikit resiko tersendiri, sebab ketika dihubungkan dengan Flashdisk maka otomatis kinerja handphone juga akan berkurang berkurang (sedikit lemot).

Dan ketika dihubungkan dengan Flashdisk kapasitas 64 GB atau bahkan Memory Eksternal sanggup jadi selain semakin lambat maka juga akan timbul kerusakan jangka panjang. Penggunaan yang benar dan bijaksana, selain sanggup mengoptimalkan kinerja dari Flashdisk juga sanggup merawat semua komponen yang terlibat.



Sumber https://www.komputerdia.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar