Skip to main content

Dampak Menulis Artikel Copas

Pernahkan anda mendapati blog yang mempunyai konten yang mirip, hampir sama, atau bahkan sama persis dengan isi konten diblog lainnya ? ataukah anda pernah mendapati blog yang mempunyai konten yang sama persis dengan blog yang dimiliki. Saat ini fenomena copas artikel tengah menjadi permasalahan yang cukup serius dikalangan blogger. Beberapa ada yang merasa terusik oleh tindakan badung dari blogger yang tak bertanggungjawab. Memangnya apa alasan mereka sehingga nekat mencuri konten dari blog lainnya ? bukannya kita sudah diajarkan bahwa mencontek itu tidak baik.

Fenomena copas artikel memang hingga ketika ini masih saja sulit untuk dihilangkan. Membuat artikel dengan cara copas bukanlah hal yang baik dilakukan, bahkan bahwasanya dengan tegas pihak google dan mesin penelusur lainnya tidak menyukai blog dengan konten hasil copas. Namun fenomena copas memang cukup sulit dihilangkan, faktanya banyak orang yang ingin menjadi blogger namun sayangnya tidak mempunyai kemamouan untuk menulis artikel, sebab frustasi pun menentukan solusi dengan menyalin artikel dari blog lain.

Pertanyaannya yaitu mengapa banyak blogger yang masih suka mencuri konten blog lainnya ? apakah sulit untuk menulis artikel hasil buah pikir sendiri ? Memang artikel hasil copas sama sekali tidak mempunyai manfaat lebih bagi pembacanya. Bahkan bagi diri sendiri apakah konten yang disalin dari blog lain akan mempunyai manfaat bagi kita ? sayangnya banyak yang beranggapan bahwa mengkopi artikel boleh-boleh saja dilakukan. Bagi beberapa blogger pemula tentu mungkin akan terkecoh dengan pernyataan demikian, menyerupai halnya saya pada awal terjun di dunia blogger.

Bahaya Melakukan Copas Artikel !


Segala sesuatu yang berbau negatif pastinya mempunyai efek yang buruk. Demikian pula dengan menyalin artikel dari blog tetangga. Banyak yang tidak paham dan justru menganggap biasa hal mencontek atau mencuri artikel blog lain, alhasil isi blog pun didominasi oleh konten copas.

Pada dasarnya secara terang banyak yang sudah membahas mengenai ancaman melaksanakan copas konten. Bagi google sendiri sangat menentang tindakan ini. Lantas apa saja ancaman jikalau melaksanakan copas artikel ? berikut ini 2 hal yang perlu anda ketahu mengenai ancaman melaksanakan copas artikel.

1. Blog akan Terkena Google Sandbox.

 Sebagai suatu perusahaan yang mengutamakan profesionalitas tentu Google mengutamakan konten original. Oleh sebab itu demi menjaga kualitas konten blog maka google telah mengeluarkan peraturan dan kebijakan untuk blog yang ingin terdaftar di mesin pencari google. Namun tidak sebatas memberlakukan aturan, google juga memberlakukan sistem pengawasan untuk menganalisa blog yang berlaku curang, sebut saja Google Sanbox. Bagi blog copas google sanbox yaitu musuhnya, sebab blog yang sudah dicap oleh google sanbox akan jatuh popularitasnya dan menjadi sepi pengunjung.

2. Harus Berurusan Dengan Penulis Blog yang Dicopas.

Bukan hanya ditindak oleh google namun blog copas akan berdampak pula terhadap penulisnya. Saat ini saja banyak situs yang memang difungsikan untuk menjaga konten blog dari pencurian, Seperti DMCA. Saat ini banyak blog telah mendaftar di situs ini untuk menjaga jikalau saja ada yang berani menyalin kontennya.

Secara eksklusif saya juga tidak bahagia jikalau konten dicuri orang lain. Meski banyak yang pula blogger yang masih mengabaikan hal ini dan menggap biasa. Namun ada juga yang sangat tidak rela jikalau artikelnya yang sudah dibentuk susah payah malah dicuri blogger lain. Oleh sebab pemilik blog copas harus siap-siap berhadapan dengan pemilik blog yang dicopas. Jika saja author blog tersebut tidak terima tindakan anda yang menyalin begitu saja artikel blognya dan melaporkan anda pada pihak berwajib maka tentu anda tahu akibatnya.

Bagaimana Tindakan Selanjutnya Jika Sudah Terlanjur Copas ?

Hal yang harus dilakukan jikalau terlanjur melaksanakan copas yaitu tinggalkan blog tersebut ! Secara tegas bahwa blog yang mempunyai riwayat copas sudah tidak mempunyai reputasi yang baik. Bagi mesin penelusur blog tersebut mungkin sudah terkena sanbox. Sehingga langkah yang sebaiknya dilakukan yaitu menghapus atau meninggalkan blog tersebut.

Namun ada anggapan yang menyatakan jikalau blog yang tersebut tidak sepenuhnya copas dan masih memugkinkan untuk dibenahi maka boleh saja dilakukan perbaikan. Caranya yaitu dengan menghapus konten yang dianggap copas atau dengan mengedit kembali konten tersebut.

Cara Menghindari Copas Artikel

Copas memang tidak bermanfaat bagi pembaca maupun bagi penulis. Oleh sebab itu menghindari tindakan copas artikel sanggup yaitu hal yang perlu dilakukan. Banyak cara sanggup dilakukan untuk menghindari tindakan mengisi blog dengan artikel copas, yakni :
  • Tanamkan Motivasi pada diri sendiri
  • Memilih Topik yang paling dikuasai
  • Rajin mencari referensi
Secara eksklusif 3 hal tersebutlah yang saya lakukan untuk menghindari mengisi blog dengan artikel copas dari blog lain. Yang pertama yaitu dengan niat diri sendiri untuk tidak menyalin artikel lagi, lalu memahami diri sendiri dimana letak kesalahan saya. Dan terakhir yaitu dengan rajin membaca acuan dari blog lainnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar