Skip to main content

13 Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia Beserta Lokasinya

Sekolah Kedinasan - Memilih sekolah memang gampang-gampang susah. Setiap orang mempunyai kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan. Biaya ringan dan bisa segera bekerja sehabis lulus yaitu salah satunya. Hal ini tentu sah-sah saja, asalkan tetap mempertimbangkan talenta dan minat yang dimiliki sehingga tidak akan merasa “salah jurusan” sehabis menjalaninya.

Nah , buat kau yang ingin melanjutkan kuliah di tempat studi dengan kriteria di atas, 13 sekolah kedinasan berikut bisa dipertimbangkan. Sekolah kedinasan mempunyai beberapa keunggulan, di antaranya:

  • seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara
  • memiliki kemudahan lengkap
  • lulusannya bisa pribadi bekerja di lingkungan forum tempat pendidikan kedinasan tersebut bernaung

Berikut ini akan diuraikan 13 sekolah kedinasan, baik pendidikan sipil maupun militer.

1. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)


 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
4.bp.blogspot.com
Dulu, perguruan tinggi ini dikenal dengan nama STAN saja, tetapi semenjak 23 Juli 2015, nama resminya bermetamorfosis PKN STAN dan berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI. Kampus PKN STAN terletak di Tangerang Selatan, Banten.

Untuk kau para lulusan SMA, Madrasah Aliyah, dan SMK, PKN STAN menunjukkan Program Studi Diploma I dan III dengan 6 pilihan jurusan. Sebelum tetapkan mendaftar, ada baiknya kau mengenal lebih dulu keenam jurusan tersebut supaya tidak salah pilih.

A. Jurusan Akuntansi

Selain mata kuliah ibarat yang dipelajari di jurusan akuntansi universitas lain, terdapat mata kuliah pelengkap yang berafiliasi dengan pemerintahan, ibarat Keuangan Publik, Akuntansi Pemerintahan, dan Hukum Keuangan Negara.

B. Jurusan Pajak

Berbeda dengan jurusan pajak di universitas lain yang mempelajari cara menciptakan laporan keuangan perpajakan, di STAN, kau akan mencar ilmu ihwal administrasi/tata perjuangan dari sisi pemungut pajak dan hubungannya dengan keuangan negara.Mata kuliah yang diajarkan di antaranya PPh, PPN, PPnBM, dan Akuntansi Dasar sampai Menengah.

C. Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Kamu yang mengambil jurusan ini harus siap ditempatkan di pelabuhan atau kawasan perbatasan. Itu sebabnya, perkuliahan di jurusan ini dilaksankan dengan sistem semi militer semoga siap menghadapi kasus-kasus penyelundupan secara langsung.

D. Jurusan Kebendaharaan Negara

Jurusan inimempelajari seluk beluk keuangan negara, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan penggunaannya.Kamu akan mencar ilmu mengenai sistem perencanaan anggaran, penyusunan APBN, prosedur pengajuan anggaran sampai menjadi APBN, implementasi APBN, serta pengelolaan kas, investasi dan utang.

E. Penilai Pajak Bumi dan Bangunan

Jurusan penilai termasuk langka dan di Indonesia, hanya STAN yang mempunyai jurusan ini. Di jurusan ini terdapat mata kuliah teknik, ibarat Ilmu Ukur Tanah, Teknologi Bangunan, dan Teknik Perencanaan Kota. Tak salah jikalau jurusan ini dijuluki “tekniknya STAN”.

F. Manajemen Aset

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini tidak jauh-jauh dari problem aturan menyangkut piutang lelang negara serta evaluasi aset dan properti. Lulusannya bisa menjadi juru lelang atau juru sita dan ditempatkan di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Situs resmi : www.pknstan.ac.id


2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
twitter.com
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) didirikan tahun 1990 dan berada di bawah Kementerian Dalam Negeri. Kampus Utama IPDN terletak di Jl. Ir. Soekarno KM 20, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Selain itu, ada 8 Kampus Daerah yang terletak di Jakarta, Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, NTB, dan Papua.

Kampus Utama IPDB dilengkapi kemudahan berupa ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium, forum penelitian, juga ruang untuk acara mahasiswa, seminar, olahraga, komputer, dan serbaguna. Selain itu, juga terdapat Wisma Praja (asrama mahasiswa), klinik, tempat ibadah, kemudahan perbankan dan koperasi, serta perumahan pejabat dan dosen.

Seleksi masuk IPDN dilaksanakan setiap final tahun, bersamaan dengan penerimaan CPNS umum. Ada 2 fakultas dengan 7 jadwal studi yang bisa dipilih, yaitu Fakultas Politik Pemerintahan dan Fakultas Manajemen Pemerintahan.

Fakultas Politik Pemerintahan terdiri dari Program Studi Kebijakan Pemerintah dan Politik Pemerintahan. Fakultas Manajemen Pemerintahan mempunyai Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pembangunan, Manajemen Pemerintahan, dan Kebijakan Pemerintahan.


3. Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
salam-online.com
Politeknik StatistikaSTIS berada di bawah Badan Pusat Statistik dan gres diresmikan pada bulan Maret 2018. Namun, sekolah kedinasan ini mempunyai sejarah cukup panjang, diawali dengan berdirinya Akademi Ilmu Statistik pada tahun 1958 yang menjadi cikal bakal STIS.

Pada tahun 1997, pemerintah mengizinkan BPS untuk membuka jadwal pendidikan diploma IV dansecara resmi dibuka pada tahun 1998 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Statistika.Selanjutnya, pada tahun 2018, STIS berubah bentuk menjadi Politeknik Statistika STIS.

Sekolah ini cocok sekali untuk mereka yang menyukai dunia penelitian, terutama di bidang sosial dan ekonomi. Para lulusan Politeknik Statistika STIS dibutuhkan bisa menjadi tenaga yang bisa merencanakan dan melaksanakan penelitian, melaksanakan analisis di bidang sosial-ekonomi, serta merencanakan dan berbagi sistem informasi.

Kampus Politeknik Statistika STIS terletak Jl. Otto Iskandardinata No. 64C, Jatinegara, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Di sini, ada tiga pilihan jadwal studi yang sanggup dipilih, yaitu Program Studi D III Statistika, D IV Statistika, dan D IV Komputasi Statistik.

Situs resmi : stis.ac.id


4. Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
www.stipan.ac.id
Berbeda dari sekolah kedinasan yang biasanya merupakan milik pemerintah, Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN) yaitu perguruan tinggi swasta. Sekolah ini didirikan oleh Yayasan Pendidikan Abdi Negara Nusantara (YPANN) dan berkampus di Jl. Kebagusan III No. 45A, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Meskipun swasta, lulusan STIPAN juga bisa pribadi bekerja sebagai PNS di forum terkait yang bekerja sama dengan sekolah ini. Mereka disebar ke seluruh tanah air untuk menduduki jabatan struktural maupun fungsional di banyak sekali instansi.

Ada dua jadwal studi yang diselenggarakan STIPAN, yaitu Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Program Studi Ilmu Politik. Untuk menunjang proses studi, kampus STIPAN dilengkapi kemudahan ibarat laboratorium ilmu pemerintahan, laboratorium computer, dan asrama.

Situs resmi : www.stipan.ac.id


5. Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
mamikos.com
Kementerian Hukum dan HAM mempunyai dua sekolah kedinasan untuk para lulusan Sekolah Menengan Atas yang tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan hukum. Bukan hanya lulusan SMA, para pegawai di lingkungan Kemenkumham yang sudah diangkat menjadi PNS pun bisa mendaftar ke sini.

Baik Poltekim maupun Poltekip mempunyai kampus di Jl. Raya Gandul No. 4, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. Di Poltekim terdapat 3 jadwal studi, yaitu Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, dan Manajemen Teknologi Keimigrasian. Sedangkan Poltekip mempunyai Program Studi Manajemen Pemasyarakatan, Teknik Pemasyarakatan, atau Bimbingan Kemasyarakatan.


6. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
andyariya.blogspot.com
Sekolah kedinasan yang satu ini memang belum terlalu terkenal dibandingkan forum pendidikan sejenis. Padahal, kampus yang kini berada di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini sudah ada semenjak tahun 1955. Saat itu, STMKG masih berjulukan Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) dan lokasinya berada di dalam kampus ITB.

Dalam perkembangannya, sempat berganti nama dan status, bahkan pernah berada di bawah Diklat Departemen Perhubungan. Pada tahun 2014, status sekolah ini resmi berubah dari sekolah tinggi menjadi sekolah tinggi di bawah BMKG dan berkampus di Jl. Perhubungan I No. 5 Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten.

Sekolah ini menyediakan jadwal D4 dengan konsentrasi studi yang berbeda, yaitu di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi. Setelah menjalani masa studi selama 4 tahun tanpa dipungut biaya, lulusan STMKG akan ditempatkan di unit-unit kerja BMKG yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.


7. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
beritapns.com
Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan satu-satunya forum yang menyelenggarakan pendidikan tinggi persandian. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia dan mempunyai kampus di Jl. Raya Haji Usa, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Secara resmi, Sekolah Tinggi Sandi Negara didirikan pada tahun 2003, meskipun cikal bakal sekolah ini sudah ada semenjak 1947. Hanya ada dua jadwal studi di sekolah ini, yaitu Manajemen Persandian dan Teknik Persandian.

Sebagai sebuah kampus pendidikan tinggi, sudah tentu STSN juga mempunyai kemudahan penunjang, salah satunya yang sangat penting yaitu laboratorium. Ada 4 laboratorium yang ada di kampus STSN, yaitu laboratorium komputer, elektro, bahasa, dan sandi.


8. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
ptksd.com
Hobi menonton film atau membaca buku-buku bertema intelijen? Atau ingin menjadi kepetangan ibarat tokoh dalam cerita-cerita itu? Jika iya, Sekolah Tinggi Intelijen Negara yaitu tempat yang sempurna untuk melanjutkan studimu.

Sekolah ini merupakan sekolah kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara. Didirikan semenjak 2003, sekolah kedinasan ini pada awalnya berjulukan Institut Intelijen Negara (IIN). Nama IIN kemudian bermetamorfosis STIN pada tahun 2004.

Berkampus diSentul Selatan, Bogor, Jawa Barat, STIN menjadi pusat pendidikan terbaik untuk menghasilkan SDM intelijen, baik untuk BIN maupun instansi lainnya. Selain itu, kampus ini juga menjadi pusat pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi intelijen.

Situs resmi : www.stin.ac.id


9. Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional (STPN)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
stpn.ac.id
Kalau dilihat dari sejarahnya, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) termasuk salah satu sekolah kedinasan di Yogyakarta yang tertua di Indonesia. Sejak didirikan tahun 1963 dengan nama Akademi Agraria, sampai kini, STPN telah menelurkan ribuan alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada tahun 1987, Akademi Agraria berubah nama menjadi Akademi Pertanahan Nasional. Untuk menjawab kebutuhan terkait dengan pertanahan, jangkauan pendidikan sekolah tinggi ini pun diperluas. Selain namanya bermetamorfosis STPN, jadwal studinya pun berubah dari D-III menjadi D-IV atau setara S-1.

Pada awalnya, STPN hanya mendapatkan PNS murni yang sudah mengabdi di kawasan masing-masing. Akan tetapi, semenjak 1996, para lulusan Sekolah Menengan Atas pun bisa mendaftar ke STPN dengan mengambil Program Pendidikan D-I Pengukuran dan Pemetaan Kadasteral.

Untuk jadwal D-IV, terdapat 2 jurusan di STPN, yaitu Jurusan Manajemen Pertanahan dan Jurusan Perpetaan. Kampus yang berlokasi di Jl. Tata Bumi No. 5, Sleman, Yogyakarta ini dilengkapi kemudahan asrama, perpustakaan, laboratorium, infografis kronik agraria, pusat komputer, juga pusat pembinaan bahasa, dan pusat penjaminan mutu internal.

Situs resmi : http://stpn.ac.id


10. Akademi Militer (Akmil)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
agusharimurtiyudhoyono.blogspot.com
Akademi Militer didirikan pada 31 Oktober 1945 dengan nama Militaire Academie (MA) Yogyakarta. Pada periode selanjutnya, berdirilah beberapa sekolah perwira Tentara Nasional Indonesia AD sehingga pada tahun 1957 diresmikan Akademi Militer Nasional yang berkedudukan di Magelang untuk mengintegrasikan sekolah-sekolah tersebut.

Setelah sempat bermetamorfosis AKABRI Bagian Darat sesuai dengan dinamika militer Indonesia ketika itu, pada tahun 1984, nama Akmil pun resmi dipakai sampai sekarang. Bersama AAL dan AAU, Akmil merupakan kepingan dari Akademi TNI. Lembaga pendidikan ini menyelenggarakan pendidikan khusus Taruna Angkatan Darat Tingkat II, III, dan IV.

Kampus Akmil terletak di Jl. Gatot Subroto, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, yang merupakan dataran tinggi beriklim sejuk dan dikelilingi gunung-gunung. Kampus seluas lebih dari 650 Ha ini terdiri dari Komplek Panca Arga, Ksatrian Akmil, beberapa mess, dan kolam renang. Selain itu, Akmil juga mempunyai daerah-daerah latihan khsusus.

Selain seni manajemen bertempur, seorang prajurit juga harus bisa menguasai hal-hal teknis dan manajemen. Oleh lantaran itu, Akmil membuka 5 jadwal studi, yaitu Teknik Sipil Pertahanan, Teknik Elektro Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, Administrasi Pertahanan dan Manajemen Pertahanan.

Situs resmi : www.akmil.ac.id


11. Akademi Angkatan Udara (AAU)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
beritalima.com
Akademi Angkatan Udara merupakan forum penyelenggara pendidikan militer sukarela setingkat sekolah tinggi untuk menghasilkan perwira karier Tentara Nasional Indonesia AU berpangkat letnan dua. Saat didirikan tahun 1945, AAU berjulukan Sekolah Penerbang.

Sekolah ini didirikan oleh Agustinus Adisutjipto di Pangkalan Udara Maguwo (sekarang Lanud Adisutjipto) Yogyakarta. Pada tahun 1966, AAU berubah nama menjadi AKABRI Bagian Udara. Namun, di tahun 1984, namanya kembali menjadi Akademi Angkatan Udara yang termasuk di dalam organisasi Tentara Nasional Indonesia AU dan dipimpin seorang gubernur.

Untuk mencetak perwira Tentara Nasional Indonesia AU yang tangguh dan profesional, AAU membuka 3 jadwal studi, yaitu Teknik Aeronautika Pertahanan, Teknik Elektronika Pertanahan, dan Teknik Manajemen Industri. Lama pendidikannya yaitu 4 tahun, yaitu 1 tahun pendidikan integratif di Magelang dan 3 tahun di kampus AAU, Jl. Laksda Adi Sucipto KM 10, Yogyakarta.

Situs resmi : aau.ac.id


12. Akademi Angkatan Laut (AAL)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
radarindonesia.com
Sejarah Akademi Angkatan Laut dimulai dari didirikannya Institut Angkatan Laut (IAL) pada tahun 1951 oleh Angkatan Laut Republik Indonesi (ALRI). Selanjutnya, terjadi beberapa kali perubahan nama, yaitu AAL, AKABRI Bagian Laut, dan kesannya di tahun 1984 kembali menjadi AAL.

Saat ini, terdapat 5 jadwal studi di AAL yang ditempuh dalam 4 tahun, yaitu: Manajemen Pertahanan (Manhan) Matra Laut, Manhan Matra Laut Aspek Darat, Teknik Mesin Kapal Laut, Teknik Elektronika Kapal Laut, dan Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut.

Pendidikan di AAL diselenggarakan di kampus yang terletak di Jl. Moro Krembangan, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur. Sekolah kedinasan di surabaya ini mempunyai kemudahan lengkap, mulai dari pemusatan sarana praktik, perpustakaan, internet, museum, sarana olahraga, ibadah, dan kesehatan, lapangan tembak, transportasi, dermaga halang, sampai salon rambut kadet.

Situs resmi : www.aal.ac.id


13. Akademi Kepolisian (Akpol)

 Setiap orang mempunyai     kriteria yang berbeda dalam memilih sekolah pilihan 13 Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Lokasinya
jowonews.com
Sejak didirikan 1 Oktober 1965, Akademi Kepolisian mengalami beberapa kali perubahan nama, mulai dari Sekolah Polisi Negara RI, Sekolah Angkatan Kepolisian, Akademi Angakatan Kepolisian, AKABRI Kepolisian, sampai Akademi Kepolisian.Tempat pendidikannya pun berpindah-pindah dari Sukabumi, Yogyakarta, Jakarta, dan kini di Semarang, Jawa Tengah.

Masa pendidikan di Akpol yaitu 4 tahun dan sehabis lulus akan menerima pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Ada dua tahap seleksi yang harus dilalui, yaitu seleksi tingkat Panda dan Panpus dengan sistem gugur. Kamu akan menjalani seleksi manajemen dan banyak sekali tes, ibarat tes kesehatan, psikologi, jasmani, antropometri, dan akademik.

Situs resmi : akpol.ac.id


Itulah uraian ihwal 13 sekolah kedinasan yang bisa menjadi alternatif untuk melanjutkan pendidikan setamat SMA. Persiapkan diri dengan baik untuk memenangkan persaingan dan ingat, jalani dengan serius, manfaatkan dengan maksimal, dan berikan yang terbaik semoga setimpal dengan kemudahan yang diberikan oleh negara.


Sumber https://www.kopi-ireng.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar