Skip to main content

Pengertian Istilah Web Server






 Pasti anda pernah menggunjungi suatu website Pengertian Istilah Web Server




Pasti anda pernah menggunjungi suatu website,nah di dalam website tersebut kita sanggup temukan banyak artikel,photo,video atau file lainya.Pernahkah anda berfikir dimanakah bahu-membahu file di dalam website itu berada.Memang semua file tersimpan suatu kawasan yang dikenal dengan web server.untuk lebih jelasnya anda sanggup baca di bawah ini.

Pengertian web server
pengeritan   sedehana ialah bisa dikatakan sebagai kawasan dimana semua halaman web tersimpan .web server tersebut sanggup berupa komputer yang khusus menyimpan semua file komponen dari situs web menyerupai gambar, dokumen,html,CSS maupun file javascipt, jikalau teman ketahui bahwa setiap kali browser memerlukan file yang di hostkan di web server oleh pengguna internet  maka browser tersebut juga akan meminta file melalui HTPP (hypertext Transfer Protocol). ketika web server mengalami down maka otomatis website yang terhubung di dalamnya juga tidak sanggup diakses. itu mengapa web server kini ini memakai super komputer yang dilihat banyak pihak mempunyai keunggulan berupa ketangguhnya. kalau anda ketahui bahwa web server ini di tuntut untuk bekerja 24 jam

fungsi dan Cara kerja web server
ialah sebagai kawasan untuk menyimban dolumen maupun database suatu website
contohnya anda mengakses suatu alamat web menyerupai mytrickkomputer.blogspot.com kemudian server web dari pemilik domain blogspot yaitu google, akan mencari halaman yang di minta menurut keyword yang anda ketik  sebelum itu dns juga harus sudah ada  tentunya ini juga berkat batuan browser,jika di temukan maka akan mengirimkan ke pengguna dengan respons HTTP dengan menampilkan halaman web yang dicari menyerupai yang di tampilakan di browser.

Jika tenyata halaman yang di cari tidak ada maka web server kan mengirimkan juga dengan respon HTTP yang bertuliskan error 404 not found itu berarti halaman yang di minta memang tidak ada
atau sanggup jadi halaman web tersebut memang sudah dihapus oleh pemilik website/

Cepat atau lambat web di kanal oleh pengguna internet tergantung juga kecepatan web server
dalam hal merespon halaman yang di minta melalui HTTP jadi bukan hanya faktor kecepatan internet saja, kecepatan web server dalam merespon juga ikut andil besar. jikalau teman tahu
banyak jasa hosting domain yang memperlihatkan kelebihan atau fitur yang di unggulkan menyerupai web server yang cepat dalam hal merespon  halaman web, fitur proteksi data,layanan web server yang jauh lebih baik,nah teman pembaca tak salahnya kita tahu sedikit  sejarah web server menyerupai di dibawah ini

Sejarah
Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee mengajukan pada perusahaannya, CERN (European Organization for Nuclear Research) sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran gosip antar para peneliti dengan memakai sistem hiperteks. Sebagai hasil atas implementasi proyek ini, tahun 1990 Berners-Lee menulis dua aktivitas komputer:

sebuah peramban yang dinamainya sebagai WorldWideWeb;
server web pertama di dunia, yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.Dari tahun 1991 sampai 1994, kesederhanaan serta efektifitas atas teknologi yang dipakai untuk berkunjung serta bertukar data melalui World Wide Web menciptakan kedua aplikasi tersebut diadopsi pada sejumlah sistem operasi biar sanggup dipakai oleh lebih banyak individu, ataupun kelompok. Awalnya yakni organisasi penelitian, kemudian berkembang dan dipakai di lingkungan pendidikan tinggi, dan kesannya dipakai dalam industri bisnis.

Contoh Web server 
Apache 
Adalah salah satu server web yang ketika ini terkenal di dunia bahkan semenjak november 2005 sudah dipakai 71% dari web server di dunia ,angka ini sanggup saja
bertambah kalau dilihat dari perkembangan website dari tiap tahun yang terus meningkat.Kenapa apache begitu terkenal ? mungkin satu alasanya sebab termasuk perangkat lunak yang open source yang sanggup di kembangkan oleh siapapun namun pengembang ini di bawah naungan Apache Software Foundtation web server ini juga sanggup di jalankan di banyak sistem operasi menyerupai Unix,BSD,Linux,Microsoft Windows serta Novell Netware.

jikalau anda seorang programer PHP niscaya memakai web server ini, merupakan satu paket Mysql  didalam sofware Xampp. dengan sumbangan aplikasi ini maka komputer anda sanggup di jadikan web server langsung . jadi anda sanggup menyimpan berupa instruksi pemograman kemudian di complile memakai browser defaut anda. dengan ini sanggup mempermudah dalam hal pengembangan instruksi program. yang lebih hebatnya lagi anda juga sanggup menciptakan database dari sql yang sudah di sediakan sofware. ini sangat mempermudah dalam pembuatan database yang sanggup anda gunakan untuk pengembangan web. jadi 2 alat ini tak sanggup dipisahkan dalam hal pembuatan website dinamis.

arti website dinamis ini yakni situs yang menampilkan data yang sanggup berubah atau di artikan bersifat dinamis, tergantung data dari database . hal ini merupakan kelebihan website dinamis daripada website pada umunya.





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar