Skip to main content

Awas Diskon “Tipu-Tipu” Di Harbolnas! Berikut Tips Menghindarinya

Bagi yang gemar belanja online tentu tidak akan melewatkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang akan jatuh pada tanggal 12 Desember 2018. Dengan tajuk 12.12 para e-commerce semakin gencar memperlihatkan banyak produk dengan diskon “gede-gedean” dan bonus yang sangat menggiurkan. Namun, Anda harus tetap berhati-hati bila tidak ingin kena tipu.

Diskon di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)  memang sangat menggoda, alasannya ialah para e-commerce berani perang diskon. Tetapi kita sebagai konsumen harus selalu waspada dan lebih teliti untuk membeli produk pada Harbolnas nanti.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya tindak penipuan yang sangat bertebaran pada ketika Harbolnas diadakan. Berikut tips semoga kita terhindar dari modus penipuan online:

1. Cari Situs Belanja Online yang Aman dan Terpercaya

Cara pertama yang harus Kita dilakukan ialah mencari situs yang kondusif dan terpercaya.  Kita sanggup melihat situs daerah dimana Kita pernah berbelanja atau rekomendasi dari saudara atau teman.

Kita sanggup juga melaksanakan riset sederhana mengenai website tertentu dengan mencari komentar warga dunia maya mengenai website itu atau melihat lagi mengenai reputasi website tersebut di media massa.

2. Kenali Reputasi Penjual

Reputasi penjual sanggup menjadi patokan Kita untuk membeli barang disana alasannya ialah semakin tinggi reputasinya maka penjual tersebut sanggup dipercaya.

Kita juga sanggup melihat testimoni dari para pembeli. Para pembeli biasanya akan mengatakan evaluasi terhadap kondisi barang dan durasi pengiriman yang sanggup Kita pakai sebagai materi pertimbangan untuk membeli produk disana.

3. Hindari Diskon yang Tak Masuk Akal

Seorang penjual logikanya tidak akan menciptakan diskon yang sangat besar alasannya ialah akan menyebabkan  kerugian. Maka Kita pantas curiga kalau ada diskon yang besar pada sebuah produk.

Kita juga sanggup membandingkan harga produk dengan harga di website e-commerce lainnya. Kita juga sanggup membandingkan perebedaan harga diskon dengan harga normal di website lainnya.

4. Kenali Modus Phishing

Phishing ialah suatu tindakan untuk memperoleh isu langsung ibarat user id, password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email.

Praktek phishing sanggup saja terjadi pada acara belanja online. Oleh alasannya ialah itu Kita harus tetap waspada dalam berbelanja online.

5. Simpan Bukti Pembayaran

Metode pembayaran yang dipakai dalam jual beli online sanggup melalui kartu kredit, transfer kirim baik melalui ATM atau teller bank.

Kita harus menyimpan menyimpan bukti transfer yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk melaksanakan klaim kalau barang yang Kita pesan belum hingga atau tidak sesuai dengan pesanan. (Sumber: Telset.id).



Sumber https://tekno.kewalix.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar