Skip to main content

Cara Menjadi Diri Sendiri Tanpa Harus Menjadi Langsung Buruk

Kita sering mendengar istilah to be yourself atau menjadi diri sendiri.Entah itu dari teman,saudara atau para kerabat erat kita.

Tapi terkadang menjadi diri sendiri identik dengan perilaku semaunya sendiri,tidak menghormati hukum atau bahkan norma dan hak orang lain.

Sikap menjadi diri sendiri yang justru terjerumus pada perilaku yang liar dengan tindakan yang tidak terkendali itu bukanlah menjadi diri sendiri.Saya justru beranggapan itu yaitu perilaku yang terbelenggu pada hawa nafsu,membebaskan dan mengekspresikan hawa nafsu tanpa perduli mana yang baik dan mana yang buruk.

Lalu mana cara yang terbaik menjadi diri sendiri?
Saya akan menjelaskan sedikit yang mungkin sanggup membantu anda untuk menjadi diri sendiri tanpa harus menjadi langsung yang buruk.

1.Dengarkan kata hati.
Dengarkan kata hati anda,coba pikirkan dan renungkan mau dibawa kemana diri anda dan mau jadi menyerupai apa diri anda sebenarnya.Ingat harus anda renungkan dikala anda tidak setres atau terpengaruh emosi diri anda.Harus dalam keadaan hati yang higienis dan tulus.Karena bila anda merenung dalam posisi emosi dan terpengaruh hawa nafsu nanti justru hati anda menjadi kotor dan isi hati anda akan berisi hal hal yang jelek dan merugikan diri sendiri dan orang lain di sekitar anda.

2.Kenali diri anda
Apakah anda atau kita semua tidak mengenali diri kita sendiri?
Jawabannya yaitu belum tentu.
Belum tentu kita semua mengenali diri kita sendiri.
Ada sebuah pepatah menyampaikan basil di sebrang lautan nampak,gajah di pelupuk mata tak nampak.Istilah tersebut sanggup mengartikan bahwa kita sanggup mengenali orang lain baik kebaikkannya dan juga keburukannya.Dan kita terkadang sangat susah menilai siapa diri kita sendiri.Apa kebaikan dan keburukan yang ada pada diri kita sangat susah untuk kita nilai seorang diri.Untuk itu kita mencoba untuk bertanya pada orang atau sahabat erat kita biar sanggup menjelaskan kebaikan dan keburukan kita.Yah..walaupun terkadang kita sangat aib dan tidak siap untuk mendapatkan apa saja keburukan yang ada pada diri kita.Tapi itu harus kita lakukan biar kita tahu siapa diri kita sesungguhnya di mata orang lain.Agar kita mengerti dan berguru apa saja yang harus kita perbaiki dan apa yang harus kita tingkatkan biar kita sanggup menjadi diri sendiri yang mempunyai kepribadian yang unggul.

3. Gali potensi diri
Setiap insan niscaya mempunyai kelebihan maupun kekurangan sendiri sendiri.
Nah dengan mengetahui kelebihan yang ada pada diri kita maka kita dianjurkan untuk menyebarkan segala potensi yang ada pada diri kita.Tidak perlu mengenal talenta yang sering dibicarakan orang.Kita sering mendengar bila seseorang sanggup berkembang alasannya yaitu mempunyai talenta pada dirinya.Itu tidak sepenuhnya benar namun juga tidak sepenuhnya salah.Kenapa?
Karena perkembangan diri insan yaitu sepenuhnya bagaimana insan itu sendiri dalam menyikapi serta berusaha dalam menyebarkan potensi yang dimilikinya.

4.menjauhi hal hal negatif
Hal hal negatif sering mempengaruhi segi kehidupan insan menjadi tidak baik.Ini dikarenkan hal jelek menjadi sumber kehancuran pada diri manusia.Dengan menjauhi hal hal negatif langsung kita akan lebih gampang mendapatkan kebaikan.Berbeda dengan orang yang berkecimpung dengan hal hal negatif sangat sulit untuk diajak berbuat baik.Dan hal ini tentu mempersulit kita menemukan Siapa diri kita sejatinya.Keburukan bukanlah diri kita yang sejatinya.

5.Memiliki hati dan pikiran yang bersih
Setiap insan niscaya dianugrahi hati dan pikiran yang bersih.Karena pada dikala kita lahir tentu semua umat insan memilikinya.Namun dalam perkembangannya insan dihadapkan dengan banyak pilihan serta dipengaruhi banyak hal yang ada di sekitarnya.Yang pada jadinya terkadang insan terjebak dalam pikiran dan hati yang kotor.
Memiliki hati yang higienis serta pikiran yang higienis dan jernih sangatlah penting untuk mengenali dan menyebarkan diri sendiri.Menjadi diri sendiri haruslah mempunyai pikiran yang higienis dan hati yang bersih,karena hal ini sangatlah penting biar kita tidak terjebak menuju hal hal yang jelek yang kita anggap sebagai diri kita sendiri.Karena berbagai pola diluar sana mereka dengan besar hati mengaku menjadi diri sendiri dengan segala keburukan dan kotornya hati dan pikiran mereka.

Nah itu tadi sedikit artikel saya mengenai Menjadi diri sendiri tanpa menjadi langsung yang buruk.Semoga kita semua sanggup mengembangkan potensi diri tanpa harus menjadi langsung yang buruk.


Sumber https://tioalvino.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar