Skip to main content

Cara Menunjukkan Password Pada Folder Memakai Notepad Di Windows

Bagaimana cara memperlihatkan password pada folder kita hanya dengan memakai notepad yang sudah terinstall di windows. Notepad ialah sebuah text editor simple yang sudah ada di windows di sekitar tahun 1985. Fungsi notepad itu sendiri dari dulu sampai kini mempunyai fungsi yang sama yaitu menulis surat pendek.

Jadi kini bagaimana caranya menciptakan atau memperlihatkan sebuah password untuk sebuah folder memakai notepad? Langkah langkahnya ikuti dibawah ini.

Bagaimana cara memperlihatkan password pada folder kita hanya dengan memakai notepad yang  Cara memperlihatkan password pada folder memakai notepad di windows


Cara mengunci folder memakai notepad

1. Pertama kita menciptakan sebuah folder berikan nama pada folder tersebut berikan saja nama folder tersebut Locker.

2. Buka notepad dengan menekan tombol lambang windows + R atau dapat juga dengan klik lambang windows di dekstop mu kemudian klik all programs cari folder accessories dan cari aplikasi notepad.

Jika notepad sudah terbuka Copy script dibawah ini kemudian paste di notepad tersebut.


3. Setelah script di atas sudah final di copy dan di pastekan di notepad kemudian selanjutnya cari goresan pena "if NOT %pass%%== password disini goto FAIL".

Dibaris script tersebut kita masukan password yang akan kita gunakan nantinya dengan mengganti password disini, Contohnya : if NOT %pass%%== catatanshand123 goto FAIL.

4. Jika sudah di diberikan password atau di ganti kita save script tersebut dengan menekan CTRL + S atau kita, Klik File kemudian pilih Save jikalau muncul jendela untuk mengisikan nama file kita beri nama file tersebut dengan Locker.bat.

File Locker.bat ini kita letakan di folder yang sudah kita buat sebelumnya di folder Locker.

5. Sekarang kita cek Folder Locker kita di Windows explorer kemudian kita cari folder locker yang tadi sudah kita buat, Jika ada file Locker.bat kita double klik atau kita klik 2x pada file Locker.bat tersebut.

6. Setelah sudah di klik 2x pada file tersebut, maka akan muncul sebuah tampilan yang di minta untuk mengisikan sebuah password yang sudah kalian buat tadi. Misalnya tadi aku sudah menciptakan password password aku ialah catatanshan123, Lalu password tersebut aku masukan. 

Setelah password sudah di masukan akan muncul Folder yang berjulukan Private. Di dalam folder private tersebutlah kita dapat menyimpan file file langsung kita.

7. Untuk mengunci sekaligus menyembunyikan folder private tersebut, kita dapat klik 2x pada file Locker.bat, Jika sudah di klik 2x maka akan muncul pertanyaan "Apa kau yakin ingin mengunci folder ini? Y/N".

Y Untuk Ya dan N Untuk tidak. Maka kita dapat isikan Y Untuk mengunci sekaligus menyembunyikannya.

Sekian dari Tips and Trick untuk memperlihatkan password pada folder memakai notepad semoga dapat bermanfaat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar