Skip to main content

Manfaat Tumbuhan Nanas Kerang

Manfaat tumbuhan nanas kerang - Nanas yakni salah satu buah yg menjadi cita-cita dan tidak sedikit digemari di Indonesia. Namun ada juga nanas yg begitu terkenal sebagai tumbuhan hias.

 Nanas yakni salah satu buah yg menjadi cita-cita dan tidak sedikit digemari di Indonesia Manfaat tumbuhan nanas kerang


Tanaman hias ini dikenal dengan sebutan nanas kerang. Meskipun tergolong tumbuhan hias, tumbuhan yg satu ini yakni tipe herbal yg bersumber dari Brazil, Guatemala, dan Meksiko. Rupanya tidak sedikit fungsi tumbuhan nanas kerang ini.

Baca juga : Cara menanam bunga euphorbia yang manis berduri

Sebelum kita membahas perihal fungsi tumbuhan nanas kerang ini, ada baiknya kita kenali dulu penampakan tumbuhan hias yg dimaksud ini. Tanaman hias ini yakni tipe tumbuhan hias yg akan tumbuh subur dengan kondisi tanah lembab.

Untuk ukurannya sendiri dapat mencapai tinggi maksimal 60cm dengan ciri-ciri batang yg kasar, lurus dan tidak bercabang, pendek. Sedangkan bentuk daunnya panjang dan agak lebar, dengan warna permukaannya hijau dan tahap bawahnya berwarna merah keunguan.

Tanaman nanas kerang ini memiliki bunga beragam yg biasanya tumbuh pada ketiak daun bentuk bunga semacam mangkuk dan terbungkus kelopak semacam kerang.

Mahkota bunga tumbuhan nanas kerang ini memiliki bentuk segitiga yg terdiri atas tiga lembaran warna putih. Banyak yang beropini bawah tumbuhan nanas kerang memiliki khasiat ampuh untuk mengobati penyakit. Manfaat tumbuhan nanas kerang ini tersedia pada daunnya.

Baca juga : Anatomi tumbuhan durian mulai dari akar hingga daun

Beberapa Manfaat Nanas Kerang Bagi Manusia

Sebab pada daun nanas kerang tersedia zat tannin dan saponin. Tanaman ini dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit berikut ini.


  1. Manfaat tumbuhan nanas kerang yg pertama yakni untuk menanggulangi bronchitis, batuk berdahak, batuk rejan, flu dan disentri. Cara membikin ramuannya yakni dengan menyiapkan 30 kuntum bunga nanas kerang lalu basuh higienis dan rebus. Kalian dapat meminum air rebusan bunga nanas tersebut dengan cara rutin.
  2. Namun fungsi tumbuhan nanas kerang tidak hanya pada bunganya, Kalian dapat manfaatkan daunnya juga. Ambil daun nanas kerang seberat 115gram lalu basuh higienis dan rebus dengan segelas air selagi 15 menit.
  3. Kalian dapat meminum saringan air rebusan daun nanas kerang tersebut sebanyak dua kali dengan jarak minum dua jam dengan dosis air rebusan sama banyak.
  4. Untuk menanggulangi sakit TBC dan mimisan, Kalian dapat memanfaatkan daun nanas kerang sebanyak 30gram yg direbus dan diminum air rebusannya.
  5. Manfaat tumbuhan nanas kerang berikutnya untuk menanggulangi bronchitis dan muntah darah. Cara membikin ramuannya yakni dengan menyiapkan daun nanas kerang sebanyak 10 lembar dan 30 kuntum bunga nanas kerang lalu ditambah gula merah dan tim ketiga materi tersebut.
  6. Untuk menanggulangi berak darah, Kalian dapat manfaatkan 15 lembar daun nanas kerang alias 50 kuntum bunga nanas kerang. Kemudian tambahkan gula enau dan rebus semua materi tersebut. Kalian dapat meminum air rebusan tersebut hingga dua gelas sehari.
  7. Manfaat tumbuhan nanas kerang berikutnya yakni untuk mengobati luka dan terkilir. Kalian dapat gunakan 30 gram daun nanas kerang dan haluskan. Daun yg sudah dihaluskan tersebut balurkan pada luka alias tahap badan yg terkilir.


Dari beberapa fungsi tumbuhan nanas kerang yg sudah diuraikan di atas, butuh juga Kalian berkonsultasi terlebih dahulu dengan para herbalis dan dokter sebelum konsumsi tipe tumbuhan hias tersebut.
Sumber https://tanamanlotim.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar