Skip to main content

Hindari Kebiasaan Ini Semoga Laptop Tidak Cepat Rusak.

Penyebab Laptop Cepat Rusak - Laptop atau juga biasa dibilang dengan komputer jinjing oleh sebagian orang merupakan teknologi yang sanggup dikatakan hampir sepenuhnya membantu kebutuhan setiap orang dalam mendapat informasi, mengelolah data dan bahkan untuk berkomunikasi. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi yang begitu pesat sehingga penggunaan laptop lebih sering dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Teknologi satu ini awalnya dibentuk oleh Alan Kay yang merupakan salahsatu ilmuan amerika dan dari inovasi Alan Kay tersebut sangat disambut baik oleh seorang publisher perangkat lunak diamerika yaitu Adam Osborne yang juga merupakan seorang yang bekerja dipenerbitan buka di Amerika

Dahulu laptop bentuknya tidak sekecil dan seringan menyerupai jaman kini alasannya ialah seiring berkembangnya teknologi semakin banyak orang-orang yang menyebarkan teknologi laptop ini sampai dalam penggunaannya lebih gampang dipakai dan sanggup dibawa kemana saja.

Dengan bentuk laptop yang sanggup dikatakan cukup kecil dan cukup ringan, laptop kini sanggup dimasukan kedalam ransel atau tas. sehingga menciptakan orang yang ingin membawanya kemana-mana lebih mudah, namun tahukah kalian teknologi satu ini juga sanggup rusak seketika alasannya ialah kebiasaan yang tanpa sadar kita lakukan terhadap laptop tersebut.

Laptop Cepat Rusak Karena Kebiasaan Ini


1. Menghimpit Laptop Kedinding

Yang permana saya yakin diantara kalian niscaya pernah melakukannya, maksud saya yaitu tas yang berisikan laptop kemudian kalian himpitkan kedinding alasannya ialah kalian ingin bersandar ketika duduk,baik itu ketika sekolah, kuliah, kerja, atau dimana pun ketika kalian membawa laptop ditas kalian. Jujur saya juga pernah melakukannya ketika diperkuliahan, saya sering menghimpitkan tas yang berikan laptop saya himpitkan didinding ketika sedang duduk, ada baiknya kalian hindari kebiasaan ini, alasannya ialah dengan tekanan yang cukup besar lengan berkuasa sanggup saja laptop yang berada pada tas kita akan cepat rusak, dan saya sarankan ketika ingin duduk dengan bersandar kedinding segeralah melepas tas yang berikan laptop dan letakkanlah dipangkuan kalian.

2. Lari-lari dengan Laptop

Lari-lari dengan laptop juga sangat membahayai laptop, itu dikarenakan goncangan yang dilakukan terus menerus pada teknologi satu ini akan menciptakan hardwarenya cepat rusak, menyerupai gesekan jawaban bergesekan dengan benda lain yang ada ditas atau lebih parah lagi. 

Pengalaman pribadi saya pernah membawa laptop ditas alasannya ialah terkena goncangan yang terus menerus, serpihan tutup untuk CD-ROOM saya patah, jadi sebaiknya jangan pernah berlari atau apapun itu yang menciptakan guncangan pada laptop kalian.

3. Pisahkan Penyimpanan Laptop Pada Tas.

Masih pada tas, supaya laptop kalian tidak cepat rusak pastikan kalian ketika menaruh laptop kedalam tas pisahkanlah laptop dengan benda-benda lainnya yang sanggup menciptakan laptop sanggup saja tergores ketika kalian berjalan atau ketika berlari dan memberi guncangan pada tas kalian menyerupai yang sudah saya jelaskan pada nomor dua tadi.

4. Meletakan Benda Berat Diatas Laptop

Selanjutnya jangan pernah kalian meletakan benda yang berat diatas laptop kalian, hal ini sering terjadi ketika kalian menyimpan laptop dilemari, atau meletakan tas yang berikan laptop kemudian ditumpuk dengan benda berat lainnya. Hal ini berbahaya juga sama halnya menyerupai menghimpit tas kedinding tadi, biasanya pada serpihan LCD itu akan cepat rusak jikalau meletakan laptop dibawah benda berat.

5. Jangan Menggunakan Laptop Ditempat Panas.

Jangan pernah memakai laptop ketika berada diluar rumah atau berada didekat jendela yang secara eksklusif laptop kalian terkena matahari, hal ini sangat berakibat fatal, alasannya ialah ketika memakai laptop, laptop akan mengeluarkan suhu panas pada mesinnya dan jikalau kalian juga memakai laptop dibawah trik matahari tentu laptop tidak akan cepat hirau taacuh dan akan semakin cepat panas juga akan mempercepat kerusakan pada LCD laptop.

Namun bukan berarti pada ruangan lebih manis dipakai dari pada diluar ruangan, jikalau ruangannya panas itu sama saja tidak akan membantu laptop untuk menstabilkan suhunya supaya tetap dingin, pastikanlah lingkungan daerah anda memakai laptop berada ditempat yang sejuk.

6. Jangan Menggunakan Laptop Ditempat Empuk.

Mengunakan laptop ditempat empuk juga berakibat fatal, jangan salah mengira bahwa memakai ganjal yang empuk menyerupai bantal, selimut atau benda empuk lainnya akan memperlama umur laptop, hal ini salah total, alasannya ialah ganjal yang empuk akan menyumbat daerah pentilasi pada laptop untuk mengeluarkan suhu panasnya sehingga suhu panas yang seharusnya dikeluarkan malah menjadi tertahan didalam laptop, lebih buruknya hal ini sanggup menjadikan kebakaran alasannya ialah panas berlebihan pada laptop alasannya ialah penumpukan panas pada laptop.

7. Menggoyang Flashdisk Saat Dicabut.

Selanjutnya ini juga merupakan pengalaman pribadi saya, menggoyang FD (flashdisk) ketika ingin mencabutnya dari port laptop atau lubang daerah memasukan FD atau kabel USB lainnya, saya harap kalian jangan pernah melaksanakan hal ini apa lagi laptop kalian masih baru, alasannya ialah ketika kalian mencabut FD atau benda sejenisnya yang berada diport laptop tersebut dengan cara digoyang-goyang hal ini akan menjadikan kelonggaran pada lubang port tersebut sehingga usang kelamaan jikalau sudah longgar ketika ingin memasukan FD lagi akan susah dibaca oleh laptop.

Maka dari itu alangkah baiknya jikalau ingin melepas FD lakukanlah dengan posisi FD lurus dan tarik dengan benar, jangan pernah digoyang atau menariknya dalam posisi FD bengkok.

8. Bersihkan Laptop Dari Debu

Memberihkan laptop bukan hanya dilakukan ketika waktunya libur ya teman-teman, lakukanlah pencucian laptop dan yang saya maksudkan disini bukan membersikan serpihan dalam laptop melainkan menunjukkan laptop pada serpihan yang gampang dibersihkan saja.

Kenapa kita harus selalu menjaga kebersihan pada laptop? hal ini sanggup berdampak jelek jikalau kita tidak merawat dan membersihkan laptop dari yang namanya debu atau sampah, jikalau ada kerikil kecil saja yang menyumbat pada serpihan keyboard tentu akan menciptakan keyboard bekerja kurang optimal dan ketika mengetik tombol yang terkena kerikil kecil tersebut akan menciptakan tombol itu menjadi sedikit keras untuk ditekan, dan jikalau anda terus memaksa untuk menekannya sanggup saja kerikil kecil tadi akan masuk lebih dalam kebagian laptop kalian, yang seharusnya hanya membersihkan serpihan luar kini kalian juga harus membersihkan serpihan dalam.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard Laptop Rusak

9. Jauhkan Magnet Dari Laptop.

Jauhkan magnet atau benda-benda yang mengandung magnet dengan laptop kalian apa lagi benda tersebut mengandung magnet 100%, hal ini sangat jelek bagi laptop kalian alasannya ialah ada komponen laptop yang gampang rusak terhadap magnet misalnya harddisk, harddisk ini mengandung data dari laptop kalian, jikalau magnet tadi mengenai harddisk maka harddisk kalian akan sanggup kehilangan data didalamnya.

Coba bayangkan data anda yang sebegitu pentingnya tiba-tiba hilang seketika alasannya ialah kesedikit kesalahan yang anda lakukan.

10. Jauhkan Benda Cair Dari Laptop

Benda-benda cair juga sanggup membahayakan laptop kalian, beberapa benda cair diantaranya Es krim, Minuman dingin, Es kerikil dan benda lainnya yang gampang mencair, hal ini alasannya ialah jikalau benda cair tersebut mengenai laptop maka laptop akan menyerap benda cari tersebut sampai mengenai komponen dalam laptop yang sanggup menjadikan serpihan dalam laptop yang bekerja akan cepat rusak, error atau pun tidak bekerja lagi.

11. Letakkan Laptop Dengan Cara Lembut.

Yang terakhir yang juga sering terjadi yaitu ketika ingin meletak laptop kita tidak terlalu memperhatikannya, misalnya ketika laptop kalian berada didalam tas dan kalian dalam keadaan gres pulang kerja atau kuliah tidak sedikit orang yang akan meletakan tasnya yang berisii\ laptop tadi dengan cara yang lembut tetapi eksklusif plookk kelantai atau kemeja, hal ini juga sangat membahayakan laptop kalian jikalau ingin memperpanjang umur laptop jangan pernah lakukan hal ini alasannya ialah hal ini sanggup saja akan merusak komponen luar atau pun komponen dalam laptop baik secara eksklusif atau secara perlahan.

Mungkin dari beberapa kebiasaan diatas ada yang pernah ngalami, dan kita hanya meratapi tindakan kita ketika laptop sudah terlanjur rusak, ingat bro kita bukan orang kalangan atas yang punya uang banyak untuk membeli laptop lagi, ingat juga orang renta bagi kalian yang dibelikan laptopnya oleh orang tua, maka dari itu jagalah laptop kalian.

Jika ada komplemen silahkan berkomentar dibawah jangan lupa kunjungi arikel kami lainnya juga ya teman-teman, selamat beraktivitas salam teknoowl.


Sumber https://www.teknoowl.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar