Skip to main content

Mengenal Chipset Pada Smartphone Dan Jenisnya

Mengenal Chipset - Sebagai seorang pengguna smartphone kata chipset merupakan kata yang tidak absurd lagi untuk didengar,  alasannya yakni chipset merupakan salah satu komponen penting yang berada pada smartphone yang kita miliki, Chipset sanggup diistilahkan dengan suatu sistem yang berada diperangkat mobile yang terdiri dari sekumpulan microchip. Microchip tersebut dibangun dan bekerja menurut tugasnya masing-masing dalam mendukung fitur dan fungsi tertentu.

Mengenal Chipset Smartphone

Chipset juga diterapkan pada perangkat komputer akan tetapi kinerja chipset pada komputer dan smartphone itu berbeda, di perangkat komputer (PC) chipset bekerja lebih spesifik dan terpisah, Pada perangkat komputer chipset mempunyai kerja khusus yaitu menangani pengontrolan memori, audio, grafis, bahkan CPU itu sendiri.

Sedangkan pada perangkat Smartphone chipset juga dikenal dengan System on a Chip (SoC), ini mengartikan bahwa chip pada ponsel mempunyai banyak sekali macam komponen yang membantu dan mendukung kinerja sebuah smartphone.Chipset pada sebuah smartphone dibentuk dalam sebuah penampung yang berukuran kecil dan tipis biar bisa ditanamkan kedalam smartphone dan tidak memperbesar ukuran dari smartphone kalau chipset ini dibentuk dengan ukuran sama besarnya dengan smartphone maka secara otomatis ukuran smartphone yang kita miliki kini akan susah untuk dimasukan kedalam saku celana dan akan menyusahkan kita untuk membawanya kemana-mana.

Macam-macam Chipset

Chipset juga mempunyai banyak jenis diantaranya yaitu:

1. Mediatek.

Chipset yang pertama yaitu Mediatek yang merupakan chipset MTK yang perusahaanya dikenal oleh banyak vendor baik dari perusahaan gres hingga ke perusahaan yang terkenal, dan juga dikenal sebagai perusahaan yang mempunyai chipset terkemuka. Chipset mediatek ini bisa dibilang chipset yang peredarannya cukup besar.

Chipset MediaTek yang berasal dari Hsinchu, Taiwan ini juga mempunyai banyak variannya, chipset ini mempunyai nama dengan instruksi MT diawalnya dan 4 instruksi angka dibelakangnya. chipset yang berasal dari taiwan ini mempunyai harga yang cukup murah tapi tidak murahan dan chipset ini menarget hanya untuk smartphone kelas menengah, walaupun dengan harga yang cukup murah namun chipset ini tidaklah mempunyai spesifikasi yang buruk menyerupai yang saya bilang sebelumnya, murah tapi tidak murahan, alasannya yakni setiap chipset memang mempunyai keunggulannya masing-masing dan targetnya masing-masing.

Dari beberapa situs internet yang saya baca mediatek (MTK) mempunyai beberapa chipset terbaik buatannya, salah satunya yaitu Helio Series-X dan Series-P Chipset ini mempunyai processor 10 inti core 64 bit dan kecepatan Up to 2.2 GHz selain itu dilengkapi dengan GPU Mali-450 yang mengutamakan dalam segi grafis dan performa.

2. Snapdragon.

Selanjutnya Chipset Snapdragon, chipset ini cukup banyak diminati banyak pengguna smartphone dan banyak sekali ditemui disetiap smartphone baik itu dari kelas entry hingga kelas flagship. Snapdaragon merupakan produk keluaran dari Qualcomm dan merupakan perusahaan yang dikenal dengan perusahaan chipset yang berpengalaman dalam merilis chipset dan mempunyai processor yang berkualitas.

Chipset Snapdragon banyak sekali digunakan oleh brand vendor ternama menyerupai Samsung Galaxy Note 9, OnePlus 6T, LG G7 ThinQ, Xiaomi Mi MIX 3, Oppo Find X, LG V30, Google Pixel 2 dan banyak lainnya lagi.

Beberapa kemampuan yang dimiliki oleh Chipset Snapdragon 845 yaitu

Pusat pengelolahan AI (Kecerdasan Buatan) dan pengelohanan AI ini ditangani oleh CPU Kyro 385, GPU Adreno 630, dan DSP Hexagon 685.

Tertanam Secure Processing Unit (SPU) yang sudah dibekali dengan random number generator sebagai pembuatan key (kunci) dalam transaksi digital. Dalam penerapan pengamanan berbasis hardware ini Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 845 akan bisa menangkal dari serang Hacker dibandingkan chip sebelumnya.

Segi Immersion, Snapdragon 845 ini akan menghasilkan konten visual yang berkualitas bagus, memukau dengan perpanduan dari pengolah grafis (GPU) Andreno 630 dan image signaling processor (ISP) Spectra 280.

Dan ini masih untuk Snapdragon 845, belum lagi untuk versi selanjutnya 855 dan seterusnya.

Baca juga :

3. Exynos

Chipset selanjutnya yaitu Exynos yang merupakan chipset yang sering kita jumpai pada smartphone Samsung, itu dikarenakan chipset ini dikembangkan oleh perusahaan samsung sendiri, akan tetapi dipasar amarika untuk Samsung lebih memakai chipset Snapdragon alasannya yakni biar tidak kalah dalam pemasaran smartphone disana.

Selain samsung chipset ini juga digunakan untuk beberapa smartphone lainnya menyerupai Meizu dan Lenovo. Salah satu produk samsung yang memakai chipset ini yaitu Samsung Galaxy A7 dengan chipset Exynos octa-core 2.2 GHz. selain itu juga ada Samsung galaxy S8, Galaxy S8+ dan Galaxy Note 8.

Keunggulan yang dimiliki oleh chipset buatan perusahaan samsung ini yaitu dari segi daya tahan dan juga grafis, namun mempunyai harga yang cukup mahal dibanding chipset lainnya. chipset ini juga rekomendet banget untuk kalian yang suka bermain game berjam-jam alasannya yakni chipset ini mempunyai daya tahan baterai yang cukup besar lengan berkuasa dan tidak mengecewakan anggun juga dalam segi jaringan.

4. Nvidia Tegra

Ada juga chipset Nvidia Tegra merupakan chipset buatan Nvidia yaitu perusahaann yang dikenal dengan penyedia kartu grafis  dan laptop gaming murah ini juga tidak ingin ketinggalan sepertinya, dengan chipset khususnya yang dibentuk untuk perangkat mobile android.

Beberapa smartphone yang memakai chipset ini diantaranya Xiaomi Mi Pad, Samsung Galaxy Tab, Asus Nexus, NVIDIA Shield, HTC One, Motorola, Sony Tablet dan Microsoft Surface.

5. Intel

Tidak puas dengan chipset yang buat untuk produk PC kepetangan juga mempunyai chipset buatanya untuk produk Smartphone yaitu Intel Atom A3 (soFIA). Keunggulan yang dimiliki yaitu dual qore processor yang hampir sama dengan quad qore.

Beberapa smartphone yang memakai chipset ini diantaranya yakni Asus Zenfone, Dell Venue, Lenovo, Acer Iconia, Samsung Galaxy Tab, Motorola dan Axioo Picophone i1.

6. PXA

PXA merupakan chipset yang kembangkan oleh perusahaan marvell sehabis sukses dalam pembuatan film avengers haha... tentu bukan perusahaan marvel yang itu, chipset ini jarang sekali untuk ditemui dipasar smartphone indonesia dikarenakan chipset ini digunakan lebih banyak dipasar amerika dan biasanya digunakan oleh smartphone coolpad.

Dulunya chipset ini juga pernah digunakan oleh Samsung galaxy tab dan HTC. meski dikatakan dengan chipset yang cukup lawas akan tetapi perusahaan ini juga mempunyai chipset yang sudah mendukung 32 dan 64 bit.

7. OMAP

Chipset ini juga merupakan chipset yang cukup jarang didengar di Indonesia, chipset ini dikembangkan oleh texas instrument, chipset ini lebih dikenal dibagian amerika sana, dan chipset ini juga jarang sekali digunakan didaerah ASIA namun pernah juga digunakan oleh vendor Samsung, LG, dan Huawei untuk beberapa produk yang mereka miliki.

Mungkin cukup sekian untuk klarifikasi dari chipset, dan bergotong-royong masih ada chipset lainnya juga yang sanggup kalian temukan artikel lainnya digoogle mengenai chipset, menyerupai chipset Apple dan Huawei.

Saya harap kalian sanggup mengeti sedikit dari klarifikasi saya diatas kalau ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah dan jangan lupa untuk share artikel ini untuk membagikan pengetahuan chipset kepada banyak orang lainnya.
Sumber https://www.teknoowl.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar