Skip to main content

Makna Penting Dari Teknologi Informasi

Apa yang dimaksud dengan IT ??

IT (Information Technology) atau dalam bahasa indonesia biasa dipanggil dengan TI (Terknologi Informasi) ialah istilah untuk mendeskripsikan teknologi-teknologi yang memungkinkan insan untuk :

  • Mencatat (Record)
  • Menyimpan (Store)
  • Mengolah (Process)
  • Mengambil Kembali (Retrive)
  • Mengirim (Transmit)
  • Menerima (Receive).
 atau dalam bahasa indonesia biasa dipanggil dengan TI  Makna Penting Dari Teknologi Informasi

Definisi Umum

Berikut ini merupakan beberapa definisi lain dari IT.
  1. Teknologi info ialah hardware dan software, dan sanggup termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. [Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2]
  2. Teknologi info ialah seperangkat alat yang membantu insan bekerja dengan info dan melaksanakan tugas-tugas yang bekerjasama dengan pemrosesan informasi. [Haag dan Keen (1996)]
  3. Teknologi info tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan dipakai untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga meliputi teknologi komunikasi untuk mengirim informasi. [ Menurut Martin (1999)]
  4. Teknologi info ialah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. [Williams dan Sawyer (2003) ]
Agar lebih jelas, mari kita fahami masing-masing kata dari IT.


Pertama, definisi dari Teknologi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,  Teknologi ialah Metode ilmiah untuk mencapai tujuan simpel ilmu pengetahuan terapan. Merupakan keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diharapkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Ada juga yang menyampaikan bahwa teknologi ialah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengapalikasian pengetahuan Saintsifik ke praktis.

Pada jaman sekarang, komputer dikatakan sebagai penggalan dari teknologi sebab sanggup menyelesiakan pekerjaan insan dalam waktu yang cukup singkat, misalnya menciptakan dokumen di Microsoft Word akan lebih cepat kalau dibandingkan dengan menciptakan dokumen melalui goresan pena tangan.

Jadi, sanggup diakatakan bahwa teknologi ialah semua hal yang sanggup mempermudah pekerjaan manusia, namun dalam konteks masa kini teknologi lebih cenderung ke hal-hal yang bersifat komputasi .

Kedua, definisi dari Informasi

Secara sederhana sanggup dikatakan bahwa info merupakan data yang telah diolah sehingga menjadi sesuatu yang lebih mempunyai kegunaan bagi orang yang membacanya.

Contohnya terdapat data sebagai berikut.

"Gugun, Bandung"

Data-data tersebut tidak mempunyai kegunaan bagi yang membacanya sebab tidak tau apa maksud dari data tersebut. Namun kalau diolah menjadi sebagai berikut ini. maka lain lagi maknanya.

Nama    : Gugun
Asal      : Bandung

maka data tersebut menjadi sesuatu yang lebih mempunyai kegunaan bagi orang yang membacanya.

Gimana ?? Sudah sanggup menyimpulkan apakah definisi dari TI ?

Jadi, sanggup disimpulkan bahwa TI ialah sesuatu alat yang diproses secara komputasi yang berfungsi untuk mengolah data menjadi info yang bermanfaat.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar