Skip to main content

Pengertian Dan Cara Memakai Sublime Text

Cara Menggunakan Sublime Text - Halo selamat tiba kembali sobat teo, pada pembahasan diartikel saya yang ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai cara penggunaan dasar text editor yaitu sublime text dan bahu-membahu ini pelajaran embel-embel untuk kalian yang sedang mengikuti artikel pemograman saya atau untuk kalian yang hanya ingin sekedar tau cara penggunaanya.

Penjelasan Singkat Sublime text



Sublime text yaitu salah satu text editor yang kini cukup banyak peminatnya, dan penggunaan software ini sanggup dipakai juga oleh banyak sekali macam platform OS (Operating System). Sublime text juga banyak sekali mendukung banyak bahasa pemograman dan bahasa markup.

Sublime text diresmikan pada tahun 2008 dan sudah mempunyai beberapa versi dan kini sudah hingga keversi Sublime text 3 juga merupakan versi yang kini saya gunakan dalam pemograman. penggunaan sublime text banyak sekali membantu pekerjaan seorang web developer atau programer lainnya menyerupai memudahkan programer dalam membedakan syntak dengan warna yang dimilikinya dan banyak juga kelebihan lainnya yang sanggup dilakukan oleh text editor ini.

Sublime Text dan Notepad


Sebagian orang ada yang bertanya apa yang membedakan notepad dengan sublime text, sebab intinya notepad dan sublime text sama-sama text editor dan juga sanggup menjalankan scriptnya. saya jawab iya sublime text dan notepad memang mempunyai kesamaan akan tetapi lebih banyak perbedaan dari kedua text editor ini, salah satunya perbedaan yang sanggup kita lihat yaitu dari segi penampilan.


Dari gambar diatas sanggup kita lihat tampilan notepad hanya putih dan dengan goresan pena yang berwarna hitam sedangkan dalam penggunaan sublime text dalam penulisan script itu lebih banyak warna yang sanggup membedakannya atau biasa dibilang dengan Highlighter. dan banyak lagi kelebihan yang sanggup kalian temukan diantara notepad dan sublime text ketika kalian sudah memakai text editor ini.

Download Sublime Text


Untuk kalian yang ingin mendownload aplikasi sublime text ini kalian sanggup mengunjungi situs resminya di SUBLIME TEXT.

Cara Instal Sublime Text.


Dalam melaksanakan istalalasi aplikasi ini sangatlah gampang dan sama halnya menyerupai kalian melaksanakan penginstalan aplikasi lainnya hanya tinggal next next saja, dan saya rasa kalian mengerti itu.

Cara memakai Sublime Text


Cara dasar yang sanggup kalian lakukan pertama sekali dalam memakai aplikasi ini yaitu silahkan buka aplikasi sublime text dengan cara klik 2x atau juga sanggup klik kanan dan pilih open. Selain itu kalian juga sanggup memasukan folder project kalian kedalam sublime text supaya nantinya dengan gampang untuk menemukan file lainnya yang terdapat pada folder project tanpa harus memakai open file, cara sangat gampang yaitu ketika sublime text kalian sudah terbuka silahkan tarik folder project kalian kedalam sublime text maka akan otomatis sublime text akan membaca folder tersebut dan meletakannya pada side kiri, atau juga sanggup kalian memakai klik sajian file pada kafe dan pilih open folder.


Kelebihan Sublime Text.


Banyak kelebihan yang dimiliki oleh text editor ini, dan berikut saya akan memaparkan beberapa kelebihan dalam penggunaan sublime text diantara:

1. Software yang ringan
Kelebihan pertama yang dimiliki oleh text editor satu ini diantaranya yaitu software yang ringan dan tidak banyak memakan RAM pada komputer kalian.

2. Support Platform.
Yang ketiga yaitu support dibanyak platform OS menyerupai Windows dan lainnya.

3. Mini Map
Selain itu sublime text juga mempunyai mini map disisi kanan atasnya untuk mempermudahkan kita dalam menemukan kode.

4. Mengganti Background.
Kelebihan lainnya yaitu kalian juga sanggup menganti background atau scheme text editor satu ini jikalau kalian bosan dengan warna bawaannya yaitu hitam dengan cara pilih sajian preferences pada sajian kafe dan pilih color scheme.

Fitur dimiliki Sublime Text.


Selain kelebihan diatas sebenar fitur-fitur yang dimiliki sublime text ini juga merupakan kelebihan dari text editor ini, dan sublime text mempunyai banyak sekali fitur-fitur yang menarik dan sangat mempermudah bagi seorang yang menuliskan script pada text editor ini. diantaranya yaitu:

Split Editing


Penggunaan split mode sanggup dilakukan bagi kalian ingin membuka beberapa file atau beberapa project sekaligus tanpa harus menutup project lainnya.

Multi Selection


Multi Selection fitur ini yaitu fitur yang dipakai untuk sanggup menyeleksi beberapa baris text atau arahan pada script, cara menggunakannya hanya dengan (CTRL+Klik) dengan fungsi ini sangat memudahkan programer dalam mengedit dalam banyak baris.

Go Anything.


Fitur ini dipakai untuk sanggup melaksanakan kanal pencarian sebuah file dalam project dengan cepat kalian hanya tinggal mengetikan nama filenya dan cara menggunak fitur ini yaitu (Ctrl + P).

Command Palette


Fitur yang dipakai untuk mengakses file shortcut sangat mempunyai kegunaan bagi kalian yang tidak hafal shortcut sanggup memakai fitur ini dengan cara (Ctrl + Shift + P) .

Auto Complate


Sublime text juga menyediakan fitur auto complate ketika mengetikan sebuah kalimat maka otomatis ia akan merekomendasikan kalimat apa yang ingin kita ketik.

Duplicate Syntax.


Selain itu juga ada fitur duplicate atau menggadakan baris / syntaxt yang sanggup kita lakukan caranya yaitu silahkan klik baris atau syntax yang ingin di gandakan kemudian tekan (Ctrl+Shift+D).

Fast Select.


Fitur yang melaksanakan supaya dalam melaksanakan seleksi dengan cepat pada satu text (Ctrl+D).


Mungkin cukup sekian untuk klarifikasi sublime text, akan lebih baik lagi jikalau kalian mempraktekannya secara pribadi dan masih banyak fitur yang sanggup kalian temukan disana dan klarifikasi saya tadi hanya beberapa diantara fitur yang dimilikinya saja.


Sumber https://www.teknoowl.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar