Skip to main content

Proses Terbentuknya Galaksi Dan Proses Terbentuknya Alam Semesta

Proses Terbentuknya Galaksi Dan Proses Terbentuknya Alam Semesta

Dari bumi, langit tampak penuh dengan bintang. tapi, kalau kita menjauh dari bumi, kita akan meninggalkan bintang di belakang. kalau kita menoleh kebelakang, bintang-bintang itu tampak membentuk pulau di ruang angkasa. di arah lain, kita akan melihat kepulauan bintang lain yang disebut galaksi. galaksi dan ruang yang ditempatinya membentuk alam semesta.

 Proses Terbentuknya Galaksi Dan Proses Terbentuknya Alam Semesta Proses Terbentuknya Galaksi Dan Proses Terbentuknya Alam Semesta


Apakah Semua Galaksi Sama?

dengan memakai teleskop, jago astronomi sanggup melihat galaksi dalam banyak sekali bentuk dan ukuran. beberapa diantaranya disebut galaksi palang spiral. galaksi ini memiliki lengan melengkung yang terbentuk dari palang yang melewati pusatnya.

galaksi spiral biasanya tidak memiliki palang sperti itu. dan galaksi elips memiliki bentuk oval. galaksi dengan bentuk tidak tentu tertentu disebut galaksi tidak beraturan (irregular).

Bagaimana Galaksi Tebentuk 

galaksi mulai terbentuk dalam awan gas raksasa yang gelap, sehingga cahaya pun butuh waktu ratusan ribu tahun untuk menembusnya. seiring waktu, gaya gravitasi mulai mengumpulkan partikel-partikel gas.

secara bertahap, awan gas menyusut dan menjadi lebih padat. disana-sini menjadi cukup padat untuk membentuk bintang dan pada ketika yang sama, awan gas mulai berputar dan menipis.

Apa Yang Disebut Kelompok Galaksi Setempat?

di ruang angkasa terdapat ribuan galaksi. kebanyakan ada di dalam kelompok yang disebut kluster. galaksi kawasan kita hidup berjulukan Galaksi Bima Sakti (Milky Way), yang berada dalam satu kumpulan yang kita sebut kelompok setempat. Bima Sakti yaitu galaksi kedua terbesar di dalam kelompoknya, sedangkan Andromeda yaitu galaksi terbesar.

Proses Terbentuknya Alam Semesta

Ahli astronomi percaya bahwa alam semesta berawal dari ledakan besar yang disebut Big Bang dan terjadi lebih dari 15 miliar tahun yang lalu. Big bang membentuk gelembung ruang angkasa panas yang terus mengembang. jago astronomi yakin kalau alam semesta masih terus mengembang.

Apa Yang Membentuk Alam Semesta

teorinya mudah, alam semesta terbentuk dari bahan dan ruang. materinya yaitu planet, bulan, dan bintang. bintang-bintang berkelompok membentuk galaksi besar, dan galaksi membentuk kelompok atau kumpulan yang disebut Superkluster. dan alam semesta terdiri dari jutaan Superklustar.

Apakah Kuasar Itu

kuasar tampak menyerupai bintang, tapi letaknya sangat jauh untuk sanggup ditemukan. kuasar lebih terperinci daripada ribuan galaksi. jago astronomi beropini bahwa energi yang diperoleh kuasar berasal dari lubang hitam. ketika mengembangkan material tersedot kedalam lubang hitam, memancarlah energi besar berupa cahaya radiasi lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar