Skip to main content

Memahami Pengertian Serta Klarifikasi Workbook Dan Worksheet Pada Excel

komputerdia.com - Jauh sebelum membahas bahan ini, aku telah menyinggung permasalahan ini di artikel sebelumnya yakni perihal worksheet dan workbook pada perangkat lunak microsoft excel. Pada artikel kali ini, aku akan mencoba menawarkan klarifikasi mengenai Workbook atau sanggup kita sebut dengan Buku Kerja dan Worksheet atau sanggup di istilahkan dengan Lembar Kerja pada excel .

Pada artikel ini juga, aku akan kembali sedikit mengulas perihal pengertian istilah Column (Kolom) dan Row (Baris) dan juga pengertian Cell (Sel) dan Range (Rentang) pada microsoft excel serta bagaimana memakai kedua bab excel tersebut.

Perlu ditekankan kembali, bahwa area kerja microsoft excel tidak sama menyerupai pada microsoft word yang tampilannya merupakan lembaran-lembaran seukuran kertas cetak. Pada lembar kerja microsoft excel, kita akan melihat halaman pengoolah angka yang dibagi ke dalam beberapa bagian.

Pada masing-masing bagiannya tersebut, lalu dibagi lagi menjadi bab lebih kecil untuk mempermudah kita melaksanakan pengolahan data yang sebagian besar merupakan nominal angka. Untuk membedakan antara worksheet dan workbook, kalian sanggup perhatikan klarifikasi dibawah ini

Baca Artikel Menarik Lainnya :

 aku telah menyinggung permasalahan ini di artikel sebelumnya yakni perihal  Memahami Pengertian Serta Penjelasan Workbook dan Worksheet Pada Excel


Pengertian Worksheet dan Workbook serta Perbedaannya

A. Pengertian Workbook

Secara umum workbook pada excel sanggup di definisikan sebagai Suatu buku kerja utuh yang terdapat lembaran-lembaran kerja didalamnya. Setiap file excel niscaya mempunyai 1 (satu) workbook. Dengan demikian sebuah file excel yang biasanya berextensi xlsxlsx, xlsb atau xlam bisa juga disebut sebagai workbook atau buku kerja.

Pengertian Workbook ialah daerah atau lembar area dimana kita melaksanakan bermacam aktifitas utama pada microsoft excel, menyerupai mengakses hidangan atu fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi microsoft excel.

Perlu diketahui, bahwa Workbook excel ini lalu dibagi ke dalam bagian-bagian lebih kecil yang disebut dengan worksheet atau lembar kerja.

Pengertian Workbook juga sanggup diartikan sebagai file excel yang berisi kumpulan dari 1 (satu) worksheet ataupun lebih. Sehingga sanggup juga diartikan bahwa workbook dalam microsoft office excel merupakan kumpulan dari beberapa worksheet.

 aku telah menyinggung permasalahan ini di artikel sebelumnya yakni perihal  Memahami Pengertian Serta Penjelasan Workbook dan Worksheet Pada Excel

B. Pengertian Worksheet

Secara umum Lembar kerja pada microsoft excel atau yang lebih dikenal dengan istilah worksheet ialah bagian-bagian dari workbook, dimana worksheet ini merupakan daerah dimana kita memasukkan data, menciptakan tabel, menciptakan diagram, menciptakan chart, dan lain sebagainya.

Dari definisi diatas, sanggup disimpulkan bahwa worksheet ialah bab yang lebih kecil dari Workbook , yang mana setiap worksheet akan tersimpan pada workbook dengan ditandai pada bab tab worksheet.

Sebuah worksheet dimulai dengan nomor baris (Row) satu dan kolom (Column) A. Setiap sel sanggup berisi angka, teks atau formula. Sebuah sel juga memungkinkan berisi menurut rujukan dari sel lain dalam worksheet yang sama, Workbook yang sama ataupun Workbook yang berbeda.

Perbedaan Kolom (Column) dan Baris (Row) Excel

 aku telah menyinggung permasalahan ini di artikel sebelumnya yakni perihal  Memahami Pengertian Serta Penjelasan Workbook dan Worksheet Pada Excel

A. Pegertian Kolom (Column) Excel

Pengertian Kolom secara umum ialah susunan vertikal dari objek, kata, angka, data atau hal lainnya. Dalam jenis pengaturan ini, objek disusun satu demi satu dalam urutan atas ke bawah. 

Dengan kata lain, kita sanggup menyampaikan bahwa dalam pengaturan ini data diatur dalam bentuk sedemikian rupa sehingga setiap kata, angka atau nilai jatuh ke yang lain dalam urutan dari atas kebawah atau vertikal. Karena kolom terbagi dalam bentuk garis, kolom ini meningkatkan keterbacaan dan daya tarik tabel. 

Pengertian Kolom (Column) pada excel adalah suatu kolom yang di tandai dengan huruf A hingga dengan XFD atau bila dijumlahkan ada sekitar 16.384 kolom. 

Atau sanggup juga di definisikan bahwa kolom (Column) pada excel adalah suatu formasi kolom vertikal pada lembar kerja excel yag diwakili dengan Huruf (A,B,C,D,E,….) dengan jumlah kolom maksimum pada workshet ialah 16.384 kolom atau kolom (XFD).

B. Pengertian Baris (Row) Excel

Secara garis besar Pengertian Baris adalah suatu susunan yang berderet secara horizontal dari objek, kata, angka, data atau hal lainnya. Dalam jenis pengaturan ini, objek disusun tatap muka dengan berbaring bersebelahan satu sama lain pada garis horizontal. 

Bahkan bila data, atau garis berjalan dari kanan ke kiri, atau dari kiri ke kanan, jenis pengaturan ini dikenal sebagai baris.

Sementar itu bila dilihat dari ilmu excel, Pengertian ROW atau dalam istilah bahasa indonesia dikenal dengan istilah baris, maka baris merupakan formasi baris kotak yang diberi tanda berupa angka 1 hingga 1.048.576 atau biasa diartikan jumlah baris di Excel ialah 1.048.576 (perhitungan ini untuk Excel 2007 ke atas).

Ada juga yang mendefinisikan bahwa Pengertian Row ialah suatu formasi baris horisontal pada lembar kerja excel, dimana baris ini di wakili oleh nomor (1,2,3,4…..) dengan jumlah baris maksimum ialah 1.048.576

Perbedaan Cell (sel) dan Range pada Excel

 aku telah menyinggung permasalahan ini di artikel sebelumnya yakni perihal  Memahami Pengertian Serta Penjelasan Workbook dan Worksheet Pada Excel

A. Pengertian Cell Excel

Pertemuan antara kolom dan baris yang merupakan sebuah kotak-kotak kecil pada worksheet disebut dengan Cell atau sel. Cell atau Sel pada excel merupakan istilah untuk titik pertemuan antara kolom dan baris pada sebuah worksheet daerah dimana kita memasukkan teks, angka maupun formula atau rumus excel.

Sebuah cell biasanya diberi nama atau alamat sesuai nama kolom dan nomor barisnya contohnya Sel C5, artinya merujuk pada cell yang ada dikolom C pada baris nomor 5.

Dari pengertian diatas sanggup disimpulkan bahwa Pengertian Cell adalah suatu daerah untuk melaksanakan penginputan dan menampung data pada excel yang didalamnya terdapat alamat cell. Alamat cell ini merupakan titik temu antara kolom dan baris. Sebagai pola bila sebuah kursor berada di kolom C dan pada baris 6, maka alamat cellnya ialah C6. alamat cell ini akan ditampilkan pada name box, lihat gambar dibawah.

 aku telah menyinggung permasalahan ini di artikel sebelumnya yakni perihal  Memahami Pengertian Serta Penjelasan Workbook dan Worksheet Pada Excel

B. Pengertian Range Excel

Range atau rentang excel marupakan kumpulan dari beberapa sel pada sebuah worksheet excel. atau Pengertian Range bisa juga diartikan sebuah adonan dari beberapa cell atau sanggup juga di artikan adonan dari beberapa kolom atau juga beberapa baris. Range juga mempunyai alamat yaitu dengan cara membaca alamat cell awal = A1 dengan alamat cell selesai = D4. Dari gambar di bawah ini maka alamat range sanggup diartikan Range A1:D4.

 aku telah menyinggung permasalahan ini di artikel sebelumnya yakni perihal  Memahami Pengertian Serta Penjelasan Workbook dan Worksheet Pada Excel

Sumber https://www.komputerdia.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar