Skip to main content

Mengenal Cabe Rawit Atau Cabe Kecil Dan Jenis-Jenis Cabe Rawit

Mengenal Cabai Rawit Atau Cabai Kecil Dan Jenis-Jenis Cabai Rawit

Cabai Rawit Atau Cabai Kecil - Cabai Rawit (C.Frutescens) sering dijuluki sebagai cabe rawit atau cabe kecil atau lombok jempling. menyerupai cabe besar, jenis cabe ini pun mempunyai banyak varietas. ada yang berukuran mini, ada juga yang dikatakan cabe putih (cabai cengek atau lombok ceplik), dan ada yang berwarna hijau yang sering disebut cengis. namun ada juga yang mempunyai ukuran buahnya besar dan dinamakan lombok jeplak.

Mengenal Cabai Rawit Atau Cabai Kecil Dan Jenis Mengenal Cabai Rawit Atau Cabai Kecil Dan Jenis-Jenis Cabai Rawit


ukuran buah cabe mini memang hanya setengah dari ukuran cabe rawit biasa yang sering kita lihat. di kawasan Kalimantan, buah cabe mini ini berwarna kemerahan. tanamannya tergolong berukuran lebih tinggi dan kokoh serta mempunyai rasa lebih pedas dibandingkan dengan cabe kecil lainnya.

tinggi tumbuhan cabe kecil pada umumnya sanggup mencapai 150 cm. tangkai dan daunnya hanya setengah dari panjang tangkai daun cabe besar. daunnya pun lebih pendek dan lebih sempit. posisi bunganya tegak dengan panjang tangkai bunga hampir sepanjang cabe besar.

cabe rawit atau cabe kecil ini mempunyai mahkota bunga berwarna kuning kehijauan dengan jumlah cuping sama dengan jumlah cuping pada cabe besar, namun panjang cupingnya hanya 0,6 - 0,8 cm dan lebar hanya 0,3 -0,4 cm. warna tangkai putik menyerupai warna mahkota bunganya dengan panjang kurang dari 0,5 cm.

kepala putik cabe rawit berwarna kehijauan, tangkai sari berwarna keunguan, dan kepala sari berwarna hijau kebiruan. bentuk buahnya kecil memanjang dengan warna biji umumnya kuning kecoklatan.

Jenis- Jenis Cabai Rawit

beberapa jenis cabe lain yang terkenal di banyak sekali pecahan dunia antara lain ialah Capsicum baccatum, Capsicum pubescens, dan Capsicum sinense (chinense).

a. capsicum baccatum

memang sulit menyebut nama cabe ini alasannya informasinya masih sangat kurang, gosip yang didapatkan hanya menyebutkan asal-usul cabe ini, yang mana cabe ini berasal dari Amerika Selatan. didaerah asalnya, tumbuhan cabe ini masih tergolong cabe liar.

kawasan pertumbuhan cabe ini mulai dari dataran rendah hingga dataran berketinggian sekitar 1.500 m diatas permukaan laut. cabe ini cukup terkenal di Boivia, Brazil. Chili, dan Argentina. disana nama terkenal cabe ini ialah aji pepper.

konon buah dari cabe capsicum baccatum ini mempunyai bentuk menyerupai telur atau ada juga yang menyampaikan menyerupai buah berry (Morus alba Linn, Morus indica Linn) atau murbei, bab tengah dari buah cabe ini gembung serta garis tengahnya sekitar 0,6 cm dan bijinya berwarna krem.

jenis cabe capsicum baccatum var. pendulum atau C.pendulum, merupakan yang paling terkenal dibandingkan dengan varietas baccatum lainnya. ciri umum dari jenis ini ialah batangnya yang pendek dan tegak, bunganya berwarna krem, serta mempunyai mahkota bunga yang kecil berwarna hijau keemasan.

bagi masyarakat Bolivia da Peru, Capsicum baccatum var. pendulum yang lebih dikenal dengan aji amarillo, biasanya dikeringkan dan dijadikan debu cabai, namun sanggup juga dimanfaatkan dalam bentuk segar.

b. capsicum pubescens

cabe jenis capsicum pubescens diduga merupakan salah satu bibit unggul C.annuum. sinonimnya ialah Caspicum grandiflorum dan capsicum lanceaefolium.

tinggi dari tumbuhan cabe jenis ini sanggup mencapai 1,8 m (6 feet). ada yang menyampaikan bentuk buahnya yaitu lingkaran telur dengan posisi menggantung, tetapi ada juga yang menyampaikan bentuk buahnya ini hampir sama dengan cabe merah besar.

warna buah cabe jenis capsicum pubescens yang sudah matang ini antara warna orange atau merah. cabe jenis ini sanggup tumbuh di kawasan dataran rendah, sedang, dan dataran tinggi, terutama tumbuh di Peru, Bolivia, Chile, Argentina Utara dan Ecuador.

c. capsicum sinense (chinense)

jikalau dilihat dari namanya, orang akan mengira bahwa tumbuhan jenis cabe ini berasal dari China, padahal sebenarnya sama menyerupai spesies Capsicum lainnya, capsicum sinense berasal dari Benua Amerika.

cabe ini sudah dikenal di Brazil semenjak 2000 - 1000 Sebelum Masehi. nama terkenal cabe ini ialah habanero. salah satu varietasnya ialah habanero orange yang merupakan tumbuhan orisinil Yucatan dan sudah dibudidayakan secara komersil.

ukuran buah dari cabe capsicum sinense ii antara 2,5 - 3,7 cm. warna buah cenderung orange. habenero orange termasuk spesies yang dikenal di dunia dan dijadikan sebagai materi olahan untuk pembuatan hot sauces. dan cabe ini mempunyai umur kematangan pada tumbuhan budidaya antara 80-100 hari.

konon cabe jenis ini juga terdapat di Indonesia dan sekilas menyerupai cabe kecil atau cabe rawit. kemiripan tersebut antara lain dilihat dari posisi bunganya yang tegak setengah menggantung atau menggantung penuh. sedangkan cabe kecil bunganya tegak.

cabe kecil jenis capsicum sinense ini mempunyai warna mahkota bunga yang kuning kehijauan. biji buahnya kuning kecoklatan. ketinggian batang dari tumbuhan cabe ini sekitar 75 cm. dan warna buah cabe yang masak ialah merah orange dan tumbuh secara menggerombol.

dalam satu gerombolan terdapat 3-5 buah. tangkai buah agak besar dan melengkung (cabai kecil tangkai buahnya langsing dan tegak). ukuran buah relatif kecil dan rasanya pedas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar