Skip to main content

38 Macam Tanaman Hias Dan Liar Yang Hidup Di Air

38 macam tumbuhan hias dan liar yang hidup di air - Tanaman air alias disebut juga dengan hidrofit merupakan tumbuhan yg sudah menyesuaikan diri untuk nasib pada lingkungan perairan, baik tumbuhna tersebut terendam sebagian alias seluruh tahap terendam. Tumbuhan air sangat bergantung pada air.

 macam tumbuhan hias dan liar yang hidup di air 38 macam tumbuhan hias dan liar yang hidup di air


Beberapa tipe tumbuhan air yg biasa kita kenal merupakan tipe tumbuhan air yg tumbuh liar di air tawar, ialah disungai, di kolam, maupun di danau. Namun pada perkembangannya tumbuhan air juga tak sedikit dijadikan sebagi tumbuhan hias bak ikan yg sanggup meningkatkan kesan nasib serta alami. Selain mempercantik kolam, bebrapa tipe tumbuhan air sanggup berkhasiat sebagai pembersih air kolam.

Berikut ini penulis akan sajikan beberapa info mengenai macam-macam tumbuhan hias liat alias yg sanggup dijadikan sebagai tumbuhan penghias bak ikan.

Baca juga : Jenis jenis jeruk dan ciri cirinya yang ada di indonesia

Ciri Ciri Tumbuhan Air

Berikut ini merupakan beberapa karakteristik yg dimiliki oleh tumbuhan air:

1. Kutikula tipis. cuticles khususnya mencegah kehilangan air, jadi sebagian besar hydrophytes tak butuh untuk cuticles.
2. Stomata yg terbuka tak sedikit waktu lantaran air yg membeludak serta lantaran itu tak butuh untuk terlebih dahulu disimpan dalam tanaman. Ini berarti bahwa sel penjaga stomata pada umumnya tak aktif.
3. Peningkatan jumlah stomata, yg sanggup di salah satu segi daun.
4. Kurang kaku struktur: tekanan air mendukung mereka.
5. Flat daun pada permukaan tumbuhan untuk pengapungan.
6. Udara sacs untuk pengapungan.
7. Kecil akar: air sanggup tersebar langsung ke daun.
8. Akar ringan: tak butuh untuk mendukung tanaman.
9. Khusus akar sanggup mengambil oksigen dalam.

Macam-mcam Tumbuhan Air

1. Lidi air (Typha angustifolia)

Dinamakan lidi air lantaran tumbuhan ini dari kejauhan memiliki rumpun yg seakan-akan dengan lidi terbalik, lantaran batang-batangnya gepeng berwarna hijau bergaris kuning serta memiliki ujung yg runcing. Sehingga tumbuhan ini disebut lidi air. Tanaman ini tahan diterpa oleh sinar matahari sehari penuh, tumbuhan lidi air memiliki pertumbuhan yg cepat jadi tumbuhan ini sanggup memikat hati penggemar tumbuhan air.

2. Cyperus

Tanaman ini lebih populer dengan nama siperus. Tanaman ini memiliki daun yg berada diujung batang berkapasitas kecil halus serta pendek. Memiliki tinggi tangkai hanya 1m, serta bunga bertangkai seolah tumbuh menyebar dari pusat susunan daun. Tanaman ini sanggup lumpu dialam air yg berlumpur.

3. Cat Tail / stok (Typha latifolia)

Tanaman air ini tergolong tumbuhan air berbentuk rumput dari keluarga Typhaceae. Bunga betina berbentuk silindris berwarna coklat seakan-akan ekor kucing, sedangkan bunga jantannya memiliki bentuk yg sama tetapi dengan ukuran yg lebih kecil yg tumbuh diatas bunga betina. Tanaman ini tumbuh dengan genangan air yg berlumpur serta sanggup tumbuh dengan sinar matahari penuh.

4. Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)

Eceng gondok merupakan tumbuhan yan populer di Indonesia. Tanaman ini bersumber dari brasil, aawal munculnya eceng gondok dibawa oleh orang-orang orang Brasil yg digunakan sebagai tumbuhan hias. Tanaman ini mamapu berkembang biak dengan cepat jadi tumbuhan ini dianggap sebagai gulma. Namun, cukup umur ini tak sedikit masyarakat yg memanfaatkan eceng gondok sebagai materi kerajinan serta pakan ternak. Tanaman eceng gondok memiliki bunga dengan desain yg eksotis dengan warna ungu belia serta tersusun malai serta hanya mekar satu hari saja. Tanaman ini tumbuh mengapung pada genangan air, serta sanggup tak sedikit kita temukan di perairan semacam sungai, danau maupun rawa-rawa.

5. Lotus (Nelumbo nucifera)

Tanaman lotus memperlukan media air serta tanah untuk tumbuh, biasanya tumbuhan ini dijadikan sebagai tumbuhan hias serta diletakkan dalam pot tanah liat yg tinggi. Tanaman lotus memiliki bunga yg tumbuh sangat besar indah dengan warna putih serta merah. Lotus memiliki ukuran daun besar, serta ada juga yg berkapasitas kecil. Tangkai tumbuhan lotus sanggup mencapai 1 meter lebih. Biasanya bunga lous timbul serta mekar bersamaan dengan hari raya keagaman.

6. Kapu-kapu (Pistia stratiotes)

Tanaman ini tak jarang disebut dengan tumbuhan apu-apu. Tanaman ini tumbuh di perairan dengan mengapung, memiliki daun hijau dengan ditumbuhi bulu-bulu halus yg bertekstur semacam beludru, akar serabut berwarna putih. Meskipun tumbuhan ini tak jarang kita jumpai di bak serta rawa-rawa, apabila terkena sinar matahari langsung daunnya akan cepat kuning serta hancur. Tanaman ini biasanya digunakan untuk kawasan hias ikan bertelur.

7. Melati Air (Echinodorus paleafolius)

Tanaman melati air memiliki bunga warna putih yg tumbuh berderet pada tangkainya yg panjang dalam jumlah beberapa kuntuk. Bunga melati kan timbul dipagi hari dengan cara bergantian. Dari bekas-bekas bunga yg timbul biasanya kan tumbuh tunas tunas baru. Melati air memiliki daun yg kaku, serta ditumbuhi bulu bulu bernafsu dibagian atas serta bawah daunnya. Terdapat 3 macam bentuk daun yg dimiliki tumbuhan melati air, ialah bulat besar, lonjong besar serta lonjong kecil berbercak. Tanaman ini badan dalam air yg berlumpur.

8. Teratai (Nyamphaea)

Teratai merupakan tumbuhan air yg paling dikenal serta paling tak jarang digunakan. Alasannya lantaran teratai memiliki bunga indah berwarna warni dengan daun yg mengambang dala permukaan air. Ukuran bunga teratai berkisar antara 45-90 cm. Teratai juga memiliki beberapa macam varietas yg dibedakan dari tipe bunganya.

9. Pisang air (Typhonodorum lindyeyanum)

Tanaman air tipe ini dinamakan dengan pisang air lantaran memiliki kemiripan dengan pohon pisang, tetapi bedanya pisang air memiliki daun talas. Pisang air sanggup tinggi hingga dengan tinggi 4 meter dengan daun bergelombang serta berbentuk oval yg sanggup mencapai ukuran 1,5 meter.

10. Kala lili (Zantedeschia aethiopica)

Kala lili merupakan tumbuhan air yg memiliki bentuk semacam terbuat dari lili. Dengan bentuk semacam corong berwarna putih serta putik dengan warna kuning cerah. Tanaman ini sanggup tumbuh tinggi apabila tak lebih menerima cahaya matahari, bunga yg timbul memiliki wangi yg lembut.

11. Papyrus payung (Cyperus alternifolus)

Tanaman ini tumbuh dengan cara berkelompok dengan pertumbuhan yg cepat. Papyrus memiliki batang bentuk segitiga sengan mencapai ketinggian hingga 1 meter lebih, serta bunga akan timbul di ujung batang ibarat daun.

12. Bambu air (Equisetum hyemale)

Tanaman bambu air merupakan tumbuhan air yg seakan-akan dengan bambu yg nasib di daratan. Tumbuhan ini berkapasitas kecil, dengan tinggi kurang lebih 25 cm hingga 100cm saja serta diameter tak lebih dari 3cm. Biasanya tumbuhan ini sanggup dijadikan sebagai tumbuhan hias yg letakkan pada suatu pot besar berisi lumpur serta genanagan air.

Tanaman air sebenarnya dikelompokkan menjadi 3 jenis, ialah tumbuhan dalam air, tumbuhan mengambang serta tumbuhan tepian. Dari setiap jenisnya memiliki bentuk daun serta bunga yg memiliki ciri khas masing-masing. Aneka tipe tumbuhan air mulai dikenal serta digemari masyarakat pada awal 90-an serta dari tahun ke tahun tumbuhan air berkembang dengan tidak mengecewakan pesat.

Baca juga : Cara menanam dan merawat anggrek bulan biar rajin berbunga

Jenis tumbuhan air

Tanaman dalam air

Tanaman dalam air merupakan tipe tumbuhan yg keseluruhan hidupnya berada terendam dalam air. Tanaman tipe ini biasanya tak sedikit digunakan pada aquascape/ aquarium air tawar. Contoh tipe tumbuhan dalam air antara lain.

13. Hygrophila polysperma
14. Bacopa sp
15. Rotala machandra
16. Ludwigia sp
17. Cryptocorine
18. Anubias
19. Wallisneria spiralis
20. Ganggang air
21. Tanaman Mengapung

Tanaman mengapung merupakan tipe tumbuhan air yg mengapung di permukaan air yg bergerak maupun tenang. Tanaman tipe ini memiliki pertumbuhan yg sangat pesat jadi sanggup menutupi permukaan air. Contoh tipe tumbuhan mengapung antara lain:

22. Eceng gondok
23. Selada air
24. Lotus
25. Papyrus / Cyperus papyrus
26. Cyperus / Cyperus alternifolius
27.Typha / Typha angustifollia
28. Melati air / Echinodorus palaefolius
29. Thalia geniculata
30. Pontederia
31. Sagitaria
32. Water poppy
33. Giant arum
34. Ilalang air
35. Tanaman tepian

Tanaman tepian merupakan tipe tumbuhan air yg tumbuh ditepian cekungan air. Contoh tumbuhan tepian antara lain.

36. Brojo Lintang
37. Choenoplectus lacustris
38. Darmera pellata

Demikian postingan yg sanggup disampaikan, semoga sanggup memberi inspirasi untuk anda.
Sumber https://tanamanlotim.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar