Skip to main content

Cara Menanam Dan Merawat Anggrek Bulan Biar Rajin Berbunga

Cara menanam dan merawat anggrek bulan biar rajin berbunga - Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) alias Puspa Pesona merupakan salah satu tipe bunga nasional Indonesia. Bunga Anggrek Bulan ini, pertama kali ditemukan oleh seorang pakar botani Belanda berjulukan Dr. C.L. Blume.

Cara menanam dan merawat anggrek bulan biar rajin berbunga Cara menanam dan merawat anggrek bulan biar rajin berbunga


Bunga anggrek bulan ini juga dikenal dengan Butterfly Orchid lantaran kelopak anggrek bulan menyerupai dengan sayap kupu-kupu yg melebar dengan corak warna yg cantik.

Anggrek bulan tergolong tumbuhan anggrek monopodial yg menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Daun bung anggrek bulan memiliki bentuk memanjang berwarna hijau. Akarnya berwarna putih dengan bentuk bulat memanjang serta terasa berdaging. Bunga anggrek bulan ini memiliki sedikit keharuman, waktu mekar yg usang serta bisa tumbuh sampai diameter 10 cm lebih.

Tanaman anggrek jenis ini paling banyak tersebar di wilayah Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua, sampai Australia. Cara nasib anggrek bulan ini dengan cara epifit yakni dengan melekat pada batang alias cabang pohon di hutan serta tumbuh subur di sampai 600 mdpl.

Cara Menanam Bunga Anggrek Bulan

Menanam Dalam Pot

Persiapan Pot

Pertama, siapkkan pot yg sesuai dengan tumbuhan anggrek. Biasanya pot yg digunakan yakni pot kecil tranparan, poy tanah, alias pot plastik. Namun disarankan, sebaiknya menggunakan pot tranparan supaya bisa mengontrol pertumbuhan akar bunga anggrek.

Baca juga : Cara budidaya salak

Persiapan Media Tanam

Media tanam yg digunakan untuk menanam anggrek bulan ini bisa berupa sabut kelapa, potongan genteng, arang, kayu alias potongan pakis. Jangan lupa, siapkan juga kawat alias bambu.

Persiapan Bibit Anggrek Bulan

Bibit anggek bulan bisa didapatkan di toko tumbuhan alias pertanian. Biasanya ada bibit anggrek botolan yg telah memiliki daun berkapasitas 1 cm serta telah timbul akar 2-3 helai.

Selain bibit anggrek botolan, anda juga bisa membeli bibit anggrek muda. Bibit belia tersebut kemudian ditanam dalam tray. Penanamn bibit belia dalam tray berfungsi supaya bibit bisa dipindahkan dengan gampang ke tempat yg ada cahaya matahari pagi. Penanaman ini dilakukan tak lebih lebih selagi 3 bulan.

Penanaman Anggrek Bulan Dalam Pot

Setelah semuanya siap, segera perbuat penanaman. Bibit anggrek botolan bisa langsung dipindah tanamkan ke dalam pot tetapi usahakan akarnya jangan sampai rusak. Mengeluarkan bibit anggrek tersebut dari botol bisa menggunakan kawat yg telah dilengkungkan. Bibit anggrek dari tray yg telah berusia 3 bulan bisa dipindah tanamkan ke dalam pot yg berdiameter 15 cm dengan penanaman 3-5 tanaman.

Perawatan Anggrek Bulan Dalam Pot

sesudah 3 bulan penanaman, perbuat repotting alias memindahkan tumbuhan anggrek bulan yg ditanam ke pot yg berkapasitas lebih besar serta dalam satu pot di tanam satu tumbuhan anggrek saja.

Menanam Dengan Cara Tempel

Anggrek merepakan tumbuhan epifit alias nasib dengan melekat dengan tumbuhan lain, jadi media yg digunakan hanya pohon. Caranya mudah, hanya ikat anggrek pada pohon dengan menggunakan tali rafia alias tali ijuk . Selanjutnya bunga anggrek akan beradaptasi dengan merambatkan akarnya ke permukaan pohon yg ditempelinya.

Cara Merawat Bunga Anggrek Bulan

Pemupukan

Pemberian pupuk sebaiknya diarahakn ke daun, lantaran kutikula alias prembuluh daun bisa mendapat sampai 90% nutris dari pupuk tersebut sedangkan akar hanya bisa mendapat sekitar 10% saja. Pupuk yg biasa digunakan oleh penggemar anggrek yakni dekastar lantaran dekastar bisa menolong mempercepat pertumbuhan tunas, merangsang pertumbuhan cabang serta menyuburkan tanaman. Namun tidak hanya pupuk dekastar, pemupukian juga bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK.

Pemberian pupuk pada anggrek yakni dengan langsung menyemprotkan cairan pupuk ke daun. pemupukan ini dilakukan sebanyak 2 kali yakni pada pagi serta sore hari.
Apabila tunas telah terkesan memenuhi pot serta semut mulai dikerubungi semut serta diselimuti lumut, itu berarti media tanam telah wajib diganti.

Penyiraman

Penyiraman pada tumbuhan anggrek sebaiknya menggunakan sprayer. Karena pada dasarnya, bunga anggrek tak terlalu menyukai air yg berlebih lantaran faktor itu bisa merusak pertumbuhan akar serta media tanam menjadi becek kesannya tunas tanman akan rontok serta membusuk. Penyiraman ini dilakukan sebanyak 2 kali sehari yakni pada pagi serta sore hari serta jikalau musim kemarau jadi penyiraman ditingkatkan menjadi 3 kali sehari.

Baca juga : Khasiat dan manfaat daun ketepeng

Intensitas Cahaya

Intensitas cahaya yg diperlukan anggrek yakni hanya sekitar 20% sampai 30% itupun hanya cahaya matahari pagi. Makara sebaiknya, anggrek ditempatkan pada tempat yg diberi naungan berupa paranet alias jaring peneduh. Apabila dengan tutorial tempel makatempelkan pada pohon yg rindang.

Namun jikalau tumbuhan bungan anggrek bulan ditempatkan dalam ruangan, pastikan gunakan lampu khusu tumbuhan supaya bunga anggrek masih subur.

Demikian artikel pembahasan tentang”2 Cara Menanam Dan Merawat Anggrek Bulan Agar Rajin Berbunga“, semoga berkhasiat serta jangan lupa ikuti artikel kami berikutnya. Sampai jumpa
Sumber https://tanamanlotim.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar