Skip to main content

Proses Terbentuknya Planet Venus, Bentuk Permukaan Dan Data Planet Venus

Proses Terbentuknya Planet Venus, Bentuk Permukaan Dan Data Planet Venus

Venus yakni planet yang orbitnya paling bersahabat dengan bumi. kita sering melihatnya bersinar di langit barat sehabis matahari terbenam. oleh lantaran itu, planet Venus sering disebut bintang kejora. ukuran Venus hampir mirip bumi, tetapi venus yakni dunia tanpa air dengan iklim yang membakar.

 Venus yakni planet yang orbitnya paling bersahabat dengan bumi Proses Terbentuknya Planet Venus, Bentuk Permukaan Dan Data Planet Venus


Bentuk Permukaan Planet Venus

satelit angkasa menawarkan jikalau sebagian besar permukaan Venus ditutupi oleh dataran yang luas. ada dua wilayah pegunungan besar yang sanggup kita anggap sebagai benua. satu berada di cuilan utara dan disebut dengan Ishtar Terra. dan satu lagi terletak di bersahabat khatulistiwa dan disebut dengan Aphrodite Terra.

Mengapa Venus Berubah Bentuk?

dari bumi, Venus tampak berubah bentuk dan ukuran seiring berjalannya waktu. ini lantaran orbit Venus lebih bersahabat ke matahari dibandingkan dengan orbit bumi pada ketika berada pada jarak terjauh dari matahari.

Venus hanya berupa bulatan kecil. ketika lebih bersahabat ke bumi, Venus tampak semakin besar, tapi hanya terlihat sebagian dan balasannya hanya berbentuk sabit tipis.

Mengapa Venus Berawan?

kita tidak sanggup melihat permukaan Venus dari bumi lantaran awan tebal di atmosfernya. awan ini tidak mirip awan yang ada di bumi yang terbentuk dari tetes-tetes kecil air. awan Venus terbentuk dari tetets kecil asam sulfur, salah satu asam terkuat yang kita kenal. belerang yang ada di atmosfer Venus berasal dari banyak gunung berapi yang meletus setiap tahun di planet Venus.

Mengapa Planet Venus Sangat Panas?

temperatur rata-rata di Venus dua kali panas panggangan yang dinyalakan dengan pengaturan maksimum. hal ini disebabkan oleh sebagian besar atmosfer Venus yang terdiri dari CO₂, gas pekat yang memerangkap panas. selama bertahun-tahun, gas ini menjadikan panas terperangkap di atmosfer semakin banyak, mirip pada rumah kaca. lapisan awan juga memerangkap panas, hingga temperaturnya mencapai sekitar 480⁰C.

Bagaimana Dapat Menembus Awan Planet Venus?

penyelidik ruang angkasa sanggup melihat menembus awan Venus dan menawarkan permukaan Venus. penyelidik ruang angkasa melihatnya dengan memakai sinar radar yang sanggup menembus awan.

Magellan yakni penyelidik ruang angkasa beredar yang berjasil memetakan seluruh planet antara tahun 1990 dan tahun 1992.

Proses Terbentuknya Planet Venus

ukuran planet Venus hampir sama dengan ukuran bumi, dan mungkin terbuat dari unsur yang sama. Venus memiliki kerak buatan, tapi tidak ada samudra luas mirip samudra yang terdapat di bumi. Venus terlalu panas, sehingga air hangat gampang menguap.

di bawah kerak planet Venus terdapat selimut bauan yang lebih padat dan ditengahnya terdapat inti besi yang mungkin sebagian berupa cairan.

Data Planet Venus

  • Diameter di khatulistiwa : 12.100 km
  • Jarak rata-rata dari matahari : 108 juta km
  • Jarak terdekat dari bumi : 42 juta km
  • Rotasi : 243 hari bumi
  • Revolusi : 225 hari bumi
  • Temperatur permukaan : 480⁰C
  • Satelit : 0
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar