Skip to main content

Pengertian Energi Kinetik, Rumus Dan Misalnya Lengkap

Pengertian energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda alasannya yaitu gerakannya. Energi ini sangat dipengaruhi oleh dua hal yaitu massa benda dan kecepatannya.

Kata kinetik tiba dari bahasa yunani, kinetikos, yang berarti “gerak”. Saat benda bergerak, benda mempunyai kecepatan. Dengan begitu, kita sanggup menyimpulkan jikalau energi kinetik yaitu energi yang dipunyai benda karena gerakan atau kecepatannya.

Dilansir dari wikipedia pemahaman Energi kintetis atau energi gerak yang biasa dimaksud dengan energi genetik ialah energi yang dipunyai oleh satu benda alasannya yaitu gerakannnya.

Energi kinetik suatu benda didefinisikan menjadi perjuangan yang diharapkan untuk menggerakkan suatu benda dengan massa tertentu dari kondisi membisu hingga mencapai kecepatan tertentu. Energi kinetis suatu benda sama juga dengan jumlahnya perjuangan yang dibutuhkan untuk menyatakan kecepatan serta rotasinya, diawali dari kondisi diam.

Secara Umum Energi kinetik ialah energi yang dimiliki oleh suatu benda alasannya yaitu benda itu bergerak, atau dalam kata lainnya benda itu mempunyai kecepatan.

Jika energi kinetik berbanding lurus dengan massa benda m serta berbanding lurus dengan kuadrat kecepatannya. Jika massa dijadikan 2x jadi energi kinetiknya menjadi 2x juga, serta Jika kecepatannya ditingkatkan menjadi 2x maka tingkatkan daya kinetiknya jadi 4x.

Contoh lainnya Jika anda melempar watu kecil mengarah depan, maka watu itu akan terlepas dari tangan anda dengan kecepatan tertentu. Batu yang anda lempar dengan kecepatan tertentu ini mempunyai energi, serta watu itu sanggup melaksanakan perjuangan dengan menabrak tujuan didepannya. Energi yang dipunyai oleh watu alasannya yaitu kecepatannya dimaksud energi kinetik.

Energi ini sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari insan sehingga jikalau kita mencari misalnya sangat banyak di sekitar kita.

Energi kinetik sebuah benda mempunyai definisi sebagai perjuangan yang diharapkan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan membisu hingga mencapai kecepatan tertentu.

adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda alasannya yaitu gerakannya Pengertian Energi Kinetik, Rumus dan Contohnya Lengkap

Energi kinetik benda sama dengan jumlah perjuangan yang diharapkan untuk menyatakan kecepatan dan rotasinya, dimulai dari keadaan diam.

Beberapa jenis Energi Kinetik 


Energi gerak atau energi kinetik dikateregorikan dalam dua jenis yaitu energi kinetik translasi serta energi kinetik rotasi.

Energi Kinetik Translasi 

Daya kinetik translasi yaitu satu energi yang terdapat atau dipunyai oleh satu benda yang tengah mengalami gerak garis lurus.

Energi Kinetik Rotasi 

Pemahaman energi kinetik rotasi yaitu satu energi yang terdapat dalam satu objek yang tengah berputar-putar.

Contoh energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari


a. Bola menggelinding di lantai rumah.
b. truk sedang melaju di jalan
c. Bola yang dilempar.
d. sepeda motor yang berjalan di jalan dan lain-lain

Rumus Energi Kinetik


EK = ½ m v2

Keterangan :
EK = Energi kinetik
m = massa (kg)
v = kelajuan (m/s)
Energi kinetik mempunyai satuan Joule


Energi kinetik pegas

    EK = 1/2 k(A² - y²)

Keterangan:

    Ek: Energi kinetik pegas (J)
    k : konstanta pegas (N/m²)
    x : perpanjangan pegas (m)

Energi kinetik relativistik

    Ek = m γ c² - mc²

Contoh Soal Energi Kinetik


Agar teman-teman lebih gampang memahami mengenai rumus energi kinetik, dibawah ini kami berikan referensi soal energi kinetik dan penyelesaiannya.

Contoh Soal 1
Ahmad Bustomi mengendarai sepeda dengan kecepatan 4 m/s. Jika massa sepeda Ahmad Bustomi yaitu 20 kg. Berapa energi kinetiknya?

Diketahui :
m = 20 kg dan v = 4 m/s

Ditanya EK …?

Jawab :
Ek = ½ x m x v2
Ek = ½ x 20 kg x (4 m/s)2
Ek = 10 kg x 16
Ek = 160 joule

Kaprikornus energi kinetiknya yaitu 160 Joule.

Contoh Soal 2
Pak Tono mengendarai Mobil dengan kecepatan 2 m/s. Massa kendaraan beroda empat pak Tono yaitu 1 ton. Berapakah energi kinetik kendaraan beroda empat pak Tono?

Diketahui :
m = 1 ton = 1000 kg dan v = 2 m/s

Jawab :
Ek = ½ x m x v2
Ek = ½ x 1000 kg x (2 m/s)2
Ek = 500 x 4
Ek = 2000 joule

Kaprikornus energi kinetik kendaraan beroda empat pak Tono yaitu 2000 joule.

Contoh Soal 3
Sebuah bola yang sedang menggelinding dilapangan memipunyai energi kinetik 500 joule. Jika diketahui massa bola tersebut yaitu 10 kg. Berapa kecepatan bola itu?

Diketahui :
Ek = 500 J dan m = 10 kg
Ek = ½ x m x v2

Ditanya v …?

Jawab :
v2 = 2Ek : m
v2 = (2 x 500 J) : 10 kg
v2 = 1000 : 10
v2 = 100
v = akar 100
v = 10 m/s

Kaprikornus kecepatan bola tersebut yaitu 10 m/s

Demikian goresan pena singkat wacana pengertian energi kinetik dan misalnya dalam kehidupan sehari-hari biar bermanfaat dan bila ada kekeliruan mohon koreksinya.[]

Sumber https://www.kopi-ireng.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar