Skip to main content

Khasiat Dan Manfaat Daun Ketepeng

Khasiat dan manfaat daun ketepeng - Hai Sahabat…..Kali ini kita akan mengulas mengenai Tanaman Ketepeng mulai dari Penjelasan, Kandungan, Klasifikasi Ilmiah Serta  Manfaatnya bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya mari baca pembahasan berikut ini.

Kali ini kita akan mengulas mengenai Tanaman Ketepeng mulai dari Penjelasan Khasiat dan manfaat daun ketepeng


Tanaman Ketepeng alias Ketepeng Cina (Cassia alata) merupakan salah satu tipe tumbuhan obat yg bersumber dari daratan Amerika tropik.Ketepeng tergolong tipe tumbuhan perdu, Memiliki daun berbentuk lingkaran telur saling berhadapan. Mahkota bunganya berwarna kuning di tahap bawah, dan mempunyai bentuk polong bersayap pipih berwarna hitam.

Baca juga : Cara menanam dan merawat anggrek dendrobium

Ketepeng cina tidak sedikit tumbuh di banyak sekali tempat di Indonesia dan Tanaman Keteprng mempunyai tidak sedikit fungsi bahkah telah tidak sedikit digunakan oleh nenek moyang kita untuk menanggulangi bermacam-macam penyakit kulit dan banyak sekali penyakit lainnya. Ketepeng Cina mempunyai tidak sedikit sebutan diantaranya Seven golden candlestick (Inggris), Kupang-kupang (Ternate), Ketepeng Kebo (Jawa), Acon-aconan (Madura), Tabankun (Tidore), Ketepeng Badak (Sunda), dan Sajamara (Halmahera). Pada tumbuhan ketepeng tahap daunlah yg mempunyai tidak sedikit fungsi alasannya mengandung tidak sedikit senyawa kimia semacam Rein aloe emodina, rein, aloe emodina, rein aloe emodina diantron, asam krisofanat, tanin dan dihidroksimetilanthraquinone. Daun ketepeng mempunyai rasa pedas dan hangat jadi dapat difungsikan untuk insektisidal, dapat menanggulangi gatal-gatal, untuk obat cacing, sampai obat kelaianan kulit yg diakibatkan oleh benalu kulit.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Ketepeng


  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Famili : Fabaceae
  • Genus : Cassia
  • Spesies : Cassia alata


Berikut merupakan Cara menggunakan Daun ketepeng untuk obat :

Untuk mengobati Panu, Kurap, dan Eksema


  1. Caranya : Ambil kurang lebih 1 genggam daun ketepeng cina segar dan sedikit tawas alias 1 sdm kapur sirih, kemudian lumatkan, seusai itu gosokan dengan besar lengan berkuasa pada kulit yg terkena panu, kurap, dan eksema. Lakukan faktor ini sebanyak 2 x sehari.
  2. Caranya : Tumbuk sampai halus daun ketepeng Cina dab bawang putih kemudian baluskan dibagian yg terkena panu alias penyakit kulit lainnya.


Untuk mengobati Sembelit

Caranya: Rebuslah daun ketepeng belia sebanyak 7 lembar dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, seusai itu minumlah ramuan tersebut.

Untuk mengobati Sariawan

Caranya: Kunyahlah kurang lebih 4 lembar daun ketepeng yg telah dicuci dengan garam secukupnya semacam mengunyah sirih selama banyak sekali menit, kemudian telan airnya dan buanglah ampasnya.

Untuk mengobati cacingan


  1. Rebus 7 lembar daun ketepeng, tambahkan asam secukupnya, dan 2 sdt debu akar kelembak (rheumofficinale baill) dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja, kemudian saring dan minumlah selama hangat.
  2. Ambillah 3 pucuk daun ketepeng cina, Anda dapat menambahkan asam jawa, sepotong kelembak, dan sedikit saja gula merah. Rebuslah semua materi tadi dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih sampai tersisa satu gelas saja. Saringlah dan minum ramuan tadi.


Untuk mengobati Eksim

Caranya : Haluskan segenggam daun ketepeng cina, sedikit adas pulowaras, dan sedikit kapur sirih. Kemudian balurkan dibagian yg terkena eksim.

Baca juga : cara menanam tumbuhan keladi red star

Demikian artikel pembahasan tentang”Khasiat Dan Manfaat Daun Ketepeng Untuk Mengatasi Gangguan Pada Kulit“, semioga mempunyai kegunaan dan jangan lupa ikuti artikel kami berikutnya. Sampai jumpa.
Sumber https://tanamanlotim.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar