Skip to main content

Cara Menemukan Alamat Ip Anda Di Ponsel Android, Iphone Dan Ipad

Anda ingin mengetahui alamat IP Anda? Mungkin Anda tahu cara mengetahui alamat IP lewat PC windows atau Mac Anda. Tetapi bagaimana bila Anda memakai telepon?


Lewat goresan pena ini, Kewalix.com mencoba untuk membantu Anda. Mari kita lihat bagaimana cara melihat IP publik dan langsung Anda memakai ponsel Anda, apa kegunaan dan bagaimana merahasiakannya.

Apa itu Alamat IP?


Mungkin Anda belum tahu, alamat IP (yang merupakan abreviasi dari Internet Protocol address) yakni label bernomor yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan.

Memeriksa alamat IP suatu perangkat membantu Anda mengidentifikasinya di jaringan rumah dan internet secara luas. Bahkan, Anda mempunyai dua alamat IP untuk melacak setiap perangkat.

Sebuah alamat IP global yang (atau alamat IP publik ) yakni bagaimana sisa internet melihat perangkat apapun pada jaringan Anda. Karena ini khusus jaringan, IP global Anda akan sama apakah Anda memakai ponsel, desktop, atau perangkat lain di rumah.

Sebuah alamat IP langsung (atau alamat IP lokal ) mengidentifikasi perangkat pada jaringan Anda sendiri. Hanya satu perangkat yang sanggup mempunyai alamat tertentu di jaringan, tetapi alamat yang sama sanggup dipakai di jaringan langsung lainnya juga.

Selain itu, ketika Anda menilik alamat IP Anda, Anda mungkin akan melihat alamat IPv4 dan IPv6. Alamat IPv4 lebih pendek, tetapi alasannya yakni sejumlah besar perangkat yang terhubung internet, kami kehabisan mereka. Alamat IPv6 tidak gampang dibaca, tetapi ada cukup banyak untuk dipakai dalam waktu yang lama.

Dalam kebanyakan kasus, IPv4 masih merupakan alamat utama, tetapi IPv6 akan menghapus ini dari waktu ke waktu dikala kami bermigrasi ke format itu.

Cara Menemukan Alamat IP Global Anda


IP publik Anda gampang ditemukan, alasannya yakni semua perangkat di internet sanggup melihatnya. Untuk itu, Anda sanggup mengunjungi banyak situs web yang akan menampilkan alamat IP Anda secara instan.

Buka Chrome di ponsel Android Anda atau Safari di iPhone Anda (atau browser apa pun yang Anda gunakan). Kemudian navigasikan ke salah satu situs IP publik berikut:


Anda akan melihat bahwa beberapa situs ini juga menampilkan lokasi dan nama ISP Anda. Ini alasannya yakni alamat IP Anda membawa isu ini dengannya. Anda tidak sanggup memastikan nama dan alamat niscaya seseorang dari alamat IP mereka, tetapi itu mempersempitnya ke kota.

Situs serupa memungkinkan Anda untuk melacak alamat IP apa pun untuk melihat lokasinya . Kami akan membahas lebih lanjut perihal privasi IP di bawah ini.

Cara Menemukan Alamat IP Pribadi Telepon Anda
Seperti dibahas di atas, alamat IP global hanya setengah dari cerita. Berikut cara menemukan alamat IP langsung ponsel Anda di jaringan rumah Anda.

Cara Menemukan Alamat IP Anda di Android



Buka Pengaturan dan ramban ke Jaringan & internet> Wi-Fi . Jika Anda belum terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, ketuk namanya dan konfirmasi bahwa itu bergabung.

Kemudian ketuk nama jaringan dan perluas bab Advanced . Di sini, Anda akan menemukan alamat IP Anda dan isu jaringan lainnya. The alamat IPv6 muncul di bab bawah halaman.


Langkah-langkah ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi Android Anda.

Cara Menemukan Alamat IP Anda di iPhone


Untuk menemukan alamat IP langsung Anda di iPhone, buka Pengaturan> Wi-Fi. Jika Anda belum terhubung ke jaringan rumah Anda, ketuk dan sambungkan sekarang. Kemudian ketuk nama jaringan untuk membuka opsinya.

Di sini, Anda akan melihat bidang Alamat IP yang tercantum di bawah header Alamat IPv4 . The IPv6 Alamat sundulan akan mempunyai alamat alternatif untuk perangkat Anda di bawah ini.

Alamat IP Dinamis dan Statis


Perlu disebutkan bahwa sebagian besar waktu, alamat IP yang Anda temukan di atas tidak ditetapkan. Dalam kedua kasus, Anda mungkin mempunyai alamat IP dinamis.

Ini berarti bahwa sehabis beberapa waktu atau pada perangkat restart, perangkat atau seluruh jaringan Anda akan mendapat IP baru. Sebaliknya, IP statis tidak berubah seiring waktu ibarat ini.

IP publik dinamis lebih gampang dikelola oleh ISP Anda (seperti Comcast atau Verizon). Anda sanggup meminta IP statis dari ISP Anda, tetapi ini sering kali dikenakan biaya tambahan. Mereka tidak dibutuhkan untuk pengguna rumahan kecuali Anda menginangi server yang sanggup diakses orang lain.

Router Anda membagikan alamat IP langsung secara dinamis ke perangkat di jaringan Anda memakai DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Dalam praktiknya, ini berarti bahwa ketika Anda menghubungkan perangkat gres ke Wi-Fi rumah Anda, Anda tidak perlu memutuskan alamat IP secara manual dan melacak semuanya sendiri.

Anda sanggup memutuskan alamat IP statis memakai router dan pengaturan di banyak sekali perangkat bila Anda mau. Tetapi sekali lagi, ini hanya benar-benar sesuatu yang perlu dikhawatirkan pengguna tingkat lanjut. Melakukannya secara salah sanggup mengakibatkan problem besar.

Cara Menyembunyikan Alamat IP Anda


Setelah menemukan IP Anda dikala ini dan mengetahui bahwa itu mengungkapkan lokasi Anda, Anda mungkin khawatir perihal implikasi privasi ini. Jika demikian, solusi terbaik yakni mulai memakai VPN (jaringan langsung virtual).

Pada dasarnya, menghubungkan ke penyedia VPN memungkinkan Anda merutekan semua kemudian lintas Anda melalui server yang aman. Ke dunia luar, tampaknya kemudian lintas Anda berasal dari lokasi lain. Ini menutupi IP Anda dan membuatnya lebih sulit untuk melacak penelusuran Anda.

Lihat daftar penyedia VPN terbaik kami untuk menemukan yang terbaik untuk Anda. Kami merekomendasikan ExpressVPN, di mana pembaca MakeUseOf sanggup mendapat tiga bulan gratis .

Sekarang Anda Tahu Cara Memeriksa Alamat IP Anda
Apa pun perangkat yang Anda gunakan, gampang untuk mengatakan alamat IP Anda. Meskipun Anda mungkin tidak perlu sering memeriksanya, ini yakni keterampilan yang baik untuk diketahui pengguna mana pun.
Sumber https://tekno.kewalix.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar