Skip to main content

Cara Menghapus Partisi Cache Dan Menghapus Data Di Android

Jika Anda pernah mengintip di Android App Drawer ponsel Anda, Anda telah memperhatikan bahwa setiap aplikasi mempunyai dua tindakan: Hapus Cache dan Hapus Data. Ada juga sesuatu yang disebut "partisi cache," yang tidak sama dengan cache aplikasi individual.


Mengapa semua ini ada? Apa perbedaannya? Dan yang paling penting, apakah mungkin untuk menghapusnya ketika Anda perlu mengosongkan ruang di perangkat Android Anda? Terus membaca untuk mempelajari semua yang perlu Anda ketahui ihwal data aplikasi Android, cache aplikasi Android, dan partisi cache sistem Android.

Apa itu Data Aplikasi di Android?


Saat Anda memasang aplikasi, baik dari Google Play Store atau dengan men-sidelo APK pihak ketiga. Bagaimana Cara Menginstal Secara Manual atau Melakukan Sideload Aplikasi di Android. Bagaimana Cara Menginstal Secara Manual atau Melakukan Sideload Aplikasi di Android. Ingin melaksanakan sideload aplikasi di ponsel Android Anda? Menginstal APK secara manual di Android membuka seluruh dunia aplikasi yang baru, dan gampang dilakukan. Baca Lebih Lanjut , file aplikasi yang sanggup dihukum bersama dengan semua file runtime library yang diharapkan disimpan dalam direktori sistem  / data / aplikasi. Direktori ini tidak sanggup diakses oleh file explorer, kecuali kalau Anda melaksanakan root pada perangkat Anda.

Setiap aplikasi yang diinstal juga menerima direktori sendiri untuk data pribadi, yang terletak di direktori sistem  / data / data . Direktori ini juga tidak sanggup diakses kecuali dengan me-rooting perangkat Anda.

Saat Anda memakai banyak sekali aplikasi Android, pengaturan dan input tertentu akan disimpan di antara sesi. Misalnya, masuk ke aplikasi dan menilik "Ingat saya" akan menyimpan detail Anda ke data pribadi. Data juga menyimpan hal-hal menyerupai pengaturan akun, preferensi aplikasi, dll.

Beberapa aplikasi (seperti Spotify) sanggup menyimpan data audio offline, sementara yang lain (seperti Maps) sanggup menyimpan data peta offline. Ini sanggup memakan banyak ruang penyimpanan BANYAK dari yang Anda harapkan, jadi sanggup berkhasiat untuk mengetahui cara menghapus data aplikasi seandainya ruang penyimpanan Anda hampir habis.

Cara Menghapus Data Aplikasi di Ponsel Android


Saat Anda menghapus data aplikasi, intinya Anda membersihkan semua data langsung yang pernah disimpan semenjak Anda menginstalnya dan menggunakannya. Dengan kata lain, menghapus data aplikasi "mengatur ulang" aplikasi kembali ke keadaan semula ketika pertama kali diinstal.

Untuk menghapus data aplikasi untuk aplikasi Android tertentu:


  1. Buka Pengaturan.
  2. Arahkan ke Aplikasi.
  3. Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus.
  4. Ketuk Hapus Data.

Apa itu Cache Aplikasi di Android?


Secara umum, cache yaitu jenis penyimpanan khusus yang menyimpan file dan data yang sering diakses. Tujuan dari cache yaitu untuk menciptakan kanal di masa depan ke file dan data tersebut lebih cepat,karena penyimpanan cache dioptimalkan untuk pemuatan cepat. Kelemahannya yaitu penyimpanan cache terbatas dan menghabiskan ruang di perangkat Anda.

Saat Anda memakai aplikasi Android, Anda mungkin perlu menarik data secara bersiklus dari internet — misalnya, gambar. Alih-alih mengunduh gambar tertentu setiap kali perlu ditampilkan di layar, aplikasi mungkin menyimpan gambar itu di cache aplikasi. Ini segera tersedia ketika berikutnya Anda perlu menampilkannya, plus Anda menghemat bandwidth.

Catatan: Cache aplikasi bukan hal yang sama dengan partisi cache sistem pada Android. Terus baca untuk mempelajari lebih lanjut ihwal itu di bawah ini.

Cara Menghapus Cache Aplikasi di Ponsel Android


Terkadang data yang di-cache sanggup tidak sinkron dengan data yang seharusnya, yang sanggup menyebabkan gosip yang sudah ketinggalan zaman. Di lain waktu, cache mungkin diisi dengan terlalu banyak data, yang sanggup memperlambat kinerja aplikasi. Ketika ini terjadi, ini sanggup membantu untuk membersihkan cache aplikasi.

Data yang di-cache dimaksudkan untuk sementara, sehingga tidak ada ancaman atau risiko dalam menghapus data yang di-cache aplikasi.

Untuk menghapus cache untuk aplikasi Android tertentu:


  1. Buka Pengaturan .
  2. Navigate to Apps.
  3. Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus.
  4. Ketuk Clear Cache .

Apa itu Partisi Cache Sistem di Android?


Di Android, partisi cache sistem yaitu daerah file sistem sementara disimpan. Partisi cache sistem terletak di /cache directory, yang terpisah dari cache aplikasi individual dan tetap tidak sanggup diakses tanpa me-rooting perangkat Android Anda.

Jenis data apa yang disimpan dalam partisi cache sistem? Terutama, pembaruan sistem.

Sebelum Android 7.0 Nougat, pembaruan sistem diunduh dan disimpan dalam cache sistem, kemudian diterapkan ketika reboot. Dimulai dengan Android 7.0 Nougat, diperkenalkan sistem pembaruan gres yang tidak lagi memakai cache sistem untuk pembaruan sistem. Namun, hanya perangkat Android yang lebih gres yang sanggup memakai sistem pembaruan tanpa batas. Jika perangkat Anda tidak diluncurkan dengan sistem pembaruan yang lancar, itu tidak akan pernah sanggup menggunakannya — bahkan kalau Anda alhasil memperbarui ke Android 7.0 Nougat atau yang lebih baru.

Cara Menghapus Partisi Cache di Ponsel Android


Untuk semua perangkat Android yang masih memakai cache sistem untuk menerapkan pembaruan sistem, biasanya merupakan inspirasi manis untuk menghapus partisi cache sistem sesudah pembaruan sistem yang berhasil. Ini memastikan bahwa pembaruan sistem Anda tidak pernah memakai file atau data yang kedaluwarsa. Tidak ada salahnya menghapus partisi cache sistem.

Untuk menghapus partisi cache sistem pada perangkat Android:


  1. Matikan perangkat Android Anda.
  2. Secara bersamaan tekan dan tahan tombol  Volume Naik + Volume Turun + Daya untuk mem-boot ke Mode Pemulihan.
  3. Gunakan tombol volume untuk menavigasi sajian Mode Pemulihan
  4. Gunakan tombol daya untuk memilih  Wipe Cache Partition .
  5. Tunggu partisi cache sistem dihapus.
  6. Pilih  opsi Reboot untuk kembali ke penggunaan perangkat normal.
Related Search:
cara menghapus cache di samsung j7 prime, cara menghapus cache di hp vivo, cara menghapus cache di samsung galaxy v, aplikasi penghapus cache otomatis android, cara menghapus cache di hp samsung j7 prime, cara menghapus cache di samsung j7 pro, apa itu wipe cache partition pada android, cara wipe cache partition samsung,.

Sumber https://tekno.kewalix.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar