Pengertian Baris Dan Kolom Serta Memahami Seleksi Baris Dan Kolom Excel 2013
komputerdia.com - Secara umum besar Pengertian Baris ialah suatu susunan yang berderet secara horizontal dari objek, kata, angka, data atau hal lainnya. Dalam jenis pengaturan ini, objek disusun tatap muka dengan berbaring bersebelahan satu sama lain pada garis horizontal.
Bahkan kalau data, atau garis berjalan dari kanan ke kiri, atau dari kiri ke kanan, jenis pengaturan ini dikenal sebagai baris.
Sedangkan kalau dilihat dari pengetahuan umum, Pengertian Kolom ialah susunan vertikal dari objek, kata, angka, data atau hal lainnya. Dalam jenis pengaturan ini, objek disusun satu demi satu dalam urutan atas ke bawah.
Dengan kata lain, kita sanggup menyampaikan bahwa dalam pengaturan ini data diatur dalam bentuk sedemikian rupa sehingga setiap kata, angka atau nilai jatuh ke yang lain dalam urutan dari atas kebawah atau vertikal. Karena kolom terbagi dalam bentuk garis, kolom ini meningkatkan keterbacaan dan daya tarik tabel.
Perlu kalian ketahui, bahwa didalam spreadsheet menyerupai MS Excel, judul baris dilambangkan memakai huruf. Di tabel, bab paling atas, teks, mewakili kolom. Surat kabar ialah salah satu tumpuan terbaik dari penggunaan kolom atau menyerupai artikel ini dibagi dalam bentuk dari atas dan ke bawah.
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
- Mengenal Serta Memahami Pembagian Sel dan Range Microsoft Excel 2013
- Pengertian Microsoft Excel, Fungsi Microsoft Excel dan Mengenal Database Excel 2013
Pengertian Baris (Row) dan Kolom (Column) Excel 2013
- Pengertian ROW atau dalam istilah bahasa indonesia dikenal dengan istilah baris, di dalam Excel baris ini diberi tanda berupa angka 1 hingga 1.048.576 atau biasa diartikan jumlah baris di Excel ialah 1.048.576 (perhitungan ini untuk Excel 2007 ke atas).
- Ada juga yang mendefinisikan bahwa Pengertian Row adalah suatu formasi baris horisontal pada lembar kerja excel, dimana baris ini di wakili oleh nomor (1,2,3,4…..) dengan jumlah baris maksimum ialah 1.048.576
- Pengertian COLUMN atau kolom di Excel ialah kolom yang di tandai dengan huruf A hingga dengan XFD atau kalau dijumlahkan ada sekitar 16.384 kolom.
- Ada juga yang mengartikan bahwa kolom (Column) ialah suatu formasi kolom vertikal pada lembar kerja excel yag diwakili dengan Huruf (A,B,C,D,E,….) dengan jumlah kolom maksimum pada workshet ialah 16.384 kolom atau kolom (XFD)
Memahami Seleksi Baris dan Kolom di Excel
Sebelum melangkah ketahap lebih lanjut mengenai baris dan kolom, menyerupai melaksanakan penyisipan atau menghapus kolom dan baris, alangkah baiknya kalian harus mengetahui bagaimana cara melaksanakan seleksi pada kolom dan baris di excel.
Berikut ini ialah beberapa cara yang sanggup kalian lakukan untuk melaksanakan proses seleksi baris dan kolom pada microsoft excel:
- Menggunakan tombol kombinasi antara shift+spasi untuk melaksanakan seleksi baris pada sel atau range yang terpilih, atau kalian sanggup melaksanakan klik mouse pada nomor baris yang akan di seleksi
- Melanjutkan acara atau tindakan diatas, kalau kalian akan melaksanakan penambahan seleksi ke atasnya kalian sanggup memakai kombinasi antara tombol Shift+↑
- Dan kalau kalian akan melaksanakan penambahan seleksi ke bawahnya, kalian sanggup memakai kombinasi tombol shift+↓
- Jika kalian akan melaksanakan seleksi secara acak, kalian sanggup memakai kombinasi tombol ctrl + klik mouse pada nomor atau baris yang akan di seleksi
Selesai dan supaya pembahasan kali ini sanggup bermanfaat untuk kalian semuanya, kalau ada materi yang tidak kalian pahami, silahkan masukkan komentar kalian di kolom yang telah saya sediakan di bawah postingan ini