Skip to main content

Membuat Kegiatan Sederhana Dengan Aplikasi Processing Latihan 1

Salam kenal semua, artikel pertama saya ini mengenai menciptakan agenda dengan aplikasi processing akan membahas sedikit mengenai apa itu aplikasi processing,dan bagaimana cara menggunakannya, alasannya kedepannya tidak akan saya jelaskan lagi untuk memperhemat waktu saya dalam penulisan artikel. Langsung saja


Apa itu Processing

Processing merupakan bahasa pemograman dan juga lingkungan pemograman yang bersifat Open Source dalam pembuatan gambar, interaksi dan animasi biasanya Aplikasi Processing ini biasanya dipakai oleh para pelajar programer untuk mendesain, menciptakan suatu gambar, atau pun menciptakan sebuah prototype.

Dan processing juga dipakai untuk pembelajaran dasar pemograman dan bentuk rupa dan gambar yang berfungsi sebagai buku denah dalam bentu software dan juga tool produksi.

Untuk sanggup mendownload aplikasinya kalian sanggup pribadi mendapatkannya disitus resminya yaitu Processing selanjutnya bagaimana cara menggunakannya?

Cara memakai Processing

Jika kalian sedang mengambil matakuliah memakai aplikasi ini mngkin sudah mengetahui caranya tapi sebagian niscaya tidak tau jadi untuk sanggup menjalankan agenda processing silahkan kalian buka aplikasinya yang sudah kalian buka tadi maka akan tampil ibarat ini :


1. Button Play : mempunyai kegunaan untuk menjalankan sript yang kalian masukan pada aplikasi processing tersebut.
2. Button Stop : mempunyai kegunaan untuk menghentikan agenda yang sedang berjalan dari agenda yang kalian jalankan sebelumnya.
3. New : untuk menciptakan file baru.
4. Open : untuk membuka script usang yang pernah kalian buat atau download.
5. Export : untuk mengexport aplikasi ke platform os lainnya sepeti Linux, Windows dan lainnya.

Membuat Program Sederhana

Selanjutnya kita akan menciptakan script sederhana supaya sanggup dijalankan oleh aplikasi processing ini dan juga sebagai latihan pertama kalian diwebsite saya ini.

Silahkan ketikan code berikut pada agenda processing kalian:

void setup(){
 size(800,500);
 background(#A9F5F2);
 smooth();
 }

 void draw(){
 ellipse(mouseX, mouseY, 90, 90);
 if (mousePressed) {
 fill(#A9F5F2);
 }
 else {
 fill(#FF0000);
   }
 }

Jika sudah mengetik arahan diatas selanjutnya silahkan kalian jalankan programnya , Keterangan berdasarkan saya:

Void Setup () : merupakan sebuah perintah atau fungsi awal pada agenda yang mana didalamnya terdapat perintah awal dikala menjalankan programnya.

{ dan } : yaitu sebuah code yang berfungsi sebagai penampung code berdasarkan fungsi yang kalian buat sebelumnya dan menempatkan code diantara { dan }.

void draw() : hampir sama ibarat void setup tetapi ini yaitu sebuah fungsi sebagai perintah sesudah void setup dijalankan. dan fungsi ini sanggup dijalankan berdasarkan script apa yang kita tuliskan.

ellipse : yaitu arahan untuk menciptakan bulat dan banyak code lainnya lagi selain ellipse mungkin akan saya port dipertemuan berikutnya dan di ataran tanda kurung ( ) dibentuk sebuah variabel untuk menciptakan ukuran bulat yang kita buat.

fill : perintah untuk memberi warna.

if  dan else : yaitu perintak pengkondisian.


Program yang saya jalankan

Diatas yaitu gambar yang saya buat dari program yang kita jalankan tadi, jikalau kalian menekan mousenya maha bulat akan berwarna biru muda atau (#A9F5F2) dan jikalau tidak akan berwarna merah atau (#FF0000) 

Mungkin cukup sekian untuk kali ini hingga berjumpa lagi dipertemuan berikutnya. dan selamat beraktifitas.


Sumber https://www.teknoowl.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar