Skip to main content

Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Atau Error

Halo sahabat teknoowl, kemarin hari kamis tanggal 21 Februari 2019 tepatnya 5  jam + yang kemudian telah terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan terhadap laptop saya, yaitu kerusakan pada keyboard saya, sebagai seorang yang sanggup dikatakan tidak sanggup jauh dari laptop saya merasa sangat kesal terhadap hal ini, lantaran hampir disetiap harinya saya selalu bercengkrama dengan laptop saya ini, baik itu untuk kiprah perkuliahan, programming, blogger dan lainnya lagi. 


Dan berdasarkan saya laptop lebih dari sobat erat saya, tapi tidak untuk keluarga saya. jadi kalau terjadi sesuatu terhadap laptop saya tentunya akan menciptakan saya menjadi tidak damai dan kesal. sesudah beberapa jam saya mengakali keyboard laptop saya yang rusak dan tidak mau berfungsi menyerupai pada umunya saya terus tanya-tanya sobat grup blogger dan grup programming di WA dan di FB , bahkan juga sudah berulang-ulang kali saya browsing namun tidak sanggup menemukan jawabannya, hampir semua balasan sama dan anehnya tidak ada satu pun dari cara itu yang sanggup membenarkan keyboard laptop saya yang rusak, itu bukan dikarenakan cara atau trik yang mereka katakan salah tetapi memang intinya keyboard laptop saya yang rusaknya sesuai dengan analisa mereka. 

Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop diantaranya, keyboard tidak menampilkan abjad sesuai dengan apa yang kita ketikan, error mengetik sendiri, error sebagian tidak sanggup diketik, atau error tidak sanggup mengetik sama sekali. 

Ada aneka macam cara atau trik pada umumnya yang ditulis oleh para blogger atau penulis artikel online yang kalian temukan dibrowser kalian, lantaran trik itu sangat membantu. dan berikut trik atau cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi.

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi atau error

Beberapa cara ini juga banyak diberitahu teman-teman saya mungkin sanggup memperbaiki keyboard laptop kalian yang rusak diantaranya :

1. Restart Laptop

Restart laptop merupakan cara umum yang sering dilakukan seseorang kalau terjadi sesuatu pada laptopnya menyerupai laptop not respond, laptop lemot, laptop error dan banyak error atau kerusakan lainnya lagi, tahukan kalian dengan melaksanakan restart pada laptop itu sanggup mengatasi ratusal duduk masalah error pada laptop berdasarkan salah satu web browsing yang saya baca. Namun kalau anda kesulitan untuk melaksanakan restart pada laptop kalian dikarenakan not respond atau lainnya kalian sanggup melakukannya dengan cara menekan tombol power beberapa ketika hingga laptop kalian benar-benar mati kemudian silahkan hidupkan kembali.

Baca juga cara mematikan Hp Tanpa Menekan Power

2. Cabut Batrai

Cara yang kedua ini merupakan solusi yang terjadi pada keyboard laptop saya, dan sebetulnya ini bukan kali pertamanya terjadi kerusakan pada keyboard laptop saya, namun sudah yang ke-3 kalinya. Dan saya tidak tau juga pastinya kenapa keyboard dan apa peyebab keyboard laptop saya rusak dan tidak sanggup mengetik. 

Sedikit bercerita saya juga pernah mengantarkan laptop saya ketempat service laptop yang padahal laptop saya seharusnya masih dalam kondisi garansi namun orang tersebut tidak mau bertanggung jawab dikarenakan pada keyboard laptop saya menyerupai ada percikan bekar tumpahan air yang mereka kita ini kesalahan langsung jadi tidak masuk dalam garansi laptop, mereka mengusulkan ada komponen yang harus diganti pada laptop saya namun saya lupa nama komponennya apa itu, dan saya merasa keberatan lantaran seharusnya masih garansi, kemudian saya mengambil kembali laptop saya yang sudah dibongkarnya sesudah dipasang kembali oleh mereka, sesampai dirumah saya coba nyalakan laptop dan saya coba mainkan keyboardnya teryata sudah bisa, untungnya saya tidak jadi mengganti komponen yang mereka usulkan tadi, sehingga mengharuskan saya membayar, dan beberapa ketika tadi hal ini terpikir oleh saya, dan saya coba untuk hanya melaksanakan mencabut batrai laptop saya dan karenanya Alhamdulillah keyboard saya sanggup kembali untuk mengetik dan menciptakan artikek ini hehe.

3. Periksa Num Lock

Kejadian ini juga sering terjadi ketika seseorang sedang melaksanakan pengetikan tanpa disadari beliau melaksanakan kesalahan akhir dirinya sendiri yaitu tertekan tombol Num Lock yang biasanya terletak pada ujung kanan atas leyboard. Sehingga menciptakan penggunaan keyboard tidak dilakukan secara optimal dan biasanya menciptakan perintah yang diketikan pada keyboard tidak sesuai dengan yang ditampilkan pada layar laptop.

4. Perbaiki Driver Keyboard

salah satu penyebab ternyadinya error atau tidak mau berfungsinya keyboard laptop itu disebabkan oleh driver keyboard yang tidak pernah diperbarui sehingga menjadikan kerusakan pada drivernya.

Silahkan kalian melaksanakan pengechekan pada driver laptop kalian dan saya kali ini dengan memakai laptop windows 10 mungkin kalian sanggup menyesuaikan lantaran pada umumnya tidak jauh berbeda :
  • Buka "Control Panel" kalau tidak tahu letaknya silahkan cari dipencarian laptop kalian atau klik start dan ketikan "Control Panel" dan silahkan kalian buka.
  • Jika sudah dibuka lanjutkan dengan menentukan "Hardware and Sound" kemudian pilih "Device Manager".
  • Device manager akan menampilkan semua driver yang dipakai pada laptop kalian dan silahkan kalian pilih "keyboard".
Saat membuka driver keyboard kalau terdapat lambang warning atau tanda seru berwarna kuning itu artinya driver kalian perlu melaksanakan update atau pembaruan. Untuk update sanggup dilakukan pada website resmi laptop tersebut. Lalu kalian cari Driver Keyboard yang  terupdate sesuai dengan perangkat, silahkan unggah dan instal.


5. Konektor Terlepas

Konektor Keyboard Laptop

Selanjutnya penyebab terjadinya kerusakan pada keyboard laptop diantarnya yaitu lepasnya konektor yang menghubungkan keyboard dengan laptopnya hal ini menciptakan keyboard menjadi tidak terbaca oleh laptopnya, dan ada baiknya memastikan konektornya tidak lepas.

6. Bersikan Keyboard Laptop

Yang kelima yaitu silahkan bersikan keyboard laptop, membersikan laptop juga merupakan solusi utama biar kinerja keyboard lebih optimal, lantaran kalau terdapat debu atau sesuatu yang sanggup mengganjal tombol pada keyboard kalian akan menciptakan tombol tersebut menjadi keras atau tidak sanggup berfungsi dikarenakan tertahan oleh sesuatu yang menganjal tersebut, ada baiknya kalian bersikan keyboard laptop dengan kuas atau sikat halus biar sanggup membersikan belahan sela-sela tombol, dan lakukan ini secara rutin setidaknya seminggu sekali biar laptop jauh dari namanya debu.


7. Keyboard Alternatif

On-Screen Keyboard

Jika sejauh ini keyboard kalian masih juga belum sanggup berfungsi dengan benar ada baiknya kalian memakai keyboard alternatif yaitu keyboard eksternal atau Software keyboard laptop bawaan dari laptop biasanya dengan nama "On-Screen Keyboard".

Makara berdasarkan dari solusi diatas apakah ada yang sanggup menuntaskan permasalahan pada laptop kalian? kalau kalian punya cara lain silahkan berkomentar dibawah biar mereka yang keyboardnya rusak juga sanggup membaca cara yang anda buat dan sanggup membantu mereka, cukup sekian dari saya selamat berkatifitas.

Sumber https://www.teknoowl.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar