Skip to main content

Penyebab Pengunjung Enggan Berkomentar Pada Blog

Pernahkah anda merasa blog sangat sunyi seolah-olah tidak ada interaksi didalamnya. Seperti blog terkenal yang didalam setiap artikelnya selalu saja ada orang lain yang berkomentar dan menanggapi kontennya. Kadangkala saya juga merasa demikian, kadang terlintas dalam benak kenapa di blog saya tidak pernah atau jarang orang berkomentar ?

Suatu kebahagiaan tersendiri saat blog kita menjadi ramai pengunjung. Terlebih kalau dalam setiap artikel ada saja orang yang mau memberi tanggapan dalam komentar. Bagi saya langsung ini menjadi poin plus yang memberi semangat tersendiri bagi saya. Yah memang melihat blog yang ramai dan penuh interaksi dengan pembaca seakan mengatakan popularitas blog yang dikelola.

Sebenarnya mengapa pengunjung malas memberi komentar pada blog ? mungkin ini ialah salah satu permasalahan yang sering dibahas oleh bloggers. Padahal berkomentar itu cukup gampang dilakukan dan tak memakan waktu lama, lantas mengapa pembaca begitu malas berkomentar pada blog.

Penyebab Pengunjung Enggan Berkomentar Pada Blog


1. Artikel Kurang Menarik

Alasan utama kenapa pengunjung enggan berkomentar ialah mungkin sebab artikel blog kurang menarik dan terkesan asal-asalan. Jika diperhatikan blog terkenal selalu menyajikan artikel yang sangat menarik untuk dibaca sebab memang mengandung info yang diharapkan oleh pembaca. Pengunjung yang senang pun akan memberi tanggapan atau sekadar blogwalking. Yah blogwalking di situs terkenal memang selalu diincar oleh blogger.

Sebaliknya kalau blog menyajikan artikel yang kurang menarik dan terkesan asal dibentuk saja maka mungkin menciptakan pengunjung bosan untuk membacanya. Bahkan parahnya pengunjung tak akan sempat membaca habis artikel kemudian meninggalkan blog begitu saja. Mengecewakan bukan ?

2. Blog Terlalu Lambat Loading

Blog yang paling disenangi oleh pengujung ialah yang cepat dimuat. Semua orang tahu sifat insan yang kebanyakan maunya serba cepat, saya saja secara langsung menyerupai ini, tiap kali membuka blog maunya yang cepat loading.

Tahukah anda blog yang fast loading selalu di minati pengunjung. yah memang bayangkan kalau suatu blog untuk dimuat saja lambat dan memakan waktu cukup lama. Jangankan untuk menulis komentar bahkan untuk menunggu loading jawaban kadang pengunjung sudah enggan untuk mampir pada blog. Oleh sebab itu meningkatkan secara optimal blog juga perlu diperhatikan semoga jangan hingga malah menciptakan blog menjadi lambat sebab terlalu banyak witged yang ditambahkan.

3. Blog Kurang Terurus

Biasanya pengunjung yang ingin berkomentar pada blog akan memerhatikan waktu postingan dibentuk dan kadang membandingkan antar satu post dngan postingan lainnya. Hal inilah yang juga saya lakukan saat akan berkomentar. Tentu saja kita ingin berkomentar pada blog yang akan senantiasa menyajikan info yang terupdate. Karena salah satu alasan pengunjung berkomentar ialah sebab senang dan menganggap blog patut diberi A-plus. Sebaliknya kalau blog saja kurang update dan kurang pemeliharaan tentu saja pengunjung tidak akan betah dan malas meninggalkan jejak.

4. Jarang Merespon

Bagi saya langsung saat berkomentar sebab saya ingin mengetahui lebih terkait artikel yang disajikan oleh admin blog. Ketika berkomentar pastinya kita mengharapkan tanggapan dan respon dari admin blog. Namun bilamana memberi respon terhadap komentar pengunjung saja malas bagaimana pula orang akan merkomentar pada blog. Pastinya ini akan menjadi perhatian khusus saat ada pengunjung lain yang mampir pada blog. Mungkin awalnya ada yang mau berkomentar, namun melihat banyak komen yang tidak ditanggapi tentu akan menciptakan jemu orang yang melihatnya dan batal berkomentar.

5. Blog Kurang Populer

Seberapa populerkah blog anda ? Blog yang cukup terkenal pastinya telah mempunyai kepercayaan dari pembaca, sehingga tak heran blog yang cukup terkenal cenderung mempunyai banyak pengunjung tetap. Tak heran pula komentarnya biasanya berjumlah hingga ratusan. Berbeaa dengan blog yang belum terlalu dikenal, kadangkala orang yang tiba merasa bahwa blog gres kurang menyajikan info yang inovatif sebab dianggap cenderung suka mencontek blog orang lain. Yah memang saya juga sering beranggapan demikian.. terutama saat saya mencari artikel tutorial. Saya akan lebih selektif menentukan blog yang terkenal menyerupai maxmaroe, panduanim, juragan cipir dan strukturkode. Bagi saya blog inilah yang paling memberi klarifikasi lengkap seputar tutorial yang dibahasnya. Namun ini tentu hanya berupa anggapan saya saja, kadang pula membuka web yang tergolong gres tapi memang menyajikan info yang sangat menarik dan lain-dari yang lain. Saya harap pun blog saya akan menyerupai ini dan terkenal dengan artikel sendiri.

6. Cara Berkomentar yang Ribet

Memberikan kenyamanan pada pengunjung memang prioritas dalam sebuah blog. Bukan hanya kenyamanan membaca pun dalam kenyamanan berkomentar. Saat ini banyak blogger yang ingin terlihat profesional sehingga menerapkan metode komentar yang ribet dengan seruan ini dan itu. Bukannya mempermudah namun justru menciptakan pembaca semakin jenu untuk memberi komentar pada blog.


Nah itulah beberapa Penyebab Pengunjung Enggan Berkomentar Pada Blog. Pada dasarnya pengunjung yang berkomentar sebab mempunyai ketertarikan pada blog. Rasa tertarik ini dapat saja sebab menyukai isi konten atau sebab ada sesuatu yang kurang sempurna sehingga perlu ditanggapi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar