Skip to main content

Interpretasi Peta Perihal Bentuk Dan Teladan Muka Bumi

Interpretasi Peta Tentang Bentuk Dan Pola Muka Bumi

Bentuk Dan Pola Muka Bumi - Perlu kita ketahui bahwa bentuk permukaan bumi tidak rata. ada yang berupa dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan. terkadang disekeliling kita terdapat bentuk muka bumi berupa gunung, sungai, atau laut. bentuk muka bumi antara tempat satu yang tempat yang lain berbeda-beda. dengan memakai peta kita sanggup mengetahui bentuk permukaan bumi di setiap daerah.

Interpretasi Peta Tentang Bentuk Dan Pola Muka Bumi  Interpretasi Peta Tentang Bentuk Dan Pola Muka Bumi

Hubungan Peta Dengan Permukaan Bumi

Peta yaitu citra permukaan bumi dalam bidang datar. peta merupakan alat peraga. peta sanggup berupa citra wacana tinggi rendahnya suatu tempat (adtopografi), penyebaran penduduk, curah hujan, penyebaran batuan (geologi), penyebaran jenis tanah dan semua hal lain yang berafiliasi dengan kedudukannya dalam ruang.

dengan peta kita sanggup membaca dan memahami keadaan fisik dan geografis suatu tempat. peta merupakan media untuk mengetahui keadaan permukaan bumi. pada peta terdapat bab atau unsur-unsur yang harus ada, yang sangat bermanfaat bagi pembaca peta.

kemudian bagaimana caranya supaya peta sanggup dibaca oleh siapa saja, peta dibentuk menurut hukum yang disepakati secara internasional. oleh lantaran itu untuk sanggup memahaminya, silahkan simak uraian berikut ini.

Menginterpretasi Peta Umum

Interpretasi peta yaitu bentuk muka bumi atau relief daratan sanggup diamati secara eksklusif di lapangan, namun sanggup juga dengan melihat peta. dari sebuah peta kita sanggup mengetahui bentuk relief dari suatu tempat atau wilayah. dari sebuah peta kita sanggup melihat gunung, pegunungan, pantai, dataran rendah, sungai, danau, laut, selat dan lain-lainnya. 

interpretasi peta juga sanggup diartikan yaitu memahami simbol-simbol yang ada pada peta dan hubungannya dengan simbol-simbol lainnya. dan peta umum yaitu peta yang dibentuk menurut kenampakan umum.

Langkah-langkah Yang Harus Dilakukan Sebelum Menginterpretasikan Peta Umum

1. siapakan peta umum yang akan diinterpretasikan
2. perhatikan legenda untuk memahami makna simbol-simbol yang terdapat pada peta
3. perhatikan persebaran data pada wilayah pulau tersebut
4. perhatikan tahun pembuatan peta untuk mengetahui apakah peta tersebut masih relevan atau tidak.

sehabis melaksanakan langkah-langkah tersebut, maka akan diperoleh gosip dari peta tersebut, yaitu sebagai berikut :
a. sungai
sungai ditunjukkan dengan garis berkelok-kelok

b. pegunungan
pegunungan dan dataran tinggi ditunjukkan dengan warna merah dan kuning.

c. dataran rendah dan rawa
dataran rendah dan rawa ditunjukkan dengan warna hijau dengan garis putus-putus.

d. danau
danau ditunjukkan dengan warna biru.

e. gunung
gunung ditunjukkan dengan bentuk segitiga. kalau segitiga merah itu artinya gunung berapi (aktif), segitiga hitam artinya gunung tidak berapi (tidak aktif).

f. maritim dan selat
maritim dan selat ditunjukkan dengan warna biru. gradasi (tingkatan) warna menunjukkan kedalaman wilayah maritim dan selat. semakin pekat (tua) warna biru menunjukkan lebih dalam dari pada warna biru muda.

Menginterpretasikan Peta Topografi

Peta tofografi yaitu peta yang menggambarkan tinggi rendahnya permukaan bumi. dari peta topografi kita sanggup mengetahui ketinggian suatu tempat secara akurat. cara menginterpretasikan peta topografi berbeda dengan peta umum lantaran simbol-simbol yang dipakai berbeda.

Langkah-Langkah Sebelum Menginterpretasikan Peta Topografi

1. siapkan peta topografi yang akan diinterpretasikan
2. perhatikan legenda untuk memahami makna simbol-simbol yang terdapat pada peta
3. perhatikan persebaran data wilayah tersebut
4. perhatikan tahun pembuatan peta untuk mengetahui apakah peta tersebut masih relevan atau tidak

pada peta topografi terdapat garis-garis kontur yang menunjukkan relief muka bumi. peta topografi menunjukkan bentuk-bentuk muka bumi. dan bentuk-bentuk muka bumi tersebut yaitu : lereng, cekungan (depresi), bukit dan pegunungan.

Penampang Melintang Bentuk Muka Bumi

penampang melintang yaitu penampang permukaan bumi yang dipotong-potong secara tegak lurus. dengan penampang melintang, maka sanggup diketahui atau dilihat secara terang bentuk dan ketinggian suatu tempat yang ada di muka bumi.

untuk menciptakan sebuah penampang melintang maka harus tersedia peta topografi, alasannya hanya peta topografi yang sanggup dibentuk penampang melintang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar