Skip to main content

Negara Thailand (Muangthai) - Bentuk Pemerintahan, Keadaan Alam Utama, Keadaan Sosial, Keadaan Ekonomi Thailand

Negara Thailand (Muangthai) - Bentuk Pemerintahan, Keadaan Alam Utama, Keadaan Sosial, Keadaan Ekonomi Thailand

Negara Thailand (Muangthai) mempunyai bentuk pemerintahan kerajaan, dan Kepala Negara di Thailand yakni seorang Raja dan Kepala Pemerintahan di Thailand yakni seorang Perdana Mentri, Ibukota negara Thailand yakni Bangkok dan lagu kebangsaan Thailand yakni Pleng Chard.

 dan Kepala Negara di Thailand yakni seorang Raja dan Kepala Pemerintahan di Thailand ada Negara Thailand (Muangthai) - Bentuk Pemerintahan, Keadaan Alam Utama, Keadaan Sosial, Keadaan Ekonomi Thailand

Keadaan Alam Utama Negara Thailand

Thailand mempunyai bentuk permukaan bumi yang beragam. disebelah utara, keadaannya bergunung-gunung, dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m). sebelah timur bahari terdapat pegunungan Koral, yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong.

wilayah tengah negara Thailand didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. disebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra, dataran paling sempit di Thailand. dibagian tengah terdapat sungai Chao Praya yang subur.

daerah utara dan daerah barat Thailand terdapat pegunungan, dengan puncak tertinggi yakni Gunung Doi Inthanon (2.594). Semenanjung Thailand bab selatan, banyak berbukit-bukit rendah hingga di perbatasan Malaysia.

Letak Astronomis Negara Thailand : 5⁰ LU - 21⁰ LU dan 97⁰ BT - 106⁰ BT. Luas Wilayah negara Thailand yakni 513.998 km², dan iklim di negara Thailand yakni tropik.

Keadaan Sosial  Negara Thailand

suku yang tersebar di Thailand yakni suku Thai (75%), Tionghoa (14%), suku Melayu (4%), Khmer (3%), lainnya (4%). sebagian besar penduduknya beragama Buddha. mereka tinggal di daerah utara dan daerah tengah Thailand. 

sementara agama Islam berkembang di daerah selatan. dan akhir-akhir ini sering terjadi pertikaian antara penduduk Islam di wilayah selatan dengan pegawanegeri pemerintah Thailand yang secara umum dikuasai Buddha. jumlah penduduk negara Thailand yakni sekitar 64, 763 juta. bahasa resmi yakni Thai, namun dipakai juga bahasa Cina dan bahasa Inggris.

Keadaan Ekonomi Negara Thailand

mata pencaharian penduduk Thailand sebagian besar yakni bertani (agraris). hasil pertanian yang utama yakni beras. Thailand merupakan lumbung beras di daerah Asia Tenggara. hasil tambang yang utama yakni timah dan mangaan. pariwisata merupakan sumber penghasilan devisa yang besar bagi Thailand.

Mata uang Thailand yakni Bath. hasil pertanian dari negara Thailand yakni beras, karet, jagung, gula, rami dan kelapa. hasil tambang negara Thailand berupa Antimonium, timah, besi dan mangaan. hasil industri negara Thailand yakni elektronik, berlian, pakaian dan tekstil.

ekspor utama negara Thailand yakni tekstil, komputer dan komponennya, integrated circuit, berlian dan pakaian. impor utama negara Thailand yakni mesin industri, baja, alat-alat listrik, sparepart kendaraan. pendapatan perkapita penduduk perkapita kurang lebih US $ 2750.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar