Skip to main content

Definisi Komputer Secara Harfiah

 Secara bahasa komputer berasal dari bahasa Inggris yaitu Computer yang kemudian diserap m Definisi Komputer Secara Harfiah


Komputer itu gotong royong apa sih ??

Secara bahasa komputer berasal dari bahasa Inggris yaitu Computer yang kemudian diserap menjadi Komputer dalam bahasa Indonesia.

Sekarang mari kita analisis kata dari "Computer". Dasar dari kata tersebut yaitu Compute yang artinya menghitung, jadi secara sederhana sanggup dikatakan arti dari Computer yaitu penghitung (sama halnya menyerupai killer yang berasal dari kill).

Analisa Definisi

Sebenarnya kata komputer berasal dari bahasa Yunani "Computare" yang artinya memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama, dalam bahasa Inggris "To Compute" yang artinya menghitung.
Mari kita analisis beberapa definisi dari komputer berikut.

  1. Komputer ialah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan mekanisme yang telah dirumuskan.(Wikipedia)
  2. Komputer ialah merupakan suatu system elektronik yang sanggup memanipulasi data dengan cepat dan sempurna serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis mendapatkan dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam sebuah memory. (Donald H. Saders ).
  3. Komputer ialah sebuah alat hitung yang sanggup memproses data semoga sanggup disajikan dalam bentuk data digital dan data analog. (Elias M. Awad)
  4. Komputer ialah merupakan tipe khusus alat penghitung yang memiliki sifat tertentu yang pasti. (Gordon B. Davis)
  5. Komputer ialah alat hitung elektronik yang sanggup menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah aktivitas berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya. (Larry Long dan Nancy Long).
  6. Komputer ialah merupakan suatu pemroses data (data processor) yang sanggup melaksanakan perhitungan yang besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi kecerdikan tanpa campur tangan dari insan selama pemrosesan. (William M Fuori).

Dari definisi-definisi diatas sanggup kita simpulkan bahwa dasar dari definisi komputer yaitu sanggup melaksanakan pemrosesan data. Setidaknya ada 3 syarat yang sanggup dipenuhi oleh komputer yaitu :

  1. Dapat mendapatkan input (masukan)
  2. Dapat melaksanakan sanksi / proses terhadap inputan tersebut (proses Compute atau Komputasi).
  3. Menghasilkan output dari sanksi yang telah dilakukan.

Kalkulator, Sebuah Komputer ?


 Secara bahasa komputer berasal dari bahasa Inggris yaitu Computer yang kemudian diserap m Definisi Komputer Secara Harfiah
Kalo arti dari komputer ialah menghitung, apakah kalkulator juga dikatakan sebagai komputer ?

Ya, secara harfiah sanggup dikatakan bahwa kalkulator  adalah komputer. Kenapa ? alasannya ialah kalkulator memenuhi ke 3 syarat tersebut.

  • Kalkulator sanggup mendapatkan inputan dari user yang berupa bilangan yang harus diselesaikan
  • Kalkulator sanggup melaksanakan prsoes komputasi atas inputan yang diberikan.
  • Kalkulator sanggup menghasilkan output / keluaran yang meruapakan hasil dari perhitungan yang dilakukan.

Contoh : user melaksanakan inputan 2 + 2 pada kalkulator yang kesannya menghasilkan angka 4.
Input    :  Inputan 2 + 2 yang dilakukan oleh user.
Proses  :  Kalkulator mendeteksi inputan dan mengeksekusinya memakai algoritma yang sudah  diterapkan pada system.
Output :  Angka 4 (hasil dari 2 + 2 ).

Apakah Handphone sanggup dikatakan sebagai komputer ?

Saya rasa andapun akan menjawab hal yang sama yaitu bahwa handphone ialah komputer. alasannya ialah sanggup mendapatkan input, melaksanakan proses dan menghasilkan output.

Kesimpulan

Jadi, jangan selalu beranggapan bahwa komputer itu terpaku pada PC (Personal Computer), Laptop, Notebok dan sabagainya. Tapi harus kita lihat apakah benda tersebut memenuhi ketiga syarat tadi ? Jika Ya, maka secara fungsi benda tersebut sanggup dikatakan sebagai komputer.





Sekian dulu postingan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Silahkan Di Share !!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar