Skip to main content

Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap Pemula

Cara menanam kecipir panduan lengkap pemula - Tanaman sayuran Kecipir alias cipir ialah buah berpolong yg memiliki empat siku semacam sayap. Tanaman kecipir ini telah masuk dan dikenal oleh masyarakat di Indonesia sejak zaman dahulu. Tanaman kecipir ini tergolong tumbuhan terkenal lantaran tak sedikit dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya masyarakat Indonesia saja yg memanfaatkan kecipir ini, namun di negara lain masyarakatnya juga memanfaatkan kecipir.

Cara menanam kecipir panduan lengkap pemula Cara menanam kecipir panduan lengkap pemula


Dimanfaatkan sebagai apa tumbuhan kecipir? Tanaman kecipir dimanfaatkan untuk dijadikan beberapa macam olahan masakan, salah satunya ialah urap dan olahan masakan lainnya. Tidak hanya itu, tumbuhan kecipir ini juga dimanfaatkan untuk membikin minyak.

Tanaman sayur kecipir yg diolah menjadi masakan ialah kecipir yg tetap muda. Sedangkan tumbuhan kecipir yg diolah menjadi minyak ialah kecipir yg telah tua.

Budidaya kecipir bekerjsama sudah dilakukan oleh para petani di Indonesia, maupun petani yang berada di luar negeri. Budidaya kecipir tidaklah susah apabila mengenal syarat tumbuh dari tumbuhan kecpir ini. Bagaimana tutorial membudidayakan kecipir yg baik? Caranya ialah sebagai berikut.

Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula

Berbicara ihwal tumbuhan kecipir, siapa yg tak mengenal tumbuhan ini. Semua orang-orang tentu mengenal tumbuhan kecipir. Tanaman yg telah ada sejak dahulu ini kepopulerannya tak sempat surut.

Mengapa tumbuhan kecipir dikatakan populer? Hal ini disebabkan tak sedikit orang-orang yg memanfaatkan kecipir untuk dibangun makanan. Karena tak sedikit dimanfaatkan untuk dibangun makanan, itu artinya tak sedikit orang-orang yg mengonsumsi kecipir.

Karena tak sedikit yg mengonsumsi kecipir dari dulu sampai kini membikin nama kecipir tak sempat pudar mesikipun tak sedikit kuliner lainnya. Tanaman kecipir ini, ternyata juga sudah  dibudidayakan dari dulu sampai sekarang. Kini budidaya kecipir telah tak sedikit dilakukan oleh petani di Indonesia. Tidak hanya itu, dari kalangan bukan petani saja telah mulai membudidayakan kecipir.

Baca juga : Waktu umur panen bawang merah budidaya

Membudidayakan kecipir dianggap mudah. Karena mudahnya membudidayakan kecipir ini lah membikin tak sedikit petani mulai melaksanakan budidaya kecipir.

Tanaman kecipir yg baik bisa didapatkan oleh petani apabila petani memellihara tumbuhan kecipir ini dengan baik. Apabila petani tak membudidayakan kecipir dengan baik, jadi tanamna kecipir yg dihasilkan tidaklah baik.

Syarat Tumbuh Tanaman Kecipir.

Syarat tumbuh bagi tumbuhan kecipir ialah sebagai berikut.


  1. Kecipir bisa tumbuh di daerah mana saja, baik itu daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi.
  2. Daerah yg berketinggian 1-1500 meter di atas permukaan maritim ialah daerah yg sempurna digunakan untuk budidaya kecipir.
  3. Dapat tumbuh pada tipe tanah apa saja.
  4. pH tanah yg sempurna ialah 4,4-5,4.
  5. Dan suhu udara yg sempurna untuk membudidayakan kecipir ialah 19-31 derajat celcius.


Memilih benih kecipir terbaik

Setelah Anda mengetahui syarat tumbuh tumbuhan kecipir ini, selanjutnya lakukan pemilihan benih. Kecipir ialah tumbuhan yg diperbanyak dengan menggunakan biji. Benih kecipir bisa dibeli maupun dibangun sendiri. Apabila ingin membeli benih kecipir, jadi bisa dibeli di toko pertanian. Pilihlah benih yg bersertifikat.

Sedangkan apabila ingin membikin benih kecipir, jadi bisa dilakukan dengan tutorial mengambil biji dari kecipir yg telah tua. Biji yg digunakan wajib seragam, sehat, tak keriput, berproduksi tinggi dan berisi. Setelah diambil bijinya, kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Setelah dijemur barulah benih bisa ditanam.

Sebelum benih ditanam, sebaiknya benih diseleksi terlebih dahulu. Cara menyeleksinya ialah dengan merendam benih ke dalam air. Benih yg baik ialah benih yg tak mengambang.

Mengolah tanah dan menanam kecipir

Sebelum menanam benih kecipir, sebaiknya olah lah tanah terlebih dahulu. Cara mengolah lahan ialah sebagai berikut.


  1. Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan tutorial mencangkul lahan.
  2. Setelah gembur, buatlah bedengan terlebih dahulu.
  3. Panjang bedengan disesuaikan dengan lahan yg ada, tinggi bedengan 15 cm, dan lebar bedengan ialah 15 cm.
  4. Buatlah parit diantara bedengan satu dengan bedengan lainnya.
  5. Tebarkan pupuk sangkar diatas bedengan. Pupuk sangkar ini digunakan sebagai pupuk dasar.
  6. Campurkan pupuk sangkar dengan tanah bedengan.


Setelah mengolah lahan, barulah benih bisa ditanam. Cara menanam benih kecipir ialah sebagai berikut.


  1. Buatlah celah tanam dengan jarak antara tumbuhan satu dengan tumbuhan lainnya 20 cm.
  2. Lubang tanam dibangun sedalam 4 cm.
  3. Isilah setiap celah tanam dengan tiga benih.
  4. Tutup lah dengan menggunakan tanah tipis.


Perawatan Lanjutan Tanaman kecipir seusai tanam.

Tanaman kecipir ialah tumbuhan yg bisa diolah menjadi beberapa macam masakan. Budidaya kecipir telah dilakukan oleh petani di Indonesia sejak dahulu. Budidaya kecipir tidaklah sulit, namun wajib mengenal beberapa hal.

Salah satunya ialah pemeliharaan kecipir. Ada beberapa faktor yg butuh diketahui dikala merawat kecipir. Beberapa faktor tersebut diantaranya ialah sebagai berikut.

Tahap memasang ajir kecipir

Apa itu ajir? Ajir ialah suatu daerah merambatnya tanaman. Apakah semua tipe tumbuhan dipasang ajir? Tidak semua tipe tumbuhan yg bisa dipasangi ajir. Hanya sebagian tumbuhan saja yg dipasangi ajir.

Jenis tumbuhan apa saja yg bisa dipasangi ajir? Jenis tumbuhan merambatlah yg bisa dipasangi ajir. Salah satu tumbuhan merambat ialah tumbuhan kecipir.

Baca juga : 15 bonsai adenium unik harga mahal

Tanaman kecipir ialah tumbuhan yg wajib dipasangi ajir lantaran tumbuhan kecipir ialah tumbuhan merambat. Tanaman kecipir bisa dipasangi ajir pada dikala telah memiliki panjang 12 cm. Ajir yg digunakan terbuat dari belahan bambu dengan panjang 150 cm.

Pupuk paling baik untuk tumbuhan sayur kecipir.

Pemupukan yg diberikan terhadap tumbuhan kecipir ada dua jenis, yaitu pemupukan dasar dan pemupukan anorganik. Pemupukan dasar dilakukan pada dikala pengolahan lahan. Pupuk yg digunakan ialah pupuk kandang. Cara melaksanakan pemupukan dasar ialah dengan menaburkan pupuk sangkar diatas lahan.

Sedangkan pemupukan anorganik bisa dilakukan dikala umur tumbuhan mencapai tujuh hari seusai tanam dan tiga puluh hari seusai tanam. Pupuk yg diberikan ialah adonan dari pupuk urea, pupuk KCl, dan pupuk SP-36.

Berikan pupuk sesuai dengan takaran yg telah dianjurkan, yaitu kurang lebih 2,4 gram setiap tipe pupuknya. Cara menawarkan pupuk anorganik ini ialah dengan memasukkan pupuk ke dalam celah pupuk. Setelah itu barulah celah pupuk ditutup dengan menggunakan tanah.

Tahap penyiraman Harian kecipir.

Untuk tumbuhan yg telah besar penyiraman yg baik bisa dilakukan dua kali dalam sehari. Dan untuk tumbuhan yg tetap kecil penyiraman yg baik bisa dilakukan satu kali dalam sehari.

Tanaman kecipir ialah tumbuhan yg tahan terhadap kering. Jika tak disiram dalam sehari tak lah masalah. Namun, jangan biarkan tumbuhan ini kekeringan. Tanaman kecipir apabila telah kekeringan akan mati.

Untuk itulah, jangan biarkan tumbuhan kecipir sampai kekeringan. Walaupun kecipir tahan terhadap kekeringan, tetaplah perbuat penyiraman supaya tumbuhan kecipir tak kekeringan.

Tahap pendangiran dan penyiangan

Tahap pendangiran dan penyiangan bisa dilakukan bersamaan. Pendangiran ialah penggalan dimana tanah yg ada di bawah bedengan dinaikkan di atas bedengan. Sedangkan penggalan penyiangan ialah penggalan dimana gulma yg ada disekitar tumbuhan dicabuti dengan tutorial dicangkul.

Bagaimana tutorial melaksanakan pendangiran dan penyiangan dengan cara bersamaan? Caranya ialah dengan mencangkul tanah sampai gembur.

Setelah itu, angkat tanah yg turun dibawah bedengan dinaikkan ke atas bedengan. Tanah-tanah yg dicangkul mengakibatkan gulma menjadi naik ke atas. Dengan begitu gulma bisa dicabut dan kemudian dikubur.

Pengendalian Hama Penyakit Kecipir.

Banyak faktor yg akan terjadi apabila petani merawat kecipir dengan tak baik. Salah satunya ialah hama dan penyakit. Hama dan penyakit ialah dua faktor yg paling ditakuti oleh semua petani sayuran, tergolong petani kecipir. Hama dan penyakit bisa menyerang tumbuhan kecipir lantaran petani tak menjaga kebersihan lingkungan kurang lebih penanaman.

Contohnya semacam gulma-gulma liar yg tak sempat dicabur. Gulma alias rumput liat yg tak sempat dicabut akan mengakibatkan hama dan penyakit berdatangan.

Hal ini disebabkan gulma biasanya dijadikan daerah untuk bersembunyi bagi hama dan penyakit. Ada tak sedikit sekali tipe hama dan penyakit yg tak jarang menyerang tumbuhan kecipir. Apa-apa saja tipe hama dan penyakit yg tak jarang menyerang tumbuhan kecipir?

Jenis-jenis hama dan penyakit yg tak jarang menyerang tumbuhan kecipir diantaranya ialah sebagai berikut.


  1. Penyakit cendawan Worunella psophocarpi. Penyakit cendawan ini tak jarang kali menyerang tumbuhan kapri. Penyakit ini menyerang dibagian buah tumbuhan kecipir. Apa kesudahannya apabila penyakit cendawan Worunella psophocarpi ini menyerang tumbuhan kecipir? Akibat yg akan ditimbulkan apabila penyakit ini menyerang tumbuhan kecipir ialah salah satu penggalan buah ada yg bengkak. Pembengkakan yang terjadi pada penggalan buah tumbuhan kecipir terjadi lantaran di dalam penggalan yg infeksi tersebut mengandung air. Selain itu, imbas lainnya ialah buah menjadi keriput dan buahnya gampang patah.
  2. Hama ulat keket. Hama ulat keket ini menyerang dibagian daun dan bunga tumbuhan kecipir. Apa imbas yg akan ditimbulkan? Yang akan ditimbulkan ialah daun akan menjadi rusak, bahkan apabila aksi telah usang akan menjadikan semua daun rusak dan hanya tertinggal tulang daunnya saja. Apabila menyerang bunga tanaman, jadi akan menjadikan pertumbuhan bunga menjadi tak normal.


Bagaimana tutorial mengatasi hana dan penyakit? Cara Ampuh yang bisa Anda lakukan untuk menanggulangi hal ini ialah dengan menyemprotkan cairan fungisida alias cairan insektisida sesuai dengan takaran yg telah dianjurkan.demikian panduan lengkap Cara menanam kecipir kusus pemula baik dalam pot dan polybag dan menanam cipir di lahan terbuka.semoga bermanfaat dan bermanfaat.
Sumber https://tanamanlotim.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar