Skip to main content

Cara Menciptakan Database Dengan Mudah

menciptakan data base dengan menggunkan localhost dan aplikasi xampp

Membuat sebuah database merupakan suatu langkah awal untuk menciptakan sebuah program, mau itu perogram berbasis web ataupun destop, jadi kali ini aku akan membagaikan cara menciptakan data base dengan mudah.
Cara yang aku bagikan kali ini sangat gampang karna temen-temen dapat eksklusif membuatnya tanpa perlu susah paya mengetik perintah dengan manual, temen-temen tinggal mengisi form yang telah disediakan.
Langsung saja ikuti langkah-langkah menciptakan data base dengan aplikasi xampp :
1. Dalam tahap pertama ini anda memerlukan aplikasi xampp, dan browser, dapat menggunkan google crome atau mozila firefox, silahkan anda download kemudian instal terlebih dahulu.
2. Jika sudah final maka buka kedua aplikasi tersebut yakni xampp dan browser.
3. Kemudian lihat pada aplikasi xampp, klik start “apache” dan “mysql”, kalau berhasil akan ada goresan pena “running” menyerupai gambar dibawah  ini.


4. Langkah selanjutnya silahkan temen-temen buka browser kemudian ketik perintah “localhost” (tanpa tanda petik) kemudian tekan enter. Jika berhasil maka anda akan masuk ketampilan utama.
5. Klik sajian “phpmyadmin” perhatikan gambar dibawah ini.

6. Jika sudah maka anda akan masuk ke tahap pertama menciptakan database, pada kolom “ciptakan database baru” silahkan anda ketik database “PENGGAJIAN” kemudian tekan tombol “Ciptakan” yang ada pada pada samping kolom.
7. Jika sudah menciptakan database, langkah selanjutnya yakni menciptakan tabel, silahkan anda buat tabel, pada kolom “nama” anda ketik “Karyawan” (tanpa tanda petik) kemudian pada kolom “Number Of Fields” anda isi “6” pada kolom tabel, kemudian klik Go. Perhatikan gambar berikut.


8. Jika anda sudah menciptakan sebuah tabel dengan nama karyawan maka akan tampil jendela baru, dimana anda akan mengisi tiap field, kemudian klik simpan atau go. Langsung saja silahkan anda isi field sesuai dengan gambar dibwah ini.

Keterangan menciptakan tabel :
=>Ketika anda mengisi feild-field pada form tabel “jangan ada spasi pada kata” contoh. “NAMA KARYAWAN”,  kalau berdasarkan anda kata tersebut memerlukan pembatas silahkan gunakan simbol ( _ ) pola “NAMA_KARYAWAN”
=>Keterangan Tipe Data
     a. int untuk (angka pola : 1234)
     b. varchar untuk tipe data karakter

9. Jika anda sudah menciptakan tabel maka langkah selanjutnya yakni mengisi field-field pada tabel yang telah anda buat tadi, caranya,  pada sajian di atas ada yang namanya “Sisipkan” silahkan anda klik, Maka akan tampil form gres kemudian silahkan anda isi sesuai dengan harapan anda, pola perhatikan gambar dibawah ini, kalau sudah silahkan anda klik “Go”.


10. Jika sudah ketahap sembilan diatas maka anda sudah berhasil menciptakan sebuah database, dengan nama database penggajian dan tabel karyawan.
Itulah tutrial sederhana menciptakan sebuah database dengan mudah, kalau ada yang kurang terang dalam penulisan aku meminta maaf, sekian.


Sumber http://pelajaranonline1.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar