Skip to main content

Buku Evaluasi Berorientasi Higher Order Thinking Skills (Hots)

Buku Penilaian Berorientasi Higher Ordre Thinking Skills  Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS)


Salam semangat buat Guru-guru sekalian, postingan kali ini admin akan membagikan Modul atau Buku Penilaian Berorientasi Higer Order Thinking Skills.
Sumber : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018. 


Pengembangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan jadwal yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan  (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. 

Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diperlukan sanggup menjembatani pemahaman para guru dalam hal evaluasi pembelajaran lebih baik lagi sehingga para guru sanggup meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. 


Berikut ini Tujuan Buku Pegangan ini dikembangkan sebagai berikut:

1. Memberikan contoh kepada Guru dalam berbagi evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;

2. Memberikan contoh Kepala Skeoalh dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan evaluasi beriorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;

3. Memberikan contoh pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akaemeik dan manajerial terhadap pelaksanaan evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan. 


Sasaran Buku Pegangan:

Sasaran penggunaan buku ini yaitu sebagai berikut:

1. Guru Jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif;

2. Guru Sekoalh Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB);

3. Kepala Sekolah / Madrasah;

4. Pengawas Sekolah / Madrasah. 



Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk evaluasi yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi evaluasi berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melaksanakan penilaian. Guru dalam evaluasi ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang sanggup meningkatkan keterampilan akseptor didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS



Untuk gosip selengkapnya, silahkan check file berikut ini:




Demikianlah gosip yang sanggup admin bagikan, agar bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar