Skip to main content

Berasal Dari Mana Asteroid - Perbedaan Meteor Dan Meteorit

Berasal Dari Mana Asteroid - Perbedaan Meteor Dan Meteorit

Di dalam tata surya, ada banyak benda selain planet dan bulannya. kebanyakan berupa bongkahan watu atau es. bongkahan terbesar disebut asteroid, asteroid ini diameternya dapat mencapai ratusan kilometer. bongkahan terkecil disebut meteorid dan ukurannya dapat sekecil butiran pasir.

 ada banyak benda selain planet dan bulannya Berasal Dari Mana Asteroid - Perbedaan Meteor Dan Meteorit


Apa Yang Dimaksud Dengan Bola Api

Meteorid yang masuk ke atmosfer bumi kebanyakan berupa bongkahan kecil. meteorid yang lebih besar ini terbakar lebih usang dan lebih terang, sehingga membentuk objek bersinar yang disebut bola api.

Perbedaan Meteor Dan Meteorit

meteorid tidak terlihat hingga suatu ketika masuk ke atmosfer bumi dan menjadi lintasan cahaya yang disebut meteor atau "bintang jatuh". ketika sekumpulan meteorid terbakar secara bersamaan, kita akan melihat hujan meteor.

meteor yaitu meteor yang sudah jatuh ke bumi. sebagian terbuat dari batu, sedangkan lainnya dari besi dan nikel.

Ukuran Asteroid

Ceres yaitu asteroid terbesar dengan diameter sekitar 1.000 kilometer yang ditemukan pada tahun 1891. diameter Pallas dan Vesta sekitar 550 kilometer. kebanyakan asteroid berdiameter hanya beberapa puluh kilometer.

Di Ketinggian Berapa Meteor Terbentuk

meteorid ruang angkasa menghujani bumi sepanjang waktu. ketika ketinggiannya sekitar 120 kilometer dari tanah, udara bergesekan dengan meteorid, sehingga berpijar putih membara. ketika itulah kita melihat lintasan cahaya yang kita sebut meteor.

Cara Menemukan Asteroid

kebanyakan asteroid ditemukan di dalam bundar lebar diantara orbit Mars dan Jupiter. Ahli Astronomi menyebutkan bundar sabuk asteroid. namun, sebagian asteroid melintas ke luar sabuk. terkadang, ada yang terlalu bersahabat dengan bumi, sehingga membahayakan bumi. dua kelompok kecil asteroid yang disebut dengan Trojan mengelilingi matahari dan orbit Jupiter.

Dari Mana Asteroid Berasal

hingga beberapa waktu lalu, hebat astronomi masih yakin jikalau asteroid yaitu sisa-sisa dari planet lain. mereka yakin bahwa planet ini bergerak terlalu bersahabat dengan Jupiter dan hancur alasannya yaitu tertarik gravitasinya.

tetapi kini ini, hebat astronomi menganggap asteroid sebagai kumpulan bongkahan yang tidak pernah menyatu membentuk planet dan membentuk bulan.

Benarkah Meteor Yang Memusnahkan Dinosaurus

meteorit dan asteroid yang jatuh ke bumi membentuk lubang atau kawah. meteorid yang besar dapat membentuk kawah yang sangat besar, menyerupai kawah meteor di Arizona, Amerika Serikat. garis tengahnya lebih dari 1.200 meter dan dalamnya sekitar 180 meter.

kawah besar bersahabat pantai Meksiko terbentuk 65 juta tahun kemudian oleh asteroid yang jatuh. banyak ilmuan beranggapan bahwa tumbukan itu mengubah iklim bumi dan membunuh dinosaurus serta banyak spesies lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar